Elsa E

28 Januari 2023 08:37

Iklan

Iklan

Elsa E

28 Januari 2023 08:37

Pertanyaan

Jelaskan dampak agresi militer belanda II

Jelaskan dampak agresi militer belanda II


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

11 Januari 2024 01:02

Jawaban terverifikasi

Agresi Militer II Belanda terjadi pada tahun 1948-1949 dan memiliki beberapa dampak penting terhadap Indonesia. Penjelasan: 1. Salah satu dampak yang paling signifikan adalah berakhirnya pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta. Pada tanggal 19 Desember 1948, Belanda berhasil menduduki Yogyakarta dan menangkap Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta, dan beberapa pejabat lainnya. Ini berarti pemerintahan Republik Indonesia secara de facto berakhir. 2. Agresi Militer II Belanda juga memicu perlawanan dari rakyat dan tentara Indonesia. Meski pemerintahan Republik Indonesia berakhir, perlawanan terhadap Belanda justru semakin membara. Peristiwa ini dikenal sebagai Perang Gerilya. 3. Dampak lainnya adalah meningkatnya dukungan internasional terhadap Indonesia. Agresi Militer II Belanda mendapat kecaman dari berbagai negara di dunia, termasuk dari anggota PBB. Hal ini membantu Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya di kancah internasional. Kesimpulan: Dampak dari Agresi Militer II Belanda meliputi berakhirnya pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta, meningkatnya perlawanan rakyat dan tentara Indonesia, serta meningkatnya dukungan internasional terhadap Indonesia.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

11 Januari 2024 23:44

Jawaban terverifikasi

<p>Agresi Militer Belanda II memiliki dampak yang besar bagi Indonesia dan Belanda. Berikut adalah beberapa dampak dari Agresi Militer Belanda II.</p><ol><li>Indonesia kehilangan ibu kota dan para pemimpinnya yang ditangkap oleh Belanda.</li><li>Indonesia mengalami krisis politik dan ekonomi akibat serangan Belanda.</li><li>Terjadinya banyak korban tewas dari pihak TNI, termasuk warga sipil.</li><li>Semangat perlawanan rakyat Indonesia semakin meningkat.</li><li>Belanda mendapatkan kecaman internasional karena terus menerus menyerang Indonesia.</li><li>Belanda mengalami kerugian militer dan finansial akibat Agresi Militer Belanda II.</li><li>Agresi Militer Belanda II menjadi tonggak lahirnya pemerintahan Orde Baru di Indonesia.</li></ol><p>Dampak dari Agresi Militer Belanda II sangat signifikan dalam sejarah Indonesia, karena menjadi awal dari berakhirnya pemerintahan Orde Lama dan dimulainya pemerintahan Orde Baru di Indonesia.</p>

Agresi Militer Belanda II memiliki dampak yang besar bagi Indonesia dan Belanda. Berikut adalah beberapa dampak dari Agresi Militer Belanda II.

  1. Indonesia kehilangan ibu kota dan para pemimpinnya yang ditangkap oleh Belanda.
  2. Indonesia mengalami krisis politik dan ekonomi akibat serangan Belanda.
  3. Terjadinya banyak korban tewas dari pihak TNI, termasuk warga sipil.
  4. Semangat perlawanan rakyat Indonesia semakin meningkat.
  5. Belanda mendapatkan kecaman internasional karena terus menerus menyerang Indonesia.
  6. Belanda mengalami kerugian militer dan finansial akibat Agresi Militer Belanda II.
  7. Agresi Militer Belanda II menjadi tonggak lahirnya pemerintahan Orde Baru di Indonesia.

Dampak dari Agresi Militer Belanda II sangat signifikan dalam sejarah Indonesia, karena menjadi awal dari berakhirnya pemerintahan Orde Lama dan dimulainya pemerintahan Orde Baru di Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

33

5.0

Jawaban terverifikasi