ADE R

24 Januari 2023 11:03

Iklan

Iklan

ADE R

24 Januari 2023 11:03

Pertanyaan

Jelaskan perkembangan seni pantomim pada abad ke-16 di Italia


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aulia P

26 Januari 2023 07:50

Jawaban terverifikasi

Halo kak, bantu jawab ya Seni Pantomim kembali populer pada abad ke-16 dengan berkembangnya Commedia dell'arte di Italia yang membawa pantomim pada bentuknya yang sekarang yang mengutamakan pada lakon komedi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

28 Juni 2024 01:48

Jawaban terverifikasi

<p>Pantomim, atau yang dikenal juga sebagai "commedia dell'arte", mengalami perkembangan yang signifikan pada abad ke-16 di Italia. Berikut adalah beberapa poin utama tentang perkembangan seni pantomim pada periode ini:</p><p><strong>Commedia dell'arte</strong>: Pantomim pada abad ke-16 dikembangkan dalam bentuk teater komedi improvisasi yang dikenal sebagai commedia dell'arte. Ini adalah bentuk teater yang populer di Italia pada masa Renaisans. Komedi ini sering kali melibatkan karakter-karakter stereotip dan situasi yang lucu, yang diperankan oleh aktor-aktor yang menggunakan gerakan tubuh dan mimik wajah untuk menyampaikan cerita.</p><p><strong>Karateristik Improvisasi</strong>: Salah satu ciri utama commedia dell'arte adalah improvisasi. Para aktor menggunakan skenario umum atau plot dasar, tetapi dialog dan aksi mereka sering kali diimprovisasi berdasarkan situasi dan respon penonton. Hal ini memungkinkan para aktor untuk menyesuaikan pertunjukan mereka sesuai dengan keadaan saat itu, menambahkan spontanitas dan interaksi langsung dengan penonton.</p><p><strong>Masker dan Kostum</strong>: Pantomim pada masa ini sering kali menggunakan masker dan kostum yang khas untuk membedakan karakter-karakternya. Misalnya, karakter-karakter seperti Harlequin, Pantalone, dan Pulcinella memiliki kostum dan masker yang unik, yang membantu penonton mengenali karakter mereka dengan mudah.</p><p><strong>Pengaruh Budaya Populer</strong>: Pantomim abad ke-16 sangat dipengaruhi oleh budaya populer pada saat itu, termasuk teater jalanan, cerita rakyat, dan komedi teatrikal yang lebih tua. Komedi ini mengeksplorasi tema-tema seperti cinta, kekayaan, kejahatan, dan interaksi sosial dengan cara yang menghibur dan mengkritik masyarakat pada saat itu.</p><p><strong>Pengaruh Internasional</strong>: Perkembangan commedia dell'arte tidak hanya terbatas di Italia, tetapi juga menyebar ke seluruh Eropa, terutama Prancis dan Inggris. Ini mempengaruhi perkembangan seni teater dan komedi di seluruh benua, membentuk dasar untuk teater modern dan seni pertunjukan lainnya.</p>

Pantomim, atau yang dikenal juga sebagai "commedia dell'arte", mengalami perkembangan yang signifikan pada abad ke-16 di Italia. Berikut adalah beberapa poin utama tentang perkembangan seni pantomim pada periode ini:

Commedia dell'arte: Pantomim pada abad ke-16 dikembangkan dalam bentuk teater komedi improvisasi yang dikenal sebagai commedia dell'arte. Ini adalah bentuk teater yang populer di Italia pada masa Renaisans. Komedi ini sering kali melibatkan karakter-karakter stereotip dan situasi yang lucu, yang diperankan oleh aktor-aktor yang menggunakan gerakan tubuh dan mimik wajah untuk menyampaikan cerita.

Karateristik Improvisasi: Salah satu ciri utama commedia dell'arte adalah improvisasi. Para aktor menggunakan skenario umum atau plot dasar, tetapi dialog dan aksi mereka sering kali diimprovisasi berdasarkan situasi dan respon penonton. Hal ini memungkinkan para aktor untuk menyesuaikan pertunjukan mereka sesuai dengan keadaan saat itu, menambahkan spontanitas dan interaksi langsung dengan penonton.

Masker dan Kostum: Pantomim pada masa ini sering kali menggunakan masker dan kostum yang khas untuk membedakan karakter-karakternya. Misalnya, karakter-karakter seperti Harlequin, Pantalone, dan Pulcinella memiliki kostum dan masker yang unik, yang membantu penonton mengenali karakter mereka dengan mudah.

Pengaruh Budaya Populer: Pantomim abad ke-16 sangat dipengaruhi oleh budaya populer pada saat itu, termasuk teater jalanan, cerita rakyat, dan komedi teatrikal yang lebih tua. Komedi ini mengeksplorasi tema-tema seperti cinta, kekayaan, kejahatan, dan interaksi sosial dengan cara yang menghibur dan mengkritik masyarakat pada saat itu.

Pengaruh Internasional: Perkembangan commedia dell'arte tidak hanya terbatas di Italia, tetapi juga menyebar ke seluruh Eropa, terutama Prancis dan Inggris. Ini mempengaruhi perkembangan seni teater dan komedi di seluruh benua, membentuk dasar untuk teater modern dan seni pertunjukan lainnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa birama lagu alam bebas

26

0.0

Jawaban terverifikasi