Alloysius M

14 Mei 2024 07:26

Iklan

Iklan

Alloysius M

14 Mei 2024 07:26

Pertanyaan

Jelaskan korelasi antara perundingan Roem-Royen dengan persiapan KMB! Mengapa hal tersebur bisa menjadi rantai pemutus politik adu domba?

Jelaskan korelasi antara perundingan Roem-Royen dengan persiapan KMB! Mengapa hal tersebur bisa menjadi rantai pemutus politik adu domba?


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

15 Mei 2024 07:19

Jawaban terverifikasi

<p>Perundingan Roem-Royen, yang dimulai pada 14 April 1949 dan ditandatangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta, memiliki dampak penting dalam sejarah Indonesia pasca-kemerdekaan. Berikut beberapa poin terkait perundingan ini:</p><p><strong>1. Kembalinya Pemerintahan RI ke Yogyakarta</strong>: Perjanjian Roem-Royen menyepakati bahwa pemerintahan Republik Indonesia, termasuk para pemimpin yang ditawan, akan dikembalikan ke Yogyakarta. Sebelumnya, pemerintahan RI terhenti akibat Agresi Militer Belanda II.</p><p><strong>2. Konferensi Meja Bundar (KMB)</strong>: Perjanjian Roem-Royen membuka peluang untuk menggelar Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda. KMB bertujuan memperoleh pengakuan kedaulatan dari Belanda.</p><p><strong>3. Gencatan Senjata</strong>: Perundingan ini juga menghasilkan kesepakatan tentang gencatan senjata, yang membantu mengakhiri konflik militer.</p><p>Korelasi antara perundingan Roem-Royen dan persiapan KMB terletak pada fakta bahwa perundingan ini membuka jalan bagi KMB, yang menjadi forum penting untuk memperjuangkan kedaulatan Indonesia. Namun, perundingan ini juga menjadi sasaran politik adu domba, di mana pihak-pihak yang berkepentingan mencoba memanfaatkan situasi untuk keuntungan politik mereka.</p>

Perundingan Roem-Royen, yang dimulai pada 14 April 1949 dan ditandatangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta, memiliki dampak penting dalam sejarah Indonesia pasca-kemerdekaan. Berikut beberapa poin terkait perundingan ini:

1. Kembalinya Pemerintahan RI ke Yogyakarta: Perjanjian Roem-Royen menyepakati bahwa pemerintahan Republik Indonesia, termasuk para pemimpin yang ditawan, akan dikembalikan ke Yogyakarta. Sebelumnya, pemerintahan RI terhenti akibat Agresi Militer Belanda II.

2. Konferensi Meja Bundar (KMB): Perjanjian Roem-Royen membuka peluang untuk menggelar Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda. KMB bertujuan memperoleh pengakuan kedaulatan dari Belanda.

3. Gencatan Senjata: Perundingan ini juga menghasilkan kesepakatan tentang gencatan senjata, yang membantu mengakhiri konflik militer.

Korelasi antara perundingan Roem-Royen dan persiapan KMB terletak pada fakta bahwa perundingan ini membuka jalan bagi KMB, yang menjadi forum penting untuk memperjuangkan kedaulatan Indonesia. Namun, perundingan ini juga menjadi sasaran politik adu domba, di mana pihak-pihak yang berkepentingan mencoba memanfaatkan situasi untuk keuntungan politik mereka.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 03:48

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Korelasi antara perundingan Roem-Royen dengan Persiapan MMB adalah bahwa perundingan Roem-Royen menjadi dasar bagi Persiapan MMB. Perundingan Roem-Royen adalah perundingan antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Belanda yang berlangsung pada tanggal 7 Mei hingga 12 Mei 1949. Hasil dari perundingan ini adalah pengakuan de facto oleh Belanda atas Republik Indonesia dan pembentukan Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri dari Indonesia, Belanda, dan negara netral. Komisi ini bertugas untuk membantu proses negosiasi antara kedua belah pihak. Persiapan MMB (Majelis Musyawarah Bersama) adalah sebuah forum yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk membahas dan menyusun rencana politik dan strategi dalam menghadapi Belanda. MMB dibentuk sebagai wujud dari hasil perundingan Roem-Royen. Dalam MMB, berbagai pihak yang terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia berkumpul untuk membahas langkah-langkah yang harus diambil dalam menghadapi Belanda. Mengapa hal tersebut bisa menjadi rantai pemutus politik adu domba? Karena dalam proses perundingan Roem-Royen, Belanda berusaha memecah belah Indonesia dengan cara mengadu domba antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah daerah-daerah di Indonesia. Belanda berharap dengan cara ini, mereka bisa mengendalikan Indonesia dengan lebih mudah. Namun, dengan adanya MMB, pemerintah Republik Indonesia berhasil mengatasi adu domba tersebut dan menyatukan kembali seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama melawan Belanda. 【Penjelasan】: Perundingan Roem-Royen adalah perundingan yang dilakukan antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Belanda pada tanggal 7 Mei hingga 12 Mei 1949. Perundingan ini menghasilkan beberapa kesepakatan penting, salah satunya adalah pengakuan de facto oleh Belanda atas Republik Indonesia. Selain itu, perundingan ini juga menghasilkan pembentukan Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri dari Indonesia, Belanda, dan negara netral. KTN bertugas untuk membantu proses negosiasi antara kedua belah pihak. Persiapan MMB (Majelis Musyawarah Bersama) adalah sebuah forum yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk membahas dan menyusun rencana politik dan strategi dalam menghadapi Belanda. MMB dibentuk sebagai wujud dari hasil perundingan Roem-Royen. Dalam MMB, berbagai pihak yang terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia berkumpul untuk membahas langkah-langkah yang harus diambil dalam menghadapi Belanda. Belanda berusaha memecah belah Indonesia dengan cara mengadu domba antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah daerah-daerah di Indonesia. Belanda berharap dengan cara ini, mereka bisa mengendalikan Indonesia dengan lebih mudah. Namun, dengan adanya MMB, pemerintah Republik Indonesia berhasil mengatasi adu domba tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Yang kita ketahui, Kesultanan Banten bukanlah penghasil rempah asli, akan tetapi mengapa Kesultanan Banten dijadikan jalur perdagangan rempah pada masa Kerajaan Islam? Dan daerah mana saja penunjang rempah ke Kesultanan Banten? 2. Pada masa Kesultanan Makassar juga sama bukan penghasil rempah tapi mengapa Kesultanan Makassar menjadi jalur penting perdagangan rempah? 3. Jenis rempah apa saja yang dihasilkan oleh Kesultanan Banten dan Kesultanan Makassar?

59

0.0

Jawaban terverifikasi