Rahmat S

16 Januari 2023 07:36

Iklan

Iklan

Rahmat S

16 Januari 2023 07:36

Pertanyaan

Jelaskan konsep perubahan dalam sejarah !


11

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

G. Fitri

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

24 Januari 2023 13:22

Jawaban terverifikasi

<p>Konsep perubahan dalam sejarah merujuk kepada kondisi atau kejadian dari kehidupan manusia yang selalu berubah, dan senantiasa tumbuh dan berkembang.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Secara etimologi, kata sejarah berasal dari Bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon. Pohon disini yakni sebagai simbol kehidupan yaitu dari akar hingga daunnya yang saling berkaitan. Seperti layaknya pohon, sejarah pada setiap peristiwanya berkaitan dan memengaruhi masa yang akan datang. Hal itu juga memberikan definisi yang merujuk kepada silsilah terutama silsilah raja atau dinasti pada masa lalu. Secara terminologis, beberapa pengertian dikemukakan oleh para ahli diantaranya ialah Ibnu Khaldun yang menyatakan bahwa sejarah ialah sebagai catatan tentang manusia dan peradabannya. Lalu R.G Collingwood mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa yang lampau.</p><p>&nbsp;</p><p>Sehingga dari dua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah ialah sebuah ilmu yang disusun dari hasil penyelidikan-penyelidikan mengenai peristiwa masa lalu yang benar-benar terjadi dan berisi segala kegiatan manusia. Konsep yang berkaitan dengan sejarah ialah perubahan. Kajian sejarah ialah masyarakat yang selalu bergerak dan berubah. Dalam konsep ini mempunyai maksud bahwa kejadian atau kondisi yang berubah. Manusia senantiasa tumbuh dan berkembang dari lahir sanpai dewasa. Adapun contoh dari konsep perubahan dan keberlanjutan dari sejarah kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara adalah adanya perubahan yang terjadi mengenai pengetahuan masyarakat mengenai komoditas ekspor seperti rempah-rempah.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, konsep perubahan dalam sejarah merujuk kepada kondisi atau kejadian dari kehidupan manusia yang selalu berubah, dan senantiasa tumbuh dan berkembang.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu ya 😊</p>

Konsep perubahan dalam sejarah merujuk kepada kondisi atau kejadian dari kehidupan manusia yang selalu berubah, dan senantiasa tumbuh dan berkembang.

 

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

 

Secara etimologi, kata sejarah berasal dari Bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon. Pohon disini yakni sebagai simbol kehidupan yaitu dari akar hingga daunnya yang saling berkaitan. Seperti layaknya pohon, sejarah pada setiap peristiwanya berkaitan dan memengaruhi masa yang akan datang. Hal itu juga memberikan definisi yang merujuk kepada silsilah terutama silsilah raja atau dinasti pada masa lalu. Secara terminologis, beberapa pengertian dikemukakan oleh para ahli diantaranya ialah Ibnu Khaldun yang menyatakan bahwa sejarah ialah sebagai catatan tentang manusia dan peradabannya. Lalu R.G Collingwood mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa yang lampau.

 

Sehingga dari dua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah ialah sebuah ilmu yang disusun dari hasil penyelidikan-penyelidikan mengenai peristiwa masa lalu yang benar-benar terjadi dan berisi segala kegiatan manusia. Konsep yang berkaitan dengan sejarah ialah perubahan. Kajian sejarah ialah masyarakat yang selalu bergerak dan berubah. Dalam konsep ini mempunyai maksud bahwa kejadian atau kondisi yang berubah. Manusia senantiasa tumbuh dan berkembang dari lahir sanpai dewasa. Adapun contoh dari konsep perubahan dan keberlanjutan dari sejarah kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara adalah adanya perubahan yang terjadi mengenai pengetahuan masyarakat mengenai komoditas ekspor seperti rempah-rempah.

 

Dengan demikian, konsep perubahan dalam sejarah merujuk kepada kondisi atau kejadian dari kehidupan manusia yang selalu berubah, dan senantiasa tumbuh dan berkembang.

 

Semoga membantu ya 😊


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

483

0.0

Jawaban terverifikasi