I'M M

16 April 2024 09:58

Iklan

Iklan

I'M M

16 April 2024 09:58

Pertanyaan

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. Tujuan Negara Republik Indonesia telah ditetapkan secara tegas dan jelas dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 pada alinea IV. Sebutkan tujuan negara tersebut! 2. Kebulatan tekad untuk terus menguatkan persatuan Indonesia dipertegas dalam Ikra Sumpah Pemuda yang dilangsungkan pada Kongres Pemuda kedua tanggal 28 Oktober 1928. Tuliskan isi Sumpah Pemuda tersebut! 3. Salah satu prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan adalah prinsip kebebasan yang bertanggung jawab. Tuliskan 3 perbuatan kalian di sekolah yang mencerminkan prinsip tersebut! 4. Sebutkan 3 contoh perilaku yang mencerminkan penyelesaian keberagaman di lingkungan bangsa dan negara! 5. Jelaskan keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara menurut Undang-lintang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara !

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Tujuan Negara Republik Indonesia telah ditetapkan secara tegas dan jelas dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 pada alinea IV. Sebutkan tujuan negara tersebut! 

2. Kebulatan tekad untuk terus menguatkan persatuan Indonesia dipertegas dalam Ikra Sumpah Pemuda yang dilangsungkan pada Kongres Pemuda kedua tanggal 28 Oktober 1928. Tuliskan isi Sumpah Pemuda tersebut! 

3. Salah satu prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan adalah prinsip kebebasan yang bertanggung jawab. Tuliskan 3 perbuatan kalian di sekolah yang mencerminkan prinsip tersebut! 

4. Sebutkan 3 contoh perilaku yang mencerminkan penyelesaian keberagaman di lingkungan bangsa dan negara! 

5. Jelaskan keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara menurut Undang-lintang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara !


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

18 April 2024 06:59

Jawaban terverifikasi

<p>1. Pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945, “… untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.."&nbsp;</p><p>Pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa tujuannya adalah ikut serta melaksanakan ketertiban dunia. Jika tercipta ketetiban di atas dunia, maka Indonesia pun ikut sejahtera. “Sejahteranya tidak untuk sendiri tetapi juga untuk bangsa-bangsa di dunia"&nbsp;</p><p>jadi begitu makna dari alinea ke 4&nbsp;</p><p>isi alinea ke-4 juga menjelaskan tentang prinsip-prinsip dan pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan yang berisi tentang tujuan negara Indononesia dengan segala ketentuan undang-undang dasar dan bentuk negara NKRI, bentuk Republik Indonesia.</p><p>2. <strong>Pertama : </strong>"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia".&nbsp;</p><p><strong>Kedua : </strong>"Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia".&nbsp;</p><p><strong>Ketiga : </strong>"Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia".</p><p>3.&nbsp;</p><p>- <strong>Menghargai</strong> dan Menghormati Teman.</p><p>- Membantu Teman walau Berbeda Keyakinan atau Suku.&nbsp;</p><p>- Menghindari Perundungan.&nbsp;</p><p>- Tidak Membedakan Teman.&nbsp;</p><p><strong>- Menghargai</strong> Perbedaan disekitar.</p><p>- Tidak Mengganggu atau Berisik Saat ada teman yang sedang Beribadah.</p><p><strong>- Menghargai Keberagaman</strong> Budaya yang dimiliki teman yang berbeda suku.</p><p>4.</p><p>- Menumbuhkan sikap saling menghargai.&nbsp;</p><p>- Menolong warga sekitar tanpa pandang bulu.&nbsp;</p><p>- Tidak melakukan diskriminasi pada warga sekitar atau masyarakat menengah.&nbsp;</p><p>- Melaksanakan gotong royong sesama manusia.</p><p>- Menjalin hubungan yang baik dengan negara yang berbeda suku agama atau ras dengan kita.</p><p>5. Dimana dalam hal ini setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia, dan pengabdian sesuai dengan profesi.</p><p>UU No. 3 Tahun 2002 degan jelas adlah sikap bela negara dimana perilaku negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.</p><p>&nbsp;</p>

1. Pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945, “… untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.." 

Pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa tujuannya adalah ikut serta melaksanakan ketertiban dunia. Jika tercipta ketetiban di atas dunia, maka Indonesia pun ikut sejahtera. “Sejahteranya tidak untuk sendiri tetapi juga untuk bangsa-bangsa di dunia" 

jadi begitu makna dari alinea ke 4 

isi alinea ke-4 juga menjelaskan tentang prinsip-prinsip dan pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan yang berisi tentang tujuan negara Indononesia dengan segala ketentuan undang-undang dasar dan bentuk negara NKRI, bentuk Republik Indonesia.

