Ana J

12 Maret 2024 10:56

Iklan

Iklan

Ana J

12 Maret 2024 10:56

Pertanyaan

Jelaskan 3 tujuan amandemen UUD NRI Tahun 1945!

Jelaskan 3 tujuan amandemen UUD NRI Tahun 1945!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

NANDANA D

12 Maret 2024 15:18

Jawaban terverifikasi

Berikut adalah tiga tujuan dari Amandemen UUD NRI Tahun 1945: 1. Memperjelas hukum-hukum yang terkandung di dalamnya. Amandemen ini bertujuan untuk membuat hukum lebih jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat . 2. Menyempurnakan aturan dasar yang mencakup tatanan negara, kedaulatan rakyat, HAM, pembagian kekuasaan, serta eksistensi negara demokrasi dan hukum. Dengan kata lain, amandemen ini bertujuan untuk memperkuat struktur hukum dan demokrasi di Indonesia. 3. Menyempurnakan beberapa aturan dasar yang berkaitan dengan tatanan negara dalam rangka untuk mencapai tujuan nasional yang telah tercantum dalam Alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945. Ini berarti bahwa amandemen ini juga bertujuan untuk membantu Indonesia mencapai tujuan-tujuan nasionalnya. Semoga bermanfaat:)


Ana J

12 Maret 2024 23:56

thank u kaa!

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Maret 2024 00:43

Jawaban terverifikasi

<p><br>Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) bertujuan untuk memperbarui, mengoreksi, dan meningkatkan ketentuan-ketentuan dalam konstitusi yang sudah ada sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Berikut adalah tiga tujuan umum dari amandemen UUD NRI Tahun 1945:</p><p><strong>Mengakomodasi Perubahan Sosial dan Politik</strong>: Salah satu tujuan utama amandemen UUD 1945 adalah untuk mengakomodasi perubahan sosial dan politik yang terjadi di Indonesia sejak konstitusi tersebut pertama kali disahkan. Dengan melalui amandemen, konstitusi dapat disesuaikan dengan perkembangan masyarakat, nilai-nilai, dan tuntutan zaman yang berubah.</p><p><strong>Memperbaiki Kekurangan dan Keterbatasan</strong>: Amandemen UUD 1945 juga bertujuan untuk memperbaiki kekurangan atau keterbatasan yang ditemukan dalam penerapan konstitusi sebelumnya. Hal ini bisa meliputi penyempurnaan dalam struktur pemerintahan, sistem politik, perlindungan hak asasi manusia, pembagian kekuasaan, atau aspek-aspek lain yang dianggap perlu diperbaiki.</p><p><strong>Meningkatkan Keberlanjutan dan Keberdayaan Negara</strong>: Tujuan amandemen UUD 1945 juga termasuk dalam upaya untuk meningkatkan keberlanjutan dan keberdayaan negara dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terus menerus. Dengan memperkuat dasar hukum negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, serta memperkuat prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan, diharapkan negara dapat berfungsi lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.</p>


Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) bertujuan untuk memperbarui, mengoreksi, dan meningkatkan ketentuan-ketentuan dalam konstitusi yang sudah ada sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Berikut adalah tiga tujuan umum dari amandemen UUD NRI Tahun 1945:

Mengakomodasi Perubahan Sosial dan Politik: Salah satu tujuan utama amandemen UUD 1945 adalah untuk mengakomodasi perubahan sosial dan politik yang terjadi di Indonesia sejak konstitusi tersebut pertama kali disahkan. Dengan melalui amandemen, konstitusi dapat disesuaikan dengan perkembangan masyarakat, nilai-nilai, dan tuntutan zaman yang berubah.

Memperbaiki Kekurangan dan Keterbatasan: Amandemen UUD 1945 juga bertujuan untuk memperbaiki kekurangan atau keterbatasan yang ditemukan dalam penerapan konstitusi sebelumnya. Hal ini bisa meliputi penyempurnaan dalam struktur pemerintahan, sistem politik, perlindungan hak asasi manusia, pembagian kekuasaan, atau aspek-aspek lain yang dianggap perlu diperbaiki.

Meningkatkan Keberlanjutan dan Keberdayaan Negara: Tujuan amandemen UUD 1945 juga termasuk dalam upaya untuk meningkatkan keberlanjutan dan keberdayaan negara dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terus menerus. Dengan memperkuat dasar hukum negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, serta memperkuat prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan, diharapkan negara dapat berfungsi lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan Pancasila

4

5.0

Jawaban terverifikasi