Vanyazx V

08 Mei 2024 07:18

Iklan

Iklan

Vanyazx V

08 Mei 2024 07:18

Pertanyaan

Jelaskan mengapa disunahkan mendahulukan bagian tubuh yang kanan


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

17.Meirani I

09 Mei 2024 12:46

Jawaban terverifikasi

<p>Karena Rasulullah SAW selalu mendahulukan sebelah kanan dalam beraktivitas.</p><p>Mulai dari makan,minum, memakai baju,menyisir rambut,hendak keluar rumah,hinggaemakai alas kaki baik sandal atau sepatu.</p>

Karena Rasulullah SAW selalu mendahulukan sebelah kanan dalam beraktivitas.

Mulai dari makan,minum, memakai baju,menyisir rambut,hendak keluar rumah,hinggaemakai alas kaki baik sandal atau sepatu.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

10 Mei 2024 01:56

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam Islam, terdapat anjuran untuk mendahulukan bagian tubuh yang kanan dalam beberapa kegiatan ibadah dan aktivitas sehari-hari. Hal ini didasarkan pada ajaran dan tuntunan yang terdapat dalam hadis Nabi Muhammad SAW. Beberapa alasan mengapa disunahkan untuk mendahulukan bagian tubuh yang kanan adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Sunnah Nabi</strong>: Nabi Muhammad SAW sering kali mendahulukan bagian tubuh yang kanan dalam berbagai kegiatan, seperti dalam berwudhu, memasuki masjid, memakai pakaian, dan sebagainya. Praktik ini dijadikan contoh yang baik bagi umat Islam untuk diikuti.</p><p><strong>Menjaga Kebersihan</strong>: Dalam berwudhu, misalnya, disunahkan untuk memulai dengan mencuci tangan kanan sebelum tangan kiri, karena tangan kanan dianggap lebih bersih dan suci. Hal ini juga berlaku dalam membersihkan diri setelah buang air besar atau kecil, di mana disarankan untuk membersihkan bagian tubuh dari sisi kanan terlebih dahulu.</p><p><strong>Keseimbangan dan Keserasian</strong>: Mendahulukan bagian tubuh yang kanan juga dapat membantu menciptakan keseimbangan dan keserasian dalam gerakan atau aktivitas. Dalam shalat, misalnya, tindakan seperti mengangkat tangan kanan terlebih dahulu saat takbir awal atau melakukan sujud pertama kali dengan kaki kanan diikuti kaki kiri menciptakan keserasian dalam gerakan shalat.</p><p><strong>Menghormati Tradisi</strong>: Praktik mendahulukan bagian tubuh yang kanan juga merupakan bagian dari tradisi dan adab yang dihormati dalam masyarakat Muslim. Hal ini juga dapat dilihat sebagai bentuk penghargaan terhadap anjuran Nabi Muhammad SAW.</p>

Dalam Islam, terdapat anjuran untuk mendahulukan bagian tubuh yang kanan dalam beberapa kegiatan ibadah dan aktivitas sehari-hari. Hal ini didasarkan pada ajaran dan tuntunan yang terdapat dalam hadis Nabi Muhammad SAW. Beberapa alasan mengapa disunahkan untuk mendahulukan bagian tubuh yang kanan adalah sebagai berikut:

Sunnah Nabi: Nabi Muhammad SAW sering kali mendahulukan bagian tubuh yang kanan dalam berbagai kegiatan, seperti dalam berwudhu, memasuki masjid, memakai pakaian, dan sebagainya. Praktik ini dijadikan contoh yang baik bagi umat Islam untuk diikuti.

Menjaga Kebersihan: Dalam berwudhu, misalnya, disunahkan untuk memulai dengan mencuci tangan kanan sebelum tangan kiri, karena tangan kanan dianggap lebih bersih dan suci. Hal ini juga berlaku dalam membersihkan diri setelah buang air besar atau kecil, di mana disarankan untuk membersihkan bagian tubuh dari sisi kanan terlebih dahulu.

Keseimbangan dan Keserasian: Mendahulukan bagian tubuh yang kanan juga dapat membantu menciptakan keseimbangan dan keserasian dalam gerakan atau aktivitas. Dalam shalat, misalnya, tindakan seperti mengangkat tangan kanan terlebih dahulu saat takbir awal atau melakukan sujud pertama kali dengan kaki kanan diikuti kaki kiri menciptakan keserasian dalam gerakan shalat.

Menghormati Tradisi: Praktik mendahulukan bagian tubuh yang kanan juga merupakan bagian dari tradisi dan adab yang dihormati dalam masyarakat Muslim. Hal ini juga dapat dilihat sebagai bentuk penghargaan terhadap anjuran Nabi Muhammad SAW.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

15. Sedekah yang paling mudah kepada sesama adalah .... a. makanan sesuai kemampuan- nya b. tersenyum dengan tujuan meng- hormati C. nasihat dalam memecahkan ma- salah d barang-barang tidak terpakai e. tenaga atau pikiran

5

0.0

Jawaban terverifikasi