Nur I

27 Februari 2024 13:44

Iklan

Iklan

Nur I

27 Februari 2024 13:44

Pertanyaan

jelaskan arti politik luar negeri Indonesia bebas aktif Tolong di jawab dengan. Benar ya. Jawaban jika panjang tolong di simpul kan!

 

jelaskan arti politik luar negeri Indonesia bebas aktif

 

 

Tolong di jawab dengan. Benar ya. Jawaban jika panjang tolong di simpul kan!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Februari 2024 13:56

Jawaban terverifikasi

<p>Yang dimaksud dengan "bebas aktif" adalah politik luar negeri yang pada hakikatnya bukan merupakan politik netral, melainkan politik luar negeri yang bebas menentukan sikap dan kebijaksanaan terhadap permasalahan internasional dan tidak mengikatkan diri secara apriori pada satu kekuatan dunia serta secara aktif memberikan sumbangan, baik dalam bentuk pemikiran maupun partisipasi aktif dalam menyelesaikan konflik, sengketa dan permasalahan dunia lainnya, demi terwujudnya ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.</p>

Yang dimaksud dengan "bebas aktif" adalah politik luar negeri yang pada hakikatnya bukan merupakan politik netral, melainkan politik luar negeri yang bebas menentukan sikap dan kebijaksanaan terhadap permasalahan internasional dan tidak mengikatkan diri secara apriori pada satu kekuatan dunia serta secara aktif memberikan sumbangan, baik dalam bentuk pemikiran maupun partisipasi aktif dalam menyelesaikan konflik, sengketa dan permasalahan dunia lainnya, demi terwujudnya ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

27 Februari 2024 21:00

Jawaban terverifikasi

<p>Kebijakan politik luar negeri "Bebas Aktif" adalah pendekatan yang diadopsi oleh Indonesia. Artinya, Indonesia berusaha untuk tetap netral dan independen dalam hubungan internasional, sambil tetap aktif terlibat dalam isu-isu global. Prinsip ini menekankan pada kerjasama internasional, perdamaian, dan dialog sebagai cara untuk memecahkan konflik, sambil mempertahankan kebebasan untuk menentukan kebijakan nasional tanpa campur tangan asing secara berlebihan. Ini memungkinkan Indonesia untuk menjalin hubungan dengan berbagai negara dan kelompok tanpa terikat pada blok politik tertentu.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Kebijakan politik luar negeri "Bebas Aktif" adalah pendekatan yang diadopsi oleh Indonesia. Artinya, Indonesia berusaha untuk tetap netral dan independen dalam hubungan internasional, sambil tetap aktif terlibat dalam isu-isu global. Prinsip ini menekankan pada kerjasama internasional, perdamaian, dan dialog sebagai cara untuk memecahkan konflik, sambil mempertahankan kebebasan untuk menentukan kebijakan nasional tanpa campur tangan asing secara berlebihan. Ini memungkinkan Indonesia untuk menjalin hubungan dengan berbagai negara dan kelompok tanpa terikat pada blok politik tertentu.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sejak awal kemerdekaan, Indonesia telah menanamkan landasan politik luar negeri dengan mengeluarkan maklumat politik pemerintah tanggal 1 November 1945. Sebutkan dan jelaskan isi maklumat tersebut terkait dengan politik luar negeri!

6

4.0

Jawaban terverifikasi