Iklan

Iklan

Tiara S

01 Oktober 2020 17:15

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan pidato pemerintah dengan pidato instansi !


80

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

20 Februari 2022 15:58

Jawaban terverifikasi

Halo, Tiara S. Kakak bantu jawab ya. Perbedaan pidato pemerintah dengan pidato instansi ialah pidato pemerintahan berisi pengumuman; penjelasan; imbauan; dan pesan pemerintah, sedangkan pidato instansi isinya tentang penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Perbedaan lainnya, yaitu pada pidato pemerintahan pidatonya berasal dari pemerintah, sedangkan pidato instansi berasal dari instansi. Simak pembahasan berikut ini. Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan sebuah gambaran tentang sebuah hal. Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk meyakinkan, memengaruhi. atau mengajak audiens agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan isi pidatonya. Pidato persuasif terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain adalah pidato pemerintahan dan pidato instansi. 1. Pidato pemerintahan adalah pidato yang berasal dari pemerintah untuk rakyat. Pidato ini berisi informasi resmi menyangkut kebijakan pemerintah. Bentuknya berupa pengumuman, penjelasan, imbauan, dan pesan pemerintah. Pidato ini harus jelas, tepat, dan pasti karena jika ada kesalahan akan berakibat fatal. 2. Pidato instansi adalah pidato yang bersifat memberi penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Pidato ini disampaikan melalui berbagai media massa. Contoh dari pidato ini adalah contoh pidato instansi kesehatan dan pidato pendidikan. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perbedaan pidato pemerintah dengan pidato instansi, yaitu dari isi pidato dan pembicaranya. Pidato pemerintahan berisi pengumuman; penjelasan; imbauan; dan pesan pemerintah, sedangkan pidato instansi isinya tentang penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Perbedaan lainnya, yaitu pada pidato pemerintahan pidatonya berasal dari pemerintah, sedangkan pidato instansi berasal dari instansi. Dengan demikian, perbedaan pidato pemerintah dengan pidato instansi terletak pada isi pidato dan sumber pembicara pidato. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Sensia A

02 Oktober 2020 02:15

pidato pemerintah adalah pidato resmi sedangkan pidato instansi adalah pidato khusus pidato pemerintah: •lebih ke pembahasan politik dan ekonomi rakyat pidato instansi: •lebih kepada pemajuan lembaga agar lebih maju dan semakin di kenal


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Chairil Anwar Chairil Anwar lahir pada tanggal 6 Juli 1922 di Medan. Ia dikenal sebagai "Si *Binatang *Jalang" (dalam karyanya berjudul "Aku") adalah penyair terkemuka Indonesia. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H. B. Jassin sebagai pelopor Angkatan 45 dan puisi modern Indonesia. la merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha. Keduanya berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jabatan terakhir ayahnya adalah sebagai Bupati Inderagiri, Riau. Ia masih punya pertalian keluarga dengan Soetan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia. Sebagai anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. Chairil cenderung bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun (sedikit cerminan dari kepribadian orang tuanya). Chairil Anwar mulai mengenyam pendidikan di Hollandsch-Inlandsche School (HIS), sekolah dasar untuk orang-orang pribumi pada masa penjajahan Belanda. Ia kemudian meneruskan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO). Saat usianya mencapai 18 tahun, ia tidak lagi bersekolah. Chairil mengatakan bahwa sejak usia 15 tahun, ia telah bertekad menjadi seorang seniman. Pada usia 19 tahun, setelah perceraian orang tuanya, Chairil bersama ibunya pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) di mana ia berkenalan dengan dunia sastra. Walau telah bercerai, ayahnya tetap menafkahinya dan ibunya. Meskipun tidak dapat menyelesaikan sekolahnya, ia dapat menguasai berbagai bahasa asing seperti Inggris, Belanda, dan Jerman. Ia juga mengisi waktunya dengan membaca karya-karya pengarang internasional ternama, seperti: Rainer Maria Rilke, W. H. Auden, Archibald MacLeish, Hendrik Marsman, J. Slaurhoff, dan Edgar du Perron. Penulis-penulis tersebut sangat memengaruhi tulisannya dan secara tidak langsung terhadap tatanan kesusasteraan Indonesia. Sumber: http://id.wikipedia.org 17. Keistimewaan tokoh Chairil Anwar adalah ... a. pelopor Angkatan '45 dan puisi modern Indonesia. b. pelopor Angkatan '45. c. pelopor puisi modern lnqonesia d. dijuluki "Si *Binatang *Jalang"

5

5.0

Jawaban terverifikasi

Gadget Gadget atau gawai adalah peranti elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang dengan lebih canggih dibandingkan teknologi sebelumnya. Gawai tidak hanya sebagai alat komunikasi yang canggih, tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan atau aktivitas seseorang. Saat ini, ada berbagai macam merek dan jenis gawai yang tersebar di pasaran. Hampir setiap tahun, selalu saja ada model terbaru dari berbagai merek gawai yang dirancang dengan teknologi paling mutakhir. Canggihnya teknologi gawai yang berkembang saat ini membuat para remaja juga turut andil dalam menggunakannya. Menurut mereka, gawai sangat penting bagi kehidupan. lnstrumen canggih ini seakan-akan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan remaja. Namun, di sisi lain, banyak orang tua yang tidak setuju jika anaknya menggunakan gawai. Sebagian orang tua menganggap bahwa peran gawai untuk anaknya belum terlalu penting. Gawai juga dianggap dapat menimbulkan dampak negatif bagi remaja. Misalnya, dengan gawai, para remaja berpotensi melihat situs-situs yang tidak sesuai dengan usia mereka. Meskipun demikian, ada pula orang tua yang setuju apabila anaknya menggunakan gawai. Hal tersebut disebabkan para remaja dapat menggunakan gawai untuk mengakses hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pengetahuan. Dampak positif lain yang diperoleh dari gawai adalah bisa berkomunikasi dengan jarak jauh dan menjalin silaturahmi kembali dengan teman-teman yang sudah lama berpisah. Dari uraian tersebut, dapat kita ketahui bahwa gawai dapat memberikan dampak positif dan negatif. Untuk itu, marilah kita gunakan gawai dengan bijaksana. Sebaiknya kita menggunakan gawai dengan cara yang baik agar terhindar dari hal-hal negatif dan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. Berikut terdapat pernyataan-pernyataan tentang teks tersebut. Pasangkanlah jawaban-jawaban yang disediakan dengan pernyataan-pernyataan yang sesuai. Pilihan Jawaban a. dampak gawai dari sisi sosial b. berkomunikasi jarak jauh c. fungsi gawai d. teks tanggapan e. gawai f. penyalahgunaan gawai g. dampak negatif gawai h. pemanfaatan gawai dengan benar i. mengakses video pembelajaran j. penggunaan gawai dengan baik Pernyataan 6. Menjalin silaturahmi kembali dengan teman-teman yang sudah lama berpisah.

3

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan