Felis L

13 Februari 2022 10:27

Iklan

Iklan

Felis L

13 Februari 2022 10:27

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan pola pewarisan sifat gen autosomal dominan dan gen autosomal resesif.


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Ramadhayanti

12 Oktober 2022 12:30

Jawaban terverifikasi

<p>Sifat yang dibawa oleh gen autosomal dominan berpeluang lebih besar untuk diwariskan daripada sifat yang dibawa oleh gen autosomal resesif.</p><p>&nbsp;</p><p>Sifat yang dibawa oleh gen autosomal dapat diwariskan kepada individu jantan maupun betina. Pada persilangan individu bergenotip heterozigot dengan sesamanya, sifat yang dibawa oleh gen autosomal dominan berpeluang lebih besar untuk diwariskan daripada sifat yang dibawa oleh gen autosomal resesif. Jika suatu kelainan genetik disebabkan oleh keberadaan gen autosomal dominan dan kedua orang tuanya bergenotip heterozigot, maka peluang seorang anak untuk menderita kelainan tersebut adalah kelainan : normal = 3 : 1. Sementara, jika suatu kelainan genetik disebabkan oleh keberadaan gen autosomal resesif dan kedua orang tuanya bergenotip heterozigot, maka peluang seorang anak untuk menderita kelainan tersebut adalah kelainan : normal = 1 : 3.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, sifat yang dibawa oleh gen autosomal dominan berpeluang lebih besar untuk diwariskan daripada sifat yang dibawa oleh gen autosomal resesif.</p>

Sifat yang dibawa oleh gen autosomal dominan berpeluang lebih besar untuk diwariskan daripada sifat yang dibawa oleh gen autosomal resesif.

 

Sifat yang dibawa oleh gen autosomal dapat diwariskan kepada individu jantan maupun betina. Pada persilangan individu bergenotip heterozigot dengan sesamanya, sifat yang dibawa oleh gen autosomal dominan berpeluang lebih besar untuk diwariskan daripada sifat yang dibawa oleh gen autosomal resesif. Jika suatu kelainan genetik disebabkan oleh keberadaan gen autosomal dominan dan kedua orang tuanya bergenotip heterozigot, maka peluang seorang anak untuk menderita kelainan tersebut adalah kelainan : normal = 3 : 1. Sementara, jika suatu kelainan genetik disebabkan oleh keberadaan gen autosomal resesif dan kedua orang tuanya bergenotip heterozigot, maka peluang seorang anak untuk menderita kelainan tersebut adalah kelainan : normal = 1 : 3.

 

Dengan demikian, sifat yang dibawa oleh gen autosomal dominan berpeluang lebih besar untuk diwariskan daripada sifat yang dibawa oleh gen autosomal resesif.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

976

5.0

Jawaban terverifikasi