Sumurung S

23 Agustus 2023 13:26

Iklan

Iklan

Sumurung S

23 Agustus 2023 13:26

Pertanyaan

Jelaskan mengapa semua tumbuhan hijau dikatakan rodusen

Jelaskan mengapa semua tumbuhan hijau dikatakan rodusen

 

 

 


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 15:00

Jawaban terverifikasi

<p>Semua tumbuhan hijau dikatakan produsen karena memiliki kemampuan unik untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses biokimia di mana tumbuhan mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk molekul gula, seperti glukosa. Proses ini terjadi dalam kloroplas tumbuhan, di mana pigmen hijau bernama klorofil menangkap energi cahaya matahari.</p><p>Selama fotosintesis, tumbuhan menggunakan karbon dioksida dari udara dan air dari akar mereka, serta energi cahaya yang diambil melalui klorofil, untuk menghasilkan glukosa dan oksigen sebagai produk sampingan. Glukosa adalah bentuk energi yang dapat disimpan dalam tumbuhan dan digunakan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi-fungsi lainnya. Oksigen dilepaskan ke udara sebagai hasil samping dari reaksi fotosintesis ini.</p><p>Kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis membuat mereka produsen utama dalam rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan. Mereka adalah sumber energi yang mendasar bagi makhluk hidup lain di ekosistem. Hewan pemakan tumbuhan, seperti hewan herbivora, memanfaatkan energi yang disimpan dalam tumbuhan sebagai makanan mereka. Kemudian, hewan-hewan pemakan daging (karnivora) atau pemakan segala (omnivora) bergantung pada hewan herbivora atau hewan lain yang lebih rendah dalam rantai makanan.</p><p>Dengan demikian, tumbuhan hijau memiliki peran krusial sebagai produsen dalam ekosistem, karena mereka adalah sumber utama energi yang menyokong semua bentuk kehidupan lainnya.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Semua tumbuhan hijau dikatakan produsen karena memiliki kemampuan unik untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses biokimia di mana tumbuhan mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk molekul gula, seperti glukosa. Proses ini terjadi dalam kloroplas tumbuhan, di mana pigmen hijau bernama klorofil menangkap energi cahaya matahari.

Selama fotosintesis, tumbuhan menggunakan karbon dioksida dari udara dan air dari akar mereka, serta energi cahaya yang diambil melalui klorofil, untuk menghasilkan glukosa dan oksigen sebagai produk sampingan. Glukosa adalah bentuk energi yang dapat disimpan dalam tumbuhan dan digunakan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi-fungsi lainnya. Oksigen dilepaskan ke udara sebagai hasil samping dari reaksi fotosintesis ini.

Kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis membuat mereka produsen utama dalam rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan. Mereka adalah sumber energi yang mendasar bagi makhluk hidup lain di ekosistem. Hewan pemakan tumbuhan, seperti hewan herbivora, memanfaatkan energi yang disimpan dalam tumbuhan sebagai makanan mereka. Kemudian, hewan-hewan pemakan daging (karnivora) atau pemakan segala (omnivora) bergantung pada hewan herbivora atau hewan lain yang lebih rendah dalam rantai makanan.

Dengan demikian, tumbuhan hijau memiliki peran krusial sebagai produsen dalam ekosistem, karena mereka adalah sumber utama energi yang menyokong semua bentuk kehidupan lainnya.

 

 


 


Iklan

Iklan

Kevin L

Gold

24 Agustus 2023 00:08

Jawaban terverifikasi

Tumbuhan hijau dikategorikan sebagai produsen dalam rantai makanan karena mereka memiliki kemampuan unik untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan menggunakan energi matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa (gula) dan oksigen dengan bantuan klorofil dalam daun mereka. Sebagai hasil dari fotosintesis, tumbuhan hijau mampu menghasilkan makanan (glukosa) sendiri. Makanan ini kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Tumbuhan juga dapat menyimpan kelebihan makanan dalam bentuk pati atau gula lainnya untuk digunakan di masa depan. Dalam rantai makanan, produsen adalah organisme yang memulai aliran energi dengan menghasilkan makanan dari sumber energi eksternal, seperti cahaya matahari. Tumbuhan hijau adalah contoh utama produsen karena kemampuan mereka untuk mengubah energi matahari menjadi makanan melalui fotosintesis. Organisme lain, seperti hewan herbivora (pemakan tumbuhan), akan mengonsumsi tumbuhan hijau sebagai sumber makanan, dan rantai makanan kemudian berlanjut dari sana.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ketika mencuci piring ibu selalu tidak lupa mematikan keran air yang mengalir sikap yang dicontohkan ibu menunjukkan bahwa menjaga ketersediaan energi merupakan suatu

130

5.0

Jawaban terverifikasi