Rahmat S

26 Agustus 2022 11:42

Iklan

Iklan

Rahmat S

26 Agustus 2022 11:42

Pertanyaan

Jelaskan manusia sebagai subjek dan objek dalam sejarah !


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Suryanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Tarumanagara

23 September 2022 13:41

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah Contoh manusia sebagai objek Contohnya : Ir.Soekarno dan Moh. Hatta yg mencetak sejarah sbg bapak proklamator dan subjek sejarah Contohnya : sejarawan, peneliti, arkeolog dll.</p><p><br>Cermati penjelasan berikut!</p><p>Unsur dalam kajian sejarah terbagi menjadi tiga, yakni manusia, ruang, dan manusia. Manusia dalam sejarah berperan sebagai subjek dan objek sejarah. Sebagai subjek sejarah, tindakan manusia di masa lampau berperan dalam menentukan arus kesejarahan. Peran ini kebanyakan dilakukan oleh para sejarawan yang meneliti dan menulis peristiwa masa lalu. Manusia sebagai subjek sejarah cenderung bersifat subjektif. Contohnya : sejarawan, peneliti, arkeolog dll.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Sedangkan sebagai objek sejarah, tindakan manusia yang mempengaruhi sejarah karena manusialah yang membuat sejarah atau merupakan aktor sentral dalam peristiwa sejarah. Karena manusia yang mengendalikan sejarah berarti menegaskan kedinamisan dirinya. Contohnya : Ir.Soekarno dan Moh. Hatta yg mencetak sejarah sbg bapak proklamator.</p><p><br>Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah Contoh manusia sebagai objek Contohnya : Ir.Soekarno dan Moh. Hatta yg mencetak sejarah sbg bapak proklamator dan subjek sejarah Contohnya : sejarawan, peneliti, arkeolog dll.</p>

Jawaban yang benar adalah Contoh manusia sebagai objek Contohnya : Ir.Soekarno dan Moh. Hatta yg mencetak sejarah sbg bapak proklamator dan subjek sejarah Contohnya : sejarawan, peneliti, arkeolog dll.


Cermati penjelasan berikut!

Unsur dalam kajian sejarah terbagi menjadi tiga, yakni manusia, ruang, dan manusia. Manusia dalam sejarah berperan sebagai subjek dan objek sejarah. Sebagai subjek sejarah, tindakan manusia di masa lampau berperan dalam menentukan arus kesejarahan. Peran ini kebanyakan dilakukan oleh para sejarawan yang meneliti dan menulis peristiwa masa lalu. Manusia sebagai subjek sejarah cenderung bersifat subjektif. Contohnya : sejarawan, peneliti, arkeolog dll. 

 

Sedangkan sebagai objek sejarah, tindakan manusia yang mempengaruhi sejarah karena manusialah yang membuat sejarah atau merupakan aktor sentral dalam peristiwa sejarah. Karena manusia yang mengendalikan sejarah berarti menegaskan kedinamisan dirinya. Contohnya : Ir.Soekarno dan Moh. Hatta yg mencetak sejarah sbg bapak proklamator.


Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah Contoh manusia sebagai objek Contohnya : Ir.Soekarno dan Moh. Hatta yg mencetak sejarah sbg bapak proklamator dan subjek sejarah Contohnya : sejarawan, peneliti, arkeolog dll.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi