KnightMiya K

04 November 2023 12:15

Iklan

Iklan

KnightMiya K

04 November 2023 12:15

Pertanyaan

Jelaskan Pengaruh letak geografis kerajaan Majapahit terhadap kemajan di bidang ekonomi kerajaan Majapahit

Jelaskan Pengaruh letak geografis kerajaan Majapahit terhadap kemajan di bidang ekonomi kerajaan Majapahit 


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Shinta M

05 November 2023 03:40

Jawaban terverifikasi

Perdagangan dan pertanian merupakan salah dua hal yang mampu mendongkrak perekonomian Kerajaan Majapahit. Untuk mendukung kehidupan perekonomian kerajaan, maka Kerajaan Majapahit juga membangun berbagai sarana untuk memudahkan proses berdagang, seperti jalan, lalu lintas sungai, dan pelabuhan.


Iklan

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

05 November 2023 04:09

Jawaban terverifikasi

Jawaban yg benar adalah Kerajaan Majapahit memiliki letak yang strategis yaitu di bantaran Sungai Brantas, di pedalaman Trowulan, Jawa Timur. Sungai Brantas sangat digantungkan oleh masyarakat karena dalam kehidupan ekonomi, masyarakat Majapahit hidup dari pertanian dan perdagangan. Simak penjelasannya yuk, Kerajaan Majapahit memiliki letak yang strategis yaitu di bantaran Sungai Brantas, di pedalaman Trowulan, Jawa Timur. Sungai Brantas sangat digantungkan oleh masyarakat karena dalam kehidupan ekonomi, masyarakat Majapahit hidup dari pertanian dan perdagangan. Aliran sungai Brantas memudahkan masyarakat untuk mendistribusikan barang dengan menggunakan perahu atau rakit, sehingga cocok untuk perniagaan. Hal ini juga diikuti dengan pekembangan pemukiman di sepanjang sungai. Akses untuk menghubungkan antar daerah baik dari pedalaman hingga ke pesisir atau sebaliknya juga menjadi aman dan cepat. Dalam Prasasti Canggu dituliskan tanggal pembuatannya pada 1358. Berisi mengenai hayam Wuruk yang mengatur kedudukan desa-desa di tepian Sungai Brantas yang dijadikan tempat penyebrangan untuk akses distribusi dan tertulis mengenai pelabuhan-pelabuhan serta peraturan untuk melintasi sungai. Dengan demikian jawabannya Kerajaan Majapahit memiliki letak yang strategis yaitu di bantaran Sungai Brantas, di pedalaman Trowulan, Jawa Timur. Sungai Brantas sangat digantungkan oleh masyarakat karena dalam kehidupan ekonomi, masyarakat Majapahit hidup dari pertanian dan perdagangan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi