Cinta C

04 Mei 2024 06:17

Iklan

Iklan

Cinta C

04 Mei 2024 06:17

Pertanyaan

jelaskan bagaimana perbedaan permainan tradisional dengan zaman teknologi !

jelaskan bagaimana perbedaan permainan tradisional dengan zaman teknologi !


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 00:56

Jawaban terverifikasi

<p>Permainan tradisional dan permainan zaman teknologi memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam beberapa aspek. Berikut adalah beberapa perbedaan utama:</p><p><strong>Media dan Alat</strong>: Permainan tradisional umumnya menggunakan media atau alat yang sederhana dan mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal, seperti batu, bambu, atau kain. Sementara itu, permainan zaman teknologi menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, konsol game, atau ponsel pintar sebagai media utama.</p><p><strong>Interaksi Sosial</strong>: Permainan tradisional seringkali melibatkan interaksi langsung antar pemain di lingkungan lokal, mempromosikan hubungan sosial dan komunikasi tatap muka. Di sisi lain, permainan zaman teknologi seringkali dimainkan sendiri atau melalui jaringan internet, yang mungkin mengurangi interaksi sosial langsung antara pemain.</p><p><strong>Kreativitas dan Imajinasi</strong>: Permainan tradisional sering kali mengandalkan kreativitas dan imajinasi pemain untuk membuat aturan atau skenario permainan. Sebaliknya, permainan zaman teknologi sering memiliki aturan yang sudah ditetapkan dan grafis yang canggih, mungkin mengurangi ruang untuk kreativitas pemain.</p><p><strong>Aktivitas Fisik</strong>: Sebagian besar permainan tradisional melibatkan gerakan fisik yang aktif, seperti berlari, melompat, atau melempar. Di sisi lain, permainan zaman teknologi seringkali bersifat lebih pasif, di mana pemain duduk atau berdiri diam sambil mengendalikan karakter dalam permainan.</p><p><strong>Pendidikan dan Pembelajaran</strong>: Permainan tradisional sering memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam permainannya, seperti kerjasama tim, strategi, atau keterampilan motorik. Sementara itu, permainan zaman teknologi juga dapat memiliki elemen pendidikan, tetapi terkadang lebih berfokus pada hiburan atau pemecahan masalah yang lebih langsung.</p><p><br>&nbsp;</p>

Permainan tradisional dan permainan zaman teknologi memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam beberapa aspek. Berikut adalah beberapa perbedaan utama:

Media dan Alat: Permainan tradisional umumnya menggunakan media atau alat yang sederhana dan mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal, seperti batu, bambu, atau kain. Sementara itu, permainan zaman teknologi menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, konsol game, atau ponsel pintar sebagai media utama.

Interaksi Sosial: Permainan tradisional seringkali melibatkan interaksi langsung antar pemain di lingkungan lokal, mempromosikan hubungan sosial dan komunikasi tatap muka. Di sisi lain, permainan zaman teknologi seringkali dimainkan sendiri atau melalui jaringan internet, yang mungkin mengurangi interaksi sosial langsung antara pemain.

Kreativitas dan Imajinasi: Permainan tradisional sering kali mengandalkan kreativitas dan imajinasi pemain untuk membuat aturan atau skenario permainan. Sebaliknya, permainan zaman teknologi sering memiliki aturan yang sudah ditetapkan dan grafis yang canggih, mungkin mengurangi ruang untuk kreativitas pemain.

Aktivitas Fisik: Sebagian besar permainan tradisional melibatkan gerakan fisik yang aktif, seperti berlari, melompat, atau melempar. Di sisi lain, permainan zaman teknologi seringkali bersifat lebih pasif, di mana pemain duduk atau berdiri diam sambil mengendalikan karakter dalam permainan.

Pendidikan dan Pembelajaran: Permainan tradisional sering memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam permainannya, seperti kerjasama tim, strategi, atau keterampilan motorik. Sementara itu, permainan zaman teknologi juga dapat memiliki elemen pendidikan, tetapi terkadang lebih berfokus pada hiburan atau pemecahan masalah yang lebih langsung.


 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

05 Mei 2024 02:19

Jawaban terverifikasi

1. Interaksi - Permainan tradisional: Melibatkan interaksi fisik dan sosial secara langsung antara pemain. Pemain berinteraksi dan bergerak bersama-sama. - Permainan teknologi: Melibatkan interaksi digital dan seringkali bersifat individual. Pemain berinteraksi melalui perangkat digital seperti komputer, smartphone, atau konsol game. 2. Keterampilan yang dibutuhkan - Permainan tradisional: Membutuhkan keterampilan fisik, strategi, dan kerjasama tim. - Permainan teknologi: Membutuhkan keterampilan digital, strategi, dan kemampuan beradaptasi dengan kontrol digital. 3. Lingkungan bermain - Permainan tradisional: Biasanya dimainkan di luar ruangan atau di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah, lapangan, atau taman. - Permainan teknologi: Biasanya dimainkan di dalam ruangan, di depan layar perangkat digital. 4. Sosial - Permainan tradisional: Mendorong interaksi sosial dan kerjasama antar pemain. - Permainan teknologi: Seringkali bersifat individual, meskipun ada juga permainan teknologi yang memungkinkan interaksi sosial online. 5. Efek pada pemain - Permainan tradisional: Dapat meningkatkan aktivitas fisik, keterampilan sosial, dan kreativitas. - Permainan teknologi: Dapat meningkatkan keterampilan digital, namun juga dapat menyebabkan masalah seperti kecanduan dan kurangnya aktivitas fisik. Secara umum, permainan tradisional lebih menekankan pada interaksi fisik dan sosial, sedangkan permainan teknologi lebih menekankan pada interaksi digital dan individual. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan keduanya dapat memberikan manfaat bagi pemain jika digunakan dengan seimbang.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan

3

0.0

Jawaban terverifikasi