Ahmad W

20 Januari 2022 19:35

Iklan

Iklan

Ahmad W

20 Januari 2022 19:35

Pertanyaan

Jelasakan keterhubungan antar kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Nusantara!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

G. Fitri

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

04 Oktober 2022 07:05

Jawaban terverifikasi

<p>Keterhubungan antar kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Nusantara adalah adanya perdagangan, pernikahan politik, dan akibat saling melumpuhkan kerajaan lainnya.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Kerajaan Hindu dan Buddha merupakan perkembangan dari sejarah peradaban bangsa Indonesia. Periode tersebut didominasi oleh kebudayaan-kebudayaan Hindu serta Buddha yang merasuk kedalam masyarakat Nusantara. Adapun kerajaan-kerajaan tersebut ialah Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram Kuno, Majapahit, Singasari, dsb. Dari banyaknya kerajaan tersebut terdapat keterhubungan yakni ditandi dengan adanya hubungan perdagangan, pernikahan politik atau akibat saling bersaing dan kemudian saling menyerang satu sama lainnya.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, keterhubungan antar kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Nusantara adalah adanya perdagangan, pernikahan politik, dan akibat saling melumpuhkan kerajaan lainnya. &nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu ya 😊</p>

Keterhubungan antar kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Nusantara adalah adanya perdagangan, pernikahan politik, dan akibat saling melumpuhkan kerajaan lainnya.

 

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

 

Kerajaan Hindu dan Buddha merupakan perkembangan dari sejarah peradaban bangsa Indonesia. Periode tersebut didominasi oleh kebudayaan-kebudayaan Hindu serta Buddha yang merasuk kedalam masyarakat Nusantara. Adapun kerajaan-kerajaan tersebut ialah Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram Kuno, Majapahit, Singasari, dsb. Dari banyaknya kerajaan tersebut terdapat keterhubungan yakni ditandi dengan adanya hubungan perdagangan, pernikahan politik atau akibat saling bersaing dan kemudian saling menyerang satu sama lainnya.

 

Dengan demikian, keterhubungan antar kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Nusantara adalah adanya perdagangan, pernikahan politik, dan akibat saling melumpuhkan kerajaan lainnya.  

 

Semoga membantu ya 😊


Iklan

Iklan

Martin H

07 Desember 2023 12:36

Mengapa nilai nilai sumpah pemuda sangat penting


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi