Haniyah I

21 Agustus 2023 15:30

Iklan

Iklan

Haniyah I

21 Agustus 2023 15:30

Pertanyaan

imperialisme modern muncul setelah terjadinya revolusi industri di Eropa karena bertujuan


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 23:49

Jawaban terverifikasi

Imperialisme modern muncul setelah terjadinya revolusi industri di Eropa karena bertujuan untuk memperoleh sumber daya alam, pasar baru, dan keuntungan ekonomi. Revolusi industri menghasilkan kemajuan dalam teknologi, produksi massal, dan transportasi, yang memberikan negara-negara Eropa keunggulan dalam mengeksploitasi dan mengendalikan wilayah-wilayah di luar negeri. Seiring dengan perkembangan revolusi industri, negara-negara Eropa yang maju mencari cara untuk mengamankan pasokan bahan baku yang diperlukan untuk industri mereka. Mereka juga mencari peluang baru untuk menjual produk-produk manufaktur yang dihasilkan secara massal. Inilah yang mendorong munculnya imperialisme modern, di mana negara-negara Eropa berusaha untuk memperluas wilayah kolonial mereka di berbagai belahan dunia. Tujuan-tujuan imperialisme modern antara lain: Pengendalian Sumber Daya: Negara-negara Eropa ingin mengamankan sumber daya alam seperti bijih besi, karet, minyak, dan lainnya yang diperlukan untuk industri dan produksi. Pembukaan Pasar Baru: Dengan mendirikan koloni atau mempengaruhi wilayah-wilayah di dunia lain, negara-negara Eropa dapat membuka pasar baru untuk produk-produk mereka. Ini juga membantu menciptakan permintaan yang lebih besar untuk produk-produk industri. Ekspansi Ekonomi: Imperialisme membantu negara-negara Eropa mengembangkan ekonomi mereka dengan mengambil keuntungan dari eksploitasi sumber daya dan tenaga kerja di wilayah jajahan. Keuntungan Politik dan Militer: Kendali atas wilayah kolonial memberikan keuntungan politik dan militer, termasuk pangkalan militer strategis dan pengaruh politik di skala global. Prestise Nasional: Ekspansi wilayah kolonial juga sering kali dianggap sebagai tanda kekuatan dan prestise nasional. Penyebaran Budaya dan Agama: Negara-negara imperialis sering kali juga mencoba memengaruhi budaya, agama, dan nilai-nilai mereka ke wilayah-wilayah jajahan. Namun, perlu diingat bahwa imperialisme modern juga memicu konflik dan penindasan di banyak wilayah dunia, serta merusak hubungan antara bangsa-bangsa yang dikuasai dan bangsa penjajah.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 00:13

Jawaban terverifikasi

Imperialisme modern muncul setelah terjadinya revolusi industri di Eropa dengan tujuan utama untuk memperluas kekuasaan politik, ekonomi, dan budaya negara-negara imperialis ke wilayah-wilayah di luar negeri. Revolusi industri memberikan kekuatan ekonomi dan teknologi yang besar kepada negara-negara Eropa, yang kemudian digunakan untuk menguasai dan mengendalikan wilayah-wilayah baru di seluruh dunia. Salah satu tujuan imperialisme modern adalah untuk mendapatkan sumber daya alam yang melimpah di wilayah jajahan. Negara-negara imperialis ingin menguasai sumber daya seperti bijih besi, batu bara, minyak, dan hasil alam lainnya untuk mendukung pertumbuhan industri mereka. Selain itu, mereka juga ingin menguasai pasar baru untuk menjual produk-produk industri mereka. Selain aspek ekonomi, imperialisme modern juga memiliki tujuan politik dan strategis. Negara-negara imperialis ingin memperluas pengaruh politik mereka dan memperoleh kekuatan militer di wilayah-wilayah jajahan. Hal ini dapat memberikan keuntungan dalam persaingan geopolitik antara negara-negara imperialis. Selain itu, imperialisme modern juga memiliki tujuan budaya. Negara-negara imperialis ingin memperluas pengaruh budaya mereka ke wilayah-wilayah jajahan. Mereka ingin memperkenalkan bahasa, agama, sistem pendidikan, dan nilai-nilai budaya mereka kepada masyarakat di wilayah jajahan. Namun, imperialisme modern juga sering kali dihadapi dengan perlawanan dan konflik dari masyarakat di wilayah jajahan yang ingin mempertahankan kemerdekaan dan identitas budaya mereka. Perlawanan terhadap imperialisme modern sering kali menjadi bagian dari gerakan nasionalisme dan perjuangan untuk kemerdekaan. Dalam kesimpulannya, imperialisme modern muncul setelah revolusi industri di Eropa dengan tujuan untuk memperluas kekuasaan politik, ekonomi, dan budaya negara-negara imperialis ke wilayah-wilayah di luar negeri. Tujuan ini meliputi penguasaan sumber daya alam, pengaruh politik dan strategis, serta penyebaran budaya negara imperialis. Namun, imperialisme juga sering kali dihadapi dengan perlawanan dan konflik dari masyarakat di wilayah jajahan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi