Gita H

23 Agustus 2023 14:36

Iklan

Iklan

Gita H

23 Agustus 2023 14:36

Pertanyaan

Jelaskan sejarah perkembangan informatika dari zaman dahulu sampai saat ini secara SINGKAT


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 16:10

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah gambaran singkat tentang perkembangan informatika dari zaman dahulu sampai saat ini:</p><p><strong>Zaman Pra-Modern:</strong> Sejak zaman kuno, manusia telah mengembangkan cara untuk menyimpan dan mengelola informasi, seperti melalui tulisan tangan, lambang-lambang, dan cetakan. Mesin hitung sederhana juga digunakan untuk membantu perhitungan.</p><p><strong>Revolusi Industri dan Mekanisasi:</strong> Pada abad ke-18 dan ke-19, perkembangan mesin-mesin seperti mesin hitung mekanis oleh Charles Babbage membantu dalam pemrosesan data dan perhitungan matematika.</p><p><strong>Era Komputer Analog dan Awal Komputer Digital:</strong> Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, komputer analog dikembangkan untuk memecahkan persamaan diferensial dan tugas-tugas ilmiah. Pada tahun 1930-an dan 1940-an, komputer digital pertama seperti ENIAC dan UNIVAC muncul, menggunakan sirkuit elektronik.</p><p><strong>Era Transistor dan Mikroprosesor:</strong> Penemuan transistor pada tahun 1947 membuka jalan bagi pengembangan komputer yang lebih kecil, lebih efisien, dan lebih terjangkau. Pada 1971, Intel merilis mikroprosesor pertama (Intel 4004), yang menjadi dasar komputer pribadi (PC) modern.</p><p><strong>Revolution Komputer Pribadi:</strong> Tahun 1980-an ditandai dengan munculnya komputer pribadi yang terjangkau dan mudah digunakan, seperti IBM PC dan Apple Macintosh. Ini mengubah cara orang bekerja, belajar, dan berkomunikasi.</p><p><strong>Era Internet dan Digitalisasi:</strong> Pada akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, Internet menjadi publik dan memberikan akses global ke informasi dan komunikasi. Ini mengawali era digitalisasi di mana data, media, dan layanan beralih ke format digital.</p><p><strong>Perkembangan Internet dan Mobile Computing:</strong> Tahun 2000-an menyaksikan pertumbuhan pesat dalam penggunaan Internet, bersamaan dengan perkembangan teknologi mobile computing dan smartphone. Aplikasi, media sosial, dan layanan daring semakin mendominasi kehidupan sehari-hari.</p><p><strong>Big Data dan Kecerdasan Buatan:</strong> Pada dekade terakhir, perkembangan teknologi pemrosesan data besar (big data) dan kecerdasan buatan (AI) memungkinkan analisis lebih mendalam dan otomatisasi tugas-tugas kompleks.</p><p><strong>Era Saat Ini:</strong> Saat ini, kita mengalami integrasi teknologi yang semakin dalam dalam berbagai aspek kehidupan, seperti Internet of Things (IoT), komputasi awan, dan blockchain. Teknologi ini terus berkembang dengan cepat dan membentuk dasar bagi masa depan yang lebih terhubung dan terotomatisasi.</p><p>Perkembangan informatika telah mengubah fundamental cara kita bekerja, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Dari perangkat keras hingga perangkat lunak, dari komputasi awal hingga kecerdasan buatan, perkembangan ini terus membentuk dunia modern yang kita kenal saat ini.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Berikut adalah gambaran singkat tentang perkembangan informatika dari zaman dahulu sampai saat ini:

Zaman Pra-Modern: Sejak zaman kuno, manusia telah mengembangkan cara untuk menyimpan dan mengelola informasi, seperti melalui tulisan tangan, lambang-lambang, dan cetakan. Mesin hitung sederhana juga digunakan untuk membantu perhitungan.

Revolusi Industri dan Mekanisasi: Pada abad ke-18 dan ke-19, perkembangan mesin-mesin seperti mesin hitung mekanis oleh Charles Babbage membantu dalam pemrosesan data dan perhitungan matematika.

