Queenzaa N

13 Maret 2024 14:39

Iklan

Iklan

Queenzaa N

13 Maret 2024 14:39

Pertanyaan

Jelaskan jenis jenis kegiatan perluasan produksi! Tolong dijawab ya teman teman,, 😁


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

13 Maret 2024 23:37

Jawaban terverifikasi

<p>Perluasan produksi dapat ditempuh dengan beberapa cara yaitu :</p><ol><li><strong>Ekstensifikasi</strong> yaitu perluasan produksi yang dilakukan dengan menambah faktor-faktor produksi, baik alam, tanah, tenaga kerja maupun modal.</li><li><strong>Intensifikasi </strong>yaitu perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan produksi/produktivitas masing-masing faktor produksi tanpa menambah jumlahnya.</li><li><strong>Spesialisasi </strong>yaitu usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pembagian kerja sesuai tingkat keahlian tenaga kerja.</li><li><strong>Diversifikasi</strong> yaitu usaha peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui penganekaragaman produk.</li><li><strong>Otomatisasi </strong>yaitu usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pemakaian mesin atau peralatan canggih dan modern.</li></ol>

Perluasan produksi dapat ditempuh dengan beberapa cara yaitu :

  1. Ekstensifikasi yaitu perluasan produksi yang dilakukan dengan menambah faktor-faktor produksi, baik alam, tanah, tenaga kerja maupun modal.
  2. Intensifikasi yaitu perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan produksi/produktivitas masing-masing faktor produksi tanpa menambah jumlahnya.
  3. Spesialisasi yaitu usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pembagian kerja sesuai tingkat keahlian tenaga kerja.
  4. Diversifikasi yaitu usaha peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui penganekaragaman produk.
  5. Otomatisasi yaitu usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pemakaian mesin atau peralatan canggih dan modern.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:05

Jawaban terverifikasi

<p>Perluasan produksi adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka, baik dalam jumlah maupun variasi produk, guna memenuhi permintaan pasar yang meningkat atau untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan. Berikut adalah beberapa jenis kegiatan perluasan produksi yang umum dilakukan:</p><p><strong>Penambahan Fasilitas Produksi:</strong> Perusahaan dapat melakukan ekspansi fisik dengan membangun pabrik baru, pabrik tambahan, atau memperluas fasilitas produksi yang sudah ada. Ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi secara keseluruhan.</p><p><strong>Penambahan Mesin dan Peralatan:</strong> Investasi dalam mesin dan peralatan baru dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi dan meningkatkan kapasitas produksi. Misalnya, perusahaan dapat membeli mesin otomatis atau teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas.</p><p><strong>Penambahan Tenaga Kerja:</strong> Meningkatkan jumlah tenaga kerja atau keterampilan tenaga kerja dapat membantu meningkatkan kapasitas produksi. Perusahaan dapat merekrut lebih banyak karyawan atau memberikan pelatihan kepada karyawan yang ada untuk meningkatkan efisiensi produksi.</p><p><strong>Diversifikasi Produk:</strong> Perusahaan dapat memperluas lini produk mereka dengan menambahkan produk baru atau varian produk yang berbeda. Diversifikasi produk dapat membantu perusahaan menjangkau pasar yang lebih luas atau memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.</p><p><strong>Ekspansi Geografis:</strong> Perusahaan dapat memperluas kehadirannya geografis dengan membuka cabang baru, kantor penjualan, atau fasilitas distribusi di wilayah baru. Ini membantu perusahaan mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.</p><p><strong>Aliansi Strategis atau Akuisisi:</strong> Melalui aliansi strategis dengan perusahaan lain atau akuisisi perusahaan lain, perusahaan dapat memperluas kapasitas produksi mereka secara signifikan. Ini dapat meliputi pengambilalihan perusahaan pesaing, atau kemitraan dengan perusahaan lain untuk berbagi sumber daya dan teknologi.</p><p><strong>Inovasi Produk atau Proses:</strong> Inovasi dalam produk atau proses produksi dapat membantu perusahaan meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi. Ini dapat meliputi pengembangan produk baru yang lebih efisien atau proses produksi yang lebih cepat.</p><p><br>&nbsp;</p>

Perluasan produksi adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka, baik dalam jumlah maupun variasi produk, guna memenuhi permintaan pasar yang meningkat atau untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan. Berikut adalah beberapa jenis kegiatan perluasan produksi yang umum dilakukan:

Penambahan Fasilitas Produksi: Perusahaan dapat melakukan ekspansi fisik dengan membangun pabrik baru, pabrik tambahan, atau memperluas fasilitas produksi yang sudah ada. Ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi secara keseluruhan.

Penambahan Mesin dan Peralatan: Investasi dalam mesin dan peralatan baru dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi dan meningkatkan kapasitas produksi. Misalnya, perusahaan dapat membeli mesin otomatis atau teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas.

Penambahan Tenaga Kerja: Meningkatkan jumlah tenaga kerja atau keterampilan tenaga kerja dapat membantu meningkatkan kapasitas produksi. Perusahaan dapat merekrut lebih banyak karyawan atau memberikan pelatihan kepada karyawan yang ada untuk meningkatkan efisiensi produksi.

Diversifikasi Produk: Perusahaan dapat memperluas lini produk mereka dengan menambahkan produk baru atau varian produk yang berbeda. Diversifikasi produk dapat membantu perusahaan menjangkau pasar yang lebih luas atau memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.

Ekspansi Geografis: Perusahaan dapat memperluas kehadirannya geografis dengan membuka cabang baru, kantor penjualan, atau fasilitas distribusi di wilayah baru. Ini membantu perusahaan mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Aliansi Strategis atau Akuisisi: Melalui aliansi strategis dengan perusahaan lain atau akuisisi perusahaan lain, perusahaan dapat memperluas kapasitas produksi mereka secara signifikan. Ini dapat meliputi pengambilalihan perusahaan pesaing, atau kemitraan dengan perusahaan lain untuk berbagi sumber daya dan teknologi.

Inovasi Produk atau Proses: Inovasi dalam produk atau proses produksi dapat membantu perusahaan meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi. Ini dapat meliputi pengembangan produk baru yang lebih efisien atau proses produksi yang lebih cepat.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Haii semua nya dan kakak2 aku mau nanya dong , terkait pengertian Totenisme dan Soletisme mohon dijawab yaaa

33

5.0

Jawaban terverifikasi