Rhefa N

03 Mei 2024 05:36

Iklan

Iklan

Rhefa N

03 Mei 2024 05:36

Pertanyaan

jelaskan tujuan dilakukannya riset pasar sebelum membuat prototipe produk

jelaskan tujuan dilakukannya riset pasar sebelum membuat prototipe produk


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 01:33

Jawaban terverifikasi

<p><br>Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memahami pasar, pelanggan potensial, pesaing, dan tren industri sebelum memulai atau mengembangkan produk atau layanan. Melakukan riset pasar sebelum membuat prototipe produk memiliki beberapa tujuan penting, di antaranya:</p><p><strong>Memahami Kebutuhan dan Preferensi Konsumen</strong>: Riset pasar membantu untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target pasar produk. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengidentifikasi fitur-fitur yang diinginkan oleh konsumen dan memastikan bahwa prototipe produk yang dibuat akan sesuai dengan kebutuhan pasar.</p><p><strong>Mengetahui Potensi Pasar</strong>: Riset pasar membantu untuk mengetahui ukuran pasar potensial, segmen pasar yang dapat dijangkau, serta tren dan perubahan dalam perilaku konsumen. Informasi ini penting untuk mengevaluasi apakah ada peluang yang layak untuk dikembangkan melalui produk yang akan dibuat.</p><p><strong>Mengidentifikasi Pesaing</strong>: Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pesaing yang ada dalam pasar dan memahami kekuatan, kelemahan, strategi, dan posisi pasar mereka. Informasi ini membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi diferensiasi yang efektif untuk produknya.</p><p><strong>Menilai Potensi Keberhasilan Produk</strong>: Dengan memahami pasar dan pesaing, perusahaan dapat menilai potensi keberhasilan produk yang akan dibuat. Ini membantu untuk mengidentifikasi risiko dan tantangan yang mungkin dihadapi, serta menentukan apakah ada kebutuhan untuk mengubah atau menyempurnakan konsep produk sebelum membuat prototipe.</p><p><strong>Mengurangi Risiko dan Biaya Pengembangan</strong>: Riset pasar membantu untuk mengurangi risiko pengembangan produk dengan memastikan bahwa produk yang dibuat memiliki permintaan yang cukup dan akan diterima oleh pasar. Hal ini membantu menghindari pemborosan waktu, sumber daya, dan biaya dalam mengembangkan produk yang tidak diinginkan oleh pasar.</p>


Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memahami pasar, pelanggan potensial, pesaing, dan tren industri sebelum memulai atau mengembangkan produk atau layanan. Melakukan riset pasar sebelum membuat prototipe produk memiliki beberapa tujuan penting, di antaranya:

Memahami Kebutuhan dan Preferensi Konsumen: Riset pasar membantu untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target pasar produk. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengidentifikasi fitur-fitur yang diinginkan oleh konsumen dan memastikan bahwa prototipe produk yang dibuat akan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Mengetahui Potensi Pasar: Riset pasar membantu untuk mengetahui ukuran pasar potensial, segmen pasar yang dapat dijangkau, serta tren dan perubahan dalam perilaku konsumen. Informasi ini penting untuk mengevaluasi apakah ada peluang yang layak untuk dikembangkan melalui produk yang akan dibuat.

Mengidentifikasi Pesaing: Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pesaing yang ada dalam pasar dan memahami kekuatan, kelemahan, strategi, dan posisi pasar mereka. Informasi ini membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi diferensiasi yang efektif untuk produknya.

Menilai Potensi Keberhasilan Produk: Dengan memahami pasar dan pesaing, perusahaan dapat menilai potensi keberhasilan produk yang akan dibuat. Ini membantu untuk mengidentifikasi risiko dan tantangan yang mungkin dihadapi, serta menentukan apakah ada kebutuhan untuk mengubah atau menyempurnakan konsep produk sebelum membuat prototipe.

Mengurangi Risiko dan Biaya Pengembangan: Riset pasar membantu untuk mengurangi risiko pengembangan produk dengan memastikan bahwa produk yang dibuat memiliki permintaan yang cukup dan akan diterima oleh pasar. Hal ini membantu menghindari pemborosan waktu, sumber daya, dan biaya dalam mengembangkan produk yang tidak diinginkan oleh pasar.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Mei 2024 06:32

Jawaban terverifikasi

<p><br>Melakukan riset pasar sebelum membuat prototipe produk memiliki beberapa tujuan utama:</p><p><strong>Memahami Kebutuhan dan Preferensi Konsumen</strong>: Riset pasar membantu perusahaan memahami kebutuhan, preferensi, dan harapan konsumen terhadap produk atau layanan yang akan dibuat. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengarahkan pengembangan produk mereka agar sesuai dengan keinginan pasar.</p><p><strong>Mengidentifikasi Peluang Pasar</strong>: Riset pasar membantu perusahaan mengidentifikasi peluang pasar yang ada, seperti segmen pasar yang belum terpenuhi atau tren yang sedang berkembang. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan inovasi produk mereka ke arah yang paling menguntungkan.</p><p><strong>Mengukur Potensi Pasar</strong>: Dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat mengukur potensi pasar untuk produk atau layanan tertentu. Ini membantu dalam menetapkan target penjualan dan merencanakan strategi pemasaran yang efektif.</p><p><strong>Mengidentifikasi Persaingan</strong>: Riset pasar membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pesaing yang ada di pasar dan memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Informasi ini penting dalam merancang strategi pemasaran dan diferensiasi produk.</p><p><strong>Mengurangi Risiko</strong>: Dengan memahami pasar dengan baik sebelum membuat prototipe produk, perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan produk. Riset pasar membantu dalam mengambil keputusan yang lebih terinformasi dan mengarahkan pengembangan produk ke arah yang paling mungkin sukses.</p>


Melakukan riset pasar sebelum membuat prototipe produk memiliki beberapa tujuan utama:

Memahami Kebutuhan dan Preferensi Konsumen: Riset pasar membantu perusahaan memahami kebutuhan, preferensi, dan harapan konsumen terhadap produk atau layanan yang akan dibuat. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengarahkan pengembangan produk mereka agar sesuai dengan keinginan pasar.

Mengidentifikasi Peluang Pasar: Riset pasar membantu perusahaan mengidentifikasi peluang pasar yang ada, seperti segmen pasar yang belum terpenuhi atau tren yang sedang berkembang. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan inovasi produk mereka ke arah yang paling menguntungkan.

Mengukur Potensi Pasar: Dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat mengukur potensi pasar untuk produk atau layanan tertentu. Ini membantu dalam menetapkan target penjualan dan merencanakan strategi pemasaran yang efektif.

Mengidentifikasi Persaingan: Riset pasar membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pesaing yang ada di pasar dan memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Informasi ini penting dalam merancang strategi pemasaran dan diferensiasi produk.

Mengurangi Risiko: Dengan memahami pasar dengan baik sebelum membuat prototipe produk, perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan produk. Riset pasar membantu dalam mengambil keputusan yang lebih terinformasi dan mengarahkan pengembangan produk ke arah yang paling mungkin sukses.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dokumentasi dapat dilakukan secara perekaman video. Hal penting yang harus diperhatikan adalah a. kualitas suara pada video b. objek pembuatan karya c. orang yang merekam d. suasana pembuatan dokumentasi e. tujuan pembuatan karya

9

0.0

Jawaban terverifikasi