Naufal A

22 Februari 2024 13:07

Iklan

Iklan

Naufal A

22 Februari 2024 13:07

Pertanyaan

jelaskan apakah yang dimaksud dengan energi kelautan

jelaskan apakah yang dimaksud dengan energi kelautan


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Community

22 Februari 2024 14:38

Jawaban terverifikasi

<p><br>Energi kelautan merujuk pada potensi energi yang dapat dihasilkan atau dimanfaatkan dari laut atau sumber daya laut. Laut memiliki beragam sumber daya energi yang dapat dikonversi menjadi energi listrik atau energi lainnya. Beberapa bentuk energi kelautan yang umumnya dikaji dan dimanfaatkan meliputi:</p><p><strong>Energi Ombak (Wave Energy):</strong></p><ul><li>Energi ombak dihasilkan oleh gerakan gelombang laut. Teknologi yang dapat menangkap dan mengkonversi energi ombak menjadi energi listrik sedang dikembangkan, termasuk pemanfaatan alat pengerak yang bergerak mengikuti pergerakan ombak.</li></ul><p><strong>Energi Pasang Surut (Tidal Energy):</strong></p><ul><li>Energi pasang surut berasal dari perubahan pasang surut laut yang terjadi akibat gaya tarik bulan dan matahari. Teknologi turbin pasang surut dapat digunakan untuk mengkonversi energi pasang surut menjadi energi listrik.</li></ul><p><strong>Energi Arus Laut (Ocean Current Energy):</strong></p><ul><li>Arus laut yang bergerak dapat menghasilkan energi jika dimanfaatkan dengan turbin arus laut. Turbin ini dapat ditempatkan di wilayah dengan arus laut yang kuat untuk menghasilkan energi kinetik dan mengubahnya menjadi energi listrik.</li></ul><p><strong>Energi Panas Bumi Laut (Ocean Thermal Energy):</strong></p><ul><li>Energi panas bumi laut memanfaatkan perbedaan suhu antara permukaan laut dan lapisan air yang lebih dalam untuk menghasilkan energi. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan penukar panas dan mesin turbin.</li></ul><p><strong>Energi Angin Laut (Offshore Wind Energy):</strong></p><ul><li>Meskipun bukan energi laut secara langsung, energi angin laut merupakan bentuk energi terbarukan yang dihasilkan dari angin yang bertiup di atas permukaan laut. Turbin angin laut dipasang di lepas pantai untuk menangkap energi angin dan menghasilkan listrik.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>


Energi kelautan merujuk pada potensi energi yang dapat dihasilkan atau dimanfaatkan dari laut atau sumber daya laut. Laut memiliki beragam sumber daya energi yang dapat dikonversi menjadi energi listrik atau energi lainnya. Beberapa bentuk energi kelautan yang umumnya dikaji dan dimanfaatkan meliputi:

Energi Ombak (Wave Energy):

  • Energi ombak dihasilkan oleh gerakan gelombang laut. Teknologi yang dapat menangkap dan mengkonversi energi ombak menjadi energi listrik sedang dikembangkan, termasuk pemanfaatan alat pengerak yang bergerak mengikuti pergerakan ombak.

Energi Pasang Surut (Tidal Energy):

  • Energi pasang surut berasal dari perubahan pasang surut laut yang terjadi akibat gaya tarik bulan dan matahari. Teknologi turbin pasang surut dapat digunakan untuk mengkonversi energi pasang surut menjadi energi listrik.

Energi Arus Laut (Ocean Current Energy):

  • Arus laut yang bergerak dapat menghasilkan energi jika dimanfaatkan dengan turbin arus laut. Turbin ini dapat ditempatkan di wilayah dengan arus laut yang kuat untuk menghasilkan energi kinetik dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Energi Panas Bumi Laut (Ocean Thermal Energy):

  • Energi panas bumi laut memanfaatkan perbedaan suhu antara permukaan laut dan lapisan air yang lebih dalam untuk menghasilkan energi. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan penukar panas dan mesin turbin.

Energi Angin Laut (Offshore Wind Energy):

  • Meskipun bukan energi laut secara langsung, energi angin laut merupakan bentuk energi terbarukan yang dihasilkan dari angin yang bertiup di atas permukaan laut. Turbin angin laut dipasang di lepas pantai untuk menangkap energi angin dan menghasilkan listrik.


 


Iklan

Iklan

Amethyst A

22 Februari 2024 14:40

Jawaban terverifikasi

<p>energi kelautan yaitu hasil dari aktivitas laut yang bisa dimanfaatkan untuk konversi energi</p>

energi kelautan yaitu hasil dari aktivitas laut yang bisa dimanfaatkan untuk konversi energi


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Penampilan VOC berubah dari sebuah kongsi dagang menjadi sebuah badan yang seolah-olah berdaulat dan bisa memerintah karena . . . . * pejabat kolonial banyak yang berasal dari penguasa local hubungan antara para pejabat kolonial dengan penguasa lokal terlanjur akrab penguasa lokal memanfaatkan diri untuk menjadi pejabat colonial hak dan wewenang yang dimiliki memang memungkinkan untuk itu

8

5.0

Jawaban terverifikasi