2. Pertama : "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia". 

Kedua : "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia". 

Ketiga : "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia".

3. 

- Menghargai dan Menghormati Teman.

- Membantu Teman walau Berbeda Keyakinan atau Suku. 

- Menghindari Perundungan. 

- Tidak Membedakan Teman. 

- Menghargai Perbedaan disekitar.

- Tidak Mengganggu atau Berisik Saat ada teman yang sedang Beribadah.

- Menghargai Keberagaman Budaya yang dimiliki teman yang berbeda suku.

4.

- Menumbuhkan sikap saling menghargai. 

- Menolong warga sekitar tanpa pandang bulu. 

- Tidak melakukan diskriminasi pada warga sekitar atau masyarakat menengah. 

- Melaksanakan gotong royong sesama manusia.

- Menjalin hubungan yang baik dengan negara yang berbeda suku agama atau ras dengan kita.

5. Dimana dalam hal ini setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia, dan pengabdian sesuai dengan profesi.

UU No. 3 Tahun 2002 degan jelas adlah sikap bela negara dimana perilaku negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 01:42

Jawaban terverifikasi

<p>1. Tujuan Negara Republik Indonesia yang ditetapkan dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam mewujudkan tatanan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.</p><p>2. Isi Sumpah Pemuda yang disampaikan dalam Kongres Pemuda kedua tanggal 28 Oktober 1928 adalah "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."</p><p>3. Contoh perbuatan di sekolah yang mencerminkan prinsip kebebasan yang bertanggung jawab dapat mencakup:</p><ul><li>Menghormati perbedaan pendapat dan keyakinan teman-teman di kelas.</li><li>Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong kerjasama antar siswa dari berbagai latar belakang.</li><li>Menerima tanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang dilakukan dan belajar dari pengalaman tersebut.</li></ul><p>4. Contoh perilaku yang mencerminkan penyelesaian keberagaman di lingkungan bangsa dan negara dapat meliputi:</p><ul><li>Mempromosikan dialog antaragama dan antarsuku untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antar kelompok.</li><li>Menghargai dan mendukung kegiatan budaya yang mewakili berbagai tradisi dan warisan budaya di Indonesia.</li><li>Mendorong inklusi dan kesetaraan dalam segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi politik.</li></ul><p>5. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara meliputi kewajiban untuk berpartisipasi dalam pembelaan negara, termasuk melalui wajib militer dan pelayanan sipil yang bersifat sukarela. Undang-Undang tersebut juga menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung pertahanan negara dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

1. Tujuan Negara Republik Indonesia yang ditetapkan dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam mewujudkan tatanan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

2. Isi Sumpah Pemuda yang disampaikan dalam Kongres Pemuda kedua tanggal 28 Oktober 1928 adalah "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

3. Contoh perbuatan di sekolah yang mencerminkan prinsip kebebasan yang bertanggung jawab dapat mencakup:

  • Menghormati perbedaan pendapat dan keyakinan teman-teman di kelas.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong kerjasama antar siswa dari berbagai latar belakang.
  • Menerima tanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang dilakukan dan belajar dari pengalaman tersebut.

4. Contoh perilaku yang mencerminkan penyelesaian keberagaman di lingkungan bangsa dan negara dapat meliputi:

  • Mempromosikan dialog antaragama dan antarsuku untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antar kelompok.
  • Menghargai dan mendukung kegiatan budaya yang mewakili berbagai tradisi dan warisan budaya di Indonesia.
  • Mendorong inklusi dan kesetaraan dalam segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi politik.

5. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara meliputi kewajiban untuk berpartisipasi dalam pembelaan negara, termasuk melalui wajib militer dan pelayanan sipil yang bersifat sukarela. Undang-Undang tersebut juga menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung pertahanan negara dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam rangka mengambil simpati bangsa Indoensia, pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan. Untuk merealisasikan janji tersebut.. a. Kepala daerah mulai bupati diserahkan kepada orang Indonesia asli b. Bendera Merah Putih boleh dikibarkan berdampingan dengan Bendera Hinomaru e. Pemuda Indonesia yang bergabung dalam barisan PETA diakui sejajar dengan tentara Jepang d. Hukuman terhadap nara pidana dikurangi hingga ada yang dihapus dan dibebaskan e. Lagu Indonesia Raya mulai diajarkan di sekolah dari SD hingga sekolah menengah

7

0.0

Jawaban terverifikasi