Era Komputer Analog dan Awal Komputer Digital: Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, komputer analog dikembangkan untuk memecahkan persamaan diferensial dan tugas-tugas ilmiah. Pada tahun 1930-an dan 1940-an, komputer digital pertama seperti ENIAC dan UNIVAC muncul, menggunakan sirkuit elektronik.

Era Transistor dan Mikroprosesor: Penemuan transistor pada tahun 1947 membuka jalan bagi pengembangan komputer yang lebih kecil, lebih efisien, dan lebih terjangkau. Pada 1971, Intel merilis mikroprosesor pertama (Intel 4004), yang menjadi dasar komputer pribadi (PC) modern.

Revolution Komputer Pribadi: Tahun 1980-an ditandai dengan munculnya komputer pribadi yang terjangkau dan mudah digunakan, seperti IBM PC dan Apple Macintosh. Ini mengubah cara orang bekerja, belajar, dan berkomunikasi.

Era Internet dan Digitalisasi: Pada akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, Internet menjadi publik dan memberikan akses global ke informasi dan komunikasi. Ini mengawali era digitalisasi di mana data, media, dan layanan beralih ke format digital.

Perkembangan Internet dan Mobile Computing: Tahun 2000-an menyaksikan pertumbuhan pesat dalam penggunaan Internet, bersamaan dengan perkembangan teknologi mobile computing dan smartphone. Aplikasi, media sosial, dan layanan daring semakin mendominasi kehidupan sehari-hari.

Big Data dan Kecerdasan Buatan: Pada dekade terakhir, perkembangan teknologi pemrosesan data besar (big data) dan kecerdasan buatan (AI) memungkinkan analisis lebih mendalam dan otomatisasi tugas-tugas kompleks.

Era Saat Ini: Saat ini, kita mengalami integrasi teknologi yang semakin dalam dalam berbagai aspek kehidupan, seperti Internet of Things (IoT), komputasi awan, dan blockchain. Teknologi ini terus berkembang dengan cepat dan membentuk dasar bagi masa depan yang lebih terhubung dan terotomatisasi.

Perkembangan informatika telah mengubah fundamental cara kita bekerja, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Dari perangkat keras hingga perangkat lunak, dari komputasi awal hingga kecerdasan buatan, perkembangan ini terus membentuk dunia modern yang kita kenal saat ini.

 

 


 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 06:42

Jawaban terverifikasi

Informatika telah mengalami perkembangan signifikan sepanjang sejarahnya: 1. **Zaman Kuno:** Perkembangan awal melibatkan sistem penghitungan sederhana seperti abakus. Sistem seperti mesin diferensial oleh Babbage juga diusulkan, meskipun tidak pernah selesai. 2. **Abad ke-20:** Perkembangan komputer elektronik dimulai dengan ENIAC pada tahun 1940-an. Era ini juga melihat lahirnya bahasa pemrograman seperti FORTRAN dan COBOL. 3. **1960-an-1970-an:** Era komputasi mainframe, komputer besar digunakan untuk pengolahan data bisnis dan ilmiah. ARPANET, cikal bakal internet, juga lahir. 4. **1980-an:** Munculnya komputer pribadi (PC) membawa teknologi komputasi ke rumah dan kantor. GUI seperti yang dilihat pada Macintosh dan Windows juga muncul. 5. **1990-an:** Internet menjadi lebih mudah diakses oleh publik, mengarah pada pertumbuhan e-commerce dan media digital. Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web. 6. **2000-an:** Teknologi mobile semakin berkembang dengan lahirnya ponsel pintar dan aplikasi mobile. Cloud computing juga mulai populer. 7. **2010-an:** Internet of Things (IoT) mulai berkembang, menghubungkan perangkat ke internet. Big data dan kecerdasan buatan (AI) juga menjadi fokus utama. 8. **Saat Ini:** Kecerdasan buatan semakin maju, menggerakkan kendaraan otonom, analisis data canggih, dan aplikasi dalam berbagai bidang. Komputasi kuantum juga mulai menjadi perhatian serius. Informatika terus berkembang dengan cepat, membentuk dunia modern yang kita kenal hari ini.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Microsoft Word adalah software yang termasuk ...... a. Sistem operasi b. program aplikasi c. aplikasi design d. aplikasi pengolah angka

191

0.0

Jawaban terverifikasi