Josefina K

19 Februari 2024 13:29

Iklan

Iklan

Josefina K

19 Februari 2024 13:29

Pertanyaan

Jelaskan lapisan warna apa saja yang terbentuk yang ada di dalam larutan hasil isolasi DNA!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Fadhilah R

25 Februari 2024 08:45

Jawaban terverifikasi

<p>Saya akan bantu jawab</p><p>Beberapa dari lapisan-lapisan tersebut mungkin termasuk:</p><p>1. Larutan buffer: Larutan buffer umumnya berwarna jernih atau sedikit keruh, tergantung pada jenis buffer yang digunakan . Jika menggunakan buffer khusus seperti EtBr (Ethidium Bromide) yang memberikan warna merah kemerahan.</p><p>2. Fasa Organik: Jika menggunakan metode ekstraksi fenol-kloroform, fasa organiknya biasanya berwarna kecoklatan atau kemerahan</p><p>3. DNA: DNA yang terisolasi biasanya membentuk lapisan putih atau bening ketika diendapkan setelah pemisahan dengan fasa organik.&nbsp;</p><p>4. Protein: Terkadang, protein juga dapat terpisah dan membentuk lapisan terpisah dalam isolasi DNA. Protein biasanya berwarna putih atau kekuningan.</p><p>5. RNA: Jika metode isolasi DNA tidak memisahkan RNA, maka RNA juga dapat hadir dalam larutan. RNA biasanya tidak berwarna, tetapi jika telah diberi pewarna, mungkin tampak berwarna.</p><p>&nbsp;</p>

Saya akan bantu jawab

Beberapa dari lapisan-lapisan tersebut mungkin termasuk:

1. Larutan buffer: Larutan buffer umumnya berwarna jernih atau sedikit keruh, tergantung pada jenis buffer yang digunakan . Jika menggunakan buffer khusus seperti EtBr (Ethidium Bromide) yang memberikan warna merah kemerahan.

2. Fasa Organik: Jika menggunakan metode ekstraksi fenol-kloroform, fasa organiknya biasanya berwarna kecoklatan atau kemerahan

3. DNA: DNA yang terisolasi biasanya membentuk lapisan putih atau bening ketika diendapkan setelah pemisahan dengan fasa organik. 

4. Protein: Terkadang, protein juga dapat terpisah dan membentuk lapisan terpisah dalam isolasi DNA. Protein biasanya berwarna putih atau kekuningan.

5. RNA: Jika metode isolasi DNA tidak memisahkan RNA, maka RNA juga dapat hadir dalam larutan. RNA biasanya tidak berwarna, tetapi jika telah diberi pewarna, mungkin tampak berwarna.

 


Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

20 Februari 2024 11:12

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini. Pembahasan: Dalam isolasi DNA, biasanya terbentuk tiga lapisan warna yang terpisah di dalam larutan. 1. Lapisan buffer biasanya berwarna merah atau coklat tergantung pada jenis buffer yang digunakan untuk mengisolasi DNA. Buffer ini membantu menjaga stabilitas pH dan kondisi optimal untuk isolasi DNA. 2. Lapisan interfase merupakan antarmuka antara larutan DNA yang diisolasi dan fase organik dalam proses ekstraksi DNA. Warna lapisan interfase bisa bervariasi tergantung pada jenis larutan yang digunakan dalam isolasi DNA. 3. Lapisan fase organik biasanya berwarna kuning atau hijau dan terdiri dari fase organik yang mengandung DNA yang diisolasi. Fase organik ini biasanya mengandung zat-zat, seperti fenol atau kloroform yang membantu dalam ekstraksi DNA dari larutan. Jadi, jawaban yang benar telah dijelaskan pada pembahasan di atas.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

undefined Interferon merupakan senyawa yang saat ini dianggap mampu mengobati beberapa penyakit kanker, dapat diproduksi secara rekayasa genetika melalui teknik.... Tanda satu obal saja. 00000 Transplantasi nukleus transplantasi gen plasmid L. voli transfer enzim hibridoma I

0

0.0

Jawaban terverifikasi