Rahmat S

22 Juli 2022 23:38

Iklan

Iklan

Rahmat S

22 Juli 2022 23:38

Pertanyaan

Hubungan kerajaan hindu-buddha dan islam adalah ....


8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Ega

26 Oktober 2022 13:01

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah hubungan yang terjalin antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha di Indonesia adalah melalui jalur sutra yang membuat terjadinya interaksi antar bangsa dan menjadikan masyarakat menjadi heterogen serta budaya terakulturasi sehingga memunculkan pengaruh agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Masuknya Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia tidak lepas dari pengaruh para pedagang Arab, India, hingga China. Para pedagang umumnya melakukan transaksi atau sekedar berlabuh menyeberangi perairain Indonesia. Jalur yang paling sering digunakan dalam aktivitas perdagangan internasional adalah Jalur Sutra. Para pedagang diperkirakan memanfaatkan jalur sutra sebagai rute perdagangan komoditas sutra dan rempah-rempah. Jalur sutra sendiri merupakan sebuah rute perdagangan yang menghubungkan wilayah China, India, hingga Arab dengan wilayah Eropa. Jalur tersebut terbagi menjadi dua rute yakni rute darat dan rute laut yang panjangnya diperkirakan berkisar 6500 kilometer.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Pada awal penyebaran agama di Indonesia, wilayah-wilayah nusantara seperti daerah pesisir seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku merupakan daerah yang paling cepat menerima ajaran agama dari luar. Oleh sebab itu, dalam perkembangan agama di nusantara, daerah-daerah tadi termasuk ke dalam lokasi pusat berlangsungnya pemerintahan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, hubungan yang terjalin antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha di Indonesia adalah melalui jalur sutra yang membuat terjadinya interaksi antar bangsa dan menjadikan masyarakat menjadi heterogen serta budaya terakulturasi sehingga memunculkan pengaruh agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Jawabannya adalah hubungan yang terjalin antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha di Indonesia adalah melalui jalur sutra yang membuat terjadinya interaksi antar bangsa dan menjadikan masyarakat menjadi heterogen serta budaya terakulturasi sehingga memunculkan pengaruh agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia. 

 

Masuknya Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia tidak lepas dari pengaruh para pedagang Arab, India, hingga China. Para pedagang umumnya melakukan transaksi atau sekedar berlabuh menyeberangi perairain Indonesia. Jalur yang paling sering digunakan dalam aktivitas perdagangan internasional adalah Jalur Sutra. Para pedagang diperkirakan memanfaatkan jalur sutra sebagai rute perdagangan komoditas sutra dan rempah-rempah. Jalur sutra sendiri merupakan sebuah rute perdagangan yang menghubungkan wilayah China, India, hingga Arab dengan wilayah Eropa. Jalur tersebut terbagi menjadi dua rute yakni rute darat dan rute laut yang panjangnya diperkirakan berkisar 6500 kilometer. 

 

Pada awal penyebaran agama di Indonesia, wilayah-wilayah nusantara seperti daerah pesisir seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku merupakan daerah yang paling cepat menerima ajaran agama dari luar. Oleh sebab itu, dalam perkembangan agama di nusantara, daerah-daerah tadi termasuk ke dalam lokasi pusat berlangsungnya pemerintahan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. 

 

Dengan demikian, hubungan yang terjalin antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha di Indonesia adalah melalui jalur sutra yang membuat terjadinya interaksi antar bangsa dan menjadikan masyarakat menjadi heterogen serta budaya terakulturasi sehingga memunculkan pengaruh agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia. 


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

344

5.0

Jawaban terverifikasi