Krestian A

15 Maret 2024 06:58

Iklan

Iklan

Krestian A

15 Maret 2024 06:58

Pertanyaan

Globalisasi ekonomi mendorong produsen menghasilkan barang berkualitas ekspor untuk menghasilkan produk tersebut produsen merekrut banyak tenaga kerja. Dilihat dari sisi ketenagakerjaan, dampak positif globalisasi ekonomi adalah


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

15 Maret 2024 08:10

Jawaban terverifikasi

<p>Dampak positif globalisasi ekonomi terhadap ketenagakerjaan dapat terlihat dari beberapa sudut pandang:</p><p><strong>Penciptaan Lapangan Kerja</strong>: Globalisasi ekonomi sering kali membuka pasar baru bagi produsen. Dengan adanya permintaan yang lebih besar untuk barang-barang ekspor, produsen akan cenderung memperluas operasi mereka. Hal ini berpotensi menciptakan lebih banyak lapangan kerja baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti dalam rantai pasokan.</p><p><strong>Keterampilan dan Peningkatan Produktivitas</strong>: Untuk memenuhi standar kualitas internasional yang diperlukan untuk bersaing di pasar global, produsen seringkali perlu meningkatkan keterampilan tenaga kerja mereka. Ini bisa dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan. Akibatnya, tenaga kerja akan lebih terampil dan produktif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan individu dan kesejahteraan.</p><p><strong>Transfer Teknologi</strong>: Globalisasi seringkali melibatkan transfer teknologi antar negara. Perusahaan asing yang berinvestasi di negara-negara berkembang sering membawa teknologi dan praktik manajemen terbaik mereka. Ini dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja lokal, meningkatkan nilai pasar mereka di pasar kerja global.</p>

Dampak positif globalisasi ekonomi terhadap ketenagakerjaan dapat terlihat dari beberapa sudut pandang:

Penciptaan Lapangan Kerja: Globalisasi ekonomi sering kali membuka pasar baru bagi produsen. Dengan adanya permintaan yang lebih besar untuk barang-barang ekspor, produsen akan cenderung memperluas operasi mereka. Hal ini berpotensi menciptakan lebih banyak lapangan kerja baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti dalam rantai pasokan.

Keterampilan dan Peningkatan Produktivitas: Untuk memenuhi standar kualitas internasional yang diperlukan untuk bersaing di pasar global, produsen seringkali perlu meningkatkan keterampilan tenaga kerja mereka. Ini bisa dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan. Akibatnya, tenaga kerja akan lebih terampil dan produktif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan individu dan kesejahteraan.

Transfer Teknologi: Globalisasi seringkali melibatkan transfer teknologi antar negara. Perusahaan asing yang berinvestasi di negara-negara berkembang sering membawa teknologi dan praktik manajemen terbaik mereka. Ini dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja lokal, meningkatkan nilai pasar mereka di pasar kerja global.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

15 Maret 2024 16:10

Jawaban terverifikasi

<p>Dampak positif globalisasi ekonomi&nbsp;</p><p>Berikut adalah beberapa dampak positif dari globalisasi ekonomi secara lebih terperinci:</p><ul><li>Globalisasi ekonomi mampu menstimulasi tumbuhnya perekonomian di negara tujuan yang mayoritas adalah negara berkembang, negeri kita pun turut merasakannya.&nbsp;</li><li>Globalisasi ekonomi membuat lebih terbukanya mekanisme dan kesempatan investasi di kancah internasional.</li><li>Globalisasi ekonomi mendorong ekonomi dunia untuk terus tumbuh. Tak hanya parsial dan sektoral, perekonomian dunia tumbuh secara menyeluruh. Hal tersebut disebabkan karena adanya industri yang lokasinya berubah sehingga mendorong efisiensi.</li><li>&nbsp;Pendapatan yang meningkat di negara-negara berkembang sebagai buah dari bebasnya perdagangan berskala internasional juga menjadi dampak positif dari globalisasi ekonomi. Peningkatan pendapatan itu pada akhirnya mampu menekan angka kemiskinan di dunia.</li><li>Meningkatnya pendapatan negara-negara berkembang akibat perdagangan global pada gilirannya mampu membuat pendapatan per kapita turut meningkat di skala global.</li><li>Globalisasi ekonomi membuat komoditas barang dan jasa di satu negara meningkat variasinya. Hal ini disebabkan karena banyaknya tawaran beragam barang dan jasa oleh banyak negara, sehingga variasinya pun menjadi lebih banyak di pasar global. Meningkatnya variasi ini juga berakibat terpenuhinya kebutuhan dari penduduk di satu negara</li><li>Globalisasi ekonomi membuat sebuah negara mampu bersaing di pasar global secara lebih efisien.</li></ul>

Dampak positif globalisasi ekonomi 

Berikut adalah beberapa dampak positif dari globalisasi ekonomi secara lebih terperinci:

  • Globalisasi ekonomi mampu menstimulasi tumbuhnya perekonomian di negara tujuan yang mayoritas adalah negara berkembang, negeri kita pun turut merasakannya. 
  • Globalisasi ekonomi membuat lebih terbukanya mekanisme dan kesempatan investasi di kancah internasional.
  • Globalisasi ekonomi mendorong ekonomi dunia untuk terus tumbuh. Tak hanya parsial dan sektoral, perekonomian dunia tumbuh secara menyeluruh. Hal tersebut disebabkan karena adanya industri yang lokasinya berubah sehingga mendorong efisiensi.
  •  Pendapatan yang meningkat di negara-negara berkembang sebagai buah dari bebasnya perdagangan berskala internasional juga menjadi dampak positif dari globalisasi ekonomi. Peningkatan pendapatan itu pada akhirnya mampu menekan angka kemiskinan di dunia.
  • Meningkatnya pendapatan negara-negara berkembang akibat perdagangan global pada gilirannya mampu membuat pendapatan per kapita turut meningkat di skala global.
  • Globalisasi ekonomi membuat komoditas barang dan jasa di satu negara meningkat variasinya. Hal ini disebabkan karena banyaknya tawaran beragam barang dan jasa oleh banyak negara, sehingga variasinya pun menjadi lebih banyak di pasar global. Meningkatnya variasi ini juga berakibat terpenuhinya kebutuhan dari penduduk di satu negara
  • Globalisasi ekonomi membuat sebuah negara mampu bersaing di pasar global secara lebih efisien.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

PEMBALAKAN LIAR Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah, beberapa sumber terpercaya mengindikasikan bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di wilayah- wilayah daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40 %dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS. Studi yang lebih baru membandingkan penebangan sah dengan konsumsi domestik ditambah dengan ekspor mengindikasikan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar. Malaysia merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia. Dampak pembalakan liar ini sangat signifikan. Data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun. Hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia. Pertanyaan : 1. Tuliskan masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut! 2. Tuliskan pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut! 3. Tuliskan dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia! 4. Cermati paragraf pertama teks di atas! Tuliskan satu kalimat kompleks! 5. Cermati paragraf kedua teks tersebut! Tuliskan satu kalimat tunggal!

18

5.0

Jawaban terverifikasi