Era E

14 Februari 2024 14:22

Iklan

Iklan

Era E

14 Februari 2024 14:22

Pertanyaan

jelaskan mengenai deklarasi Djuanda

jelaskan mengenai deklarasi Djuanda


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 00:15

Jawaban terverifikasi

<p>Deklarasi Djuanda, juga dikenal sebagai Deklarasi Djuanda atau Asas Djuanda, dikeluarkan oleh Perdana Menteri Indonesia, Djuanda Kartawidjaja, pada 4 April 1957. Deklarasi ini membahas prinsip-prinsip dasar dan asas-asas yang harus mengarahkan politik luar negeri Indonesia. Beberapa poin penting dalam Deklarasi Djuanda melibatkan:</p><p><strong>Asas Kemandirian:</strong> Deklarasi Djuanda menegaskan prinsip kemandirian, di mana Indonesia tidak ingin terlibat dalam aliansi militer atau politik yang dapat mengurangi kemerdekaan dan kebebasannya.</p><p><strong>Anti-Imperialisme dan Anti-Kolonialisme:</strong> Deklarasi ini menekankan sikap anti-imperialisme dan anti-kolonialisme, mendukung perjuangan bangsa-bangsa di bawah penjajahan untuk meraih kemerdekaan mereka.</p><p><strong>Prinsip Keseimbangan dan Ketahanan Nasional:</strong> Asas Djuanda mengajukan prinsip keseimbangan dalam hubungan internasional, dengan tidak menyusun diri di antara blok-blok kekuatan besar. Selain itu, ditekankan pula pentingnya ketahanan nasional dalam segala aspek.</p><p><strong>Pentingnya Perdamaian Dunia:</strong> Dalam deklarasi ini, perdamaian dunia dianggap sebagai tujuan utama, dan Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam memelihara perdamaian internasional.</p>

Deklarasi Djuanda, juga dikenal sebagai Deklarasi Djuanda atau Asas Djuanda, dikeluarkan oleh Perdana Menteri Indonesia, Djuanda Kartawidjaja, pada 4 April 1957. Deklarasi ini membahas prinsip-prinsip dasar dan asas-asas yang harus mengarahkan politik luar negeri Indonesia. Beberapa poin penting dalam Deklarasi Djuanda melibatkan:

Asas Kemandirian: Deklarasi Djuanda menegaskan prinsip kemandirian, di mana Indonesia tidak ingin terlibat dalam aliansi militer atau politik yang dapat mengurangi kemerdekaan dan kebebasannya.

Anti-Imperialisme dan Anti-Kolonialisme: Deklarasi ini menekankan sikap anti-imperialisme dan anti-kolonialisme, mendukung perjuangan bangsa-bangsa di bawah penjajahan untuk meraih kemerdekaan mereka.

Prinsip Keseimbangan dan Ketahanan Nasional: Asas Djuanda mengajukan prinsip keseimbangan dalam hubungan internasional, dengan tidak menyusun diri di antara blok-blok kekuatan besar. Selain itu, ditekankan pula pentingnya ketahanan nasional dalam segala aspek.

Pentingnya Perdamaian Dunia: Dalam deklarasi ini, perdamaian dunia dianggap sebagai tujuan utama, dan Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam memelihara perdamaian internasional.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

15 Februari 2024 08:08

Jawaban terverifikasi

<p>Deklarasi Djuanda adalah upaya untuk menentukan wilayah perairan Republik Indonesia, yang sebelumnya terdapat bagian-bagian laut di sekitar dan di antara pulau-pulau di Indonesia sebagai laut bebas menjadi sepenuhnya milik Indonesia. Deklarasi ini menjadi landasan bagi perwujudan Hari Nusantara, yang menghubungkan wilayah dan lautan Indonesia menjadi satu kesatuan yang utuh.</p>

Deklarasi Djuanda adalah upaya untuk menentukan wilayah perairan Republik Indonesia, yang sebelumnya terdapat bagian-bagian laut di sekitar dan di antara pulau-pulau di Indonesia sebagai laut bebas menjadi sepenuhnya milik Indonesia. Deklarasi ini menjadi landasan bagi perwujudan Hari Nusantara, yang menghubungkan wilayah dan lautan Indonesia menjadi satu kesatuan yang utuh.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

√100 =

4

0.0

Jawaban terverifikasi