MUHAMAD S

21 Juli 2024 01:52

MUHAMAD S

21 Juli 2024 01:52

Pertanyaan

Jelaskan perlawan rakyat Makasar

Jelaskan perlawan rakyat Makasar

 

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

00

:

24

:

23

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Kevin L

Gold

21 Juli 2024 02:30

Jawaban terverifikasi

Perlawanan rakyat Makassar melawan Belanda terjadi pada abad ke-17 dan merupakan salah satu perlawanan terbesar di Indonesia. Perlawanan ini dipimpin oleh Sultan Hasanuddin, raja Gowa yang dikenal dengan julukan Ayam Jantan dari Timur. Latar Belakang Perlawanan rakyat Makassar dipicu oleh beberapa faktor, antara lain: * Monopoli perdagangan yang ingin dipaksakan oleh VOC. * Pelanggaran wilayah oleh VOC. * Perlakuan anarkis yang dilakukan oleh VOC terhadap rakyat Makassar. Perjalanan Perlawanan Perlawanan rakyat Makassar berlangsung dalam beberapa tahap, yaitu: * Perang Makassar I (1653-1654): Perang ini diakhiri dengan Perjanjian Bongaya yang menguntungkan VOC. * Perang Makassar II (1667-1669): Perang ini jauh lebih dahsyat dan berakhir dengan kekalahan Kesultanan Gowa. * Perlawanan gerilya (1669-1705): Meskipun Kesultanan Gowa telah runtuh, rakyat Makassar masih terus melakukan perlawanan gerilya. Tokoh-Tokoh Penting Selain Sultan Hasanuddin, beberapa tokoh penting lainnya dalam perlawanan rakyat Makassar adalah: * Ayam Jantan dari Barat, yaitu Arung Palakka, raja Tallo yang membantu Belanda. * Laksamana Arung Tobala, panglima perang Kesultanan Gowa yang gagah berani. * Karaeng Galesong, putra Sultan Hasanuddin yang melanjutkan perlawanan setelah ayahnya wafat. Dampak Perlawanan Perlawanan rakyat Makassar meskipun pada akhirnya kalah, memiliki dampak yang signifikan, yaitu: * Memperlambat ekspansi VOC di Indonesia Timur. * Meningkatkan semangat perlawanan rakyat Indonesia di daerah lain. * Menjadikan Sultan Hasanuddin sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia. Kesimpulan Perlawanan rakyat Makassar merupakan salah satu episode penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Perlawanan ini menunjukkan keberanian dan semangat patriotisme rakyat Makassar dalam mempertahankan tanah air mereka.


Kirana H

21 Juli 2024 06:02

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Perlawanan rakyat Makassar yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin&nbsp;</strong></p><p>Pada masa Pemerintahan Sultan Hasanudin, Kerajaan Makassar mencapai masa kejayaan. Belanda yang mengetahui bahwa Makassar merupakan jalur perdagangan internasional dan penghasil lada membuat mereka ingin menguasai Makassar. Sultan Hasanuddin tidak setuju tunduk kepada Belanda dan meminta rakyat Makassar untuk berani melawan Belanda. Perang antara Makassar dengan Belanda tidak dapat dihindarkan. Bahkan Belanda sangat susah untuk menaklukkan Makassar karena keberanian rakyat Makassar. Keberanian Sultan Hasanuddin tersebut membuat Belanda menjulukinya dengan sebutan "Ayam Jantan dari Timur".</p><p>&nbsp;</p>

Perlawanan rakyat Makassar yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin 

Pada masa Pemerintahan Sultan Hasanudin, Kerajaan Makassar mencapai masa kejayaan. Belanda yang mengetahui bahwa Makassar merupakan jalur perdagangan internasional dan penghasil lada membuat mereka ingin menguasai Makassar. Sultan Hasanuddin tidak setuju tunduk kepada Belanda dan meminta rakyat Makassar untuk berani melawan Belanda. Perang antara Makassar dengan Belanda tidak dapat dihindarkan. Bahkan Belanda sangat susah untuk menaklukkan Makassar karena keberanian rakyat Makassar. Keberanian Sultan Hasanuddin tersebut membuat Belanda menjulukinya dengan sebutan "Ayam Jantan dari Timur".

 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

penerapan asas pemilu dalam kehidupan sehari-hari

4

0.0

Jawaban terverifikasi