Nabila A

15 September 2022 11:01

Iklan

Iklan

Nabila A

15 September 2022 11:01

Pertanyaan

jelaskan perkembangan teknologi pada masa runtuhnya kota konstantinopel


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Kurniararasanty

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

27 September 2022 08:14

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya dijelaskan di bawah ini.</p><p>&nbsp;</p><p>Yuk simak pembahasannya!</p><p>&nbsp;</p><p>Pada tahun 1453 Khalifah Utsmaniyah yang berpusat di Turki berhasil menguasai Konstatinopel yang sebelumnya termasuk wilayah kekuasan Kerajaan Romawi- Byzantium. Jatuhnya Konstatinopel ini dipimpin oleh Sultan Muhammad II dan menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa khususnya dalam bidang perdagangan.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Pedagang-pedagang Eropa kesulitan mendapatkan barang-barang dagang karena kebijakan dari Kerajaan Turki Usmani yang melarang pedagang-pedagang dari Eropa masuk ke dalam Istambul. Salah satu barang dagang yang sangat mereka butuhkan adalah rempah-rempah dari Indonesia. Untuk itu mereka melakukan penjelajahan samudera.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada waktu itu, tepatnya setelah kekalahan di Perang Salib, perkembangan teknologi dan sains di Eropa justru berkembang pesat seiring berakhirnya fase Abad Gelap dan digantikan dengan Renaisans alias Abad Pencerahan sejak abad ke-15 M. Terlebih lagi dengan adanya teori Heliosentris dari Capernicus yang membuktikan bahwa bumi mengelilingi matahari. Selain itu, perkembangan navigasi begitu pesat. Bangsa-bangsa Eropa menemukan teknologi kompas yang juga mendorong bangsa Eropa berlayar menemukan rempah-rempah.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawabannya sesuai pemaparan di atas ya.</p>

Jawabannya dijelaskan di bawah ini.

 

Yuk simak pembahasannya!

 

Pada tahun 1453 Khalifah Utsmaniyah yang berpusat di Turki berhasil menguasai Konstatinopel yang sebelumnya termasuk wilayah kekuasan Kerajaan Romawi- Byzantium. Jatuhnya Konstatinopel ini dipimpin oleh Sultan Muhammad II dan menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa khususnya dalam bidang perdagangan. 

 

Pedagang-pedagang Eropa kesulitan mendapatkan barang-barang dagang karena kebijakan dari Kerajaan Turki Usmani yang melarang pedagang-pedagang dari Eropa masuk ke dalam Istambul. Salah satu barang dagang yang sangat mereka butuhkan adalah rempah-rempah dari Indonesia. Untuk itu mereka melakukan penjelajahan samudera.

 

Pada waktu itu, tepatnya setelah kekalahan di Perang Salib, perkembangan teknologi dan sains di Eropa justru berkembang pesat seiring berakhirnya fase Abad Gelap dan digantikan dengan Renaisans alias Abad Pencerahan sejak abad ke-15 M. Terlebih lagi dengan adanya teori Heliosentris dari Capernicus yang membuktikan bahwa bumi mengelilingi matahari. Selain itu, perkembangan navigasi begitu pesat. Bangsa-bangsa Eropa menemukan teknologi kompas yang juga mendorong bangsa Eropa berlayar menemukan rempah-rempah.

 

Jadi, jawabannya sesuai pemaparan di atas ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

436

0.0

Jawaban terverifikasi