Syifa N

25 Februari 2024 21:07

Iklan

Syifa N

25 Februari 2024 21:07

Pertanyaan

gerhana saat jarak bulan lebih jauh dari matahari sehingga matahari tidak seluruhnya tertutup adalah

gerhana saat jarak bulan lebih jauh dari matahari sehingga matahari tidak seluruhnya tertutup adalah

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

16

:

39

:

09

Klaim

12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sumber W

Community

26 Februari 2024 00:36

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalag gerhana matahari cincin</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :</p><p><strong>&nbsp;Gerhana matahari cincin</strong> adalah fenomena alam ketika Bulan berada pada titik terjauh dari Bumi. Bulatan Bulan hanya menutupi bagian tengah bulatan Matahari.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Panjang kerucut umbra tidak cukup menutupi Bumi, sehingga yang menutupi Bumi merupakan perpanjangan umbra Bulan atau disebut juga antumbra. Pengamat yang berada dalam antumbra akan melihat cincin Matahari terbentuk ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi.</p>

Jawaban yang benar adalag gerhana matahari cincin

 

Penjelasan :

 Gerhana matahari cincin adalah fenomena alam ketika Bulan berada pada titik terjauh dari Bumi. Bulatan Bulan hanya menutupi bagian tengah bulatan Matahari. 

 

Panjang kerucut umbra tidak cukup menutupi Bumi, sehingga yang menutupi Bumi merupakan perpanjangan umbra Bulan atau disebut juga antumbra. Pengamat yang berada dalam antumbra akan melihat cincin Matahari terbentuk ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi.


Iklan

Nanda R

Community

27 Februari 2024 20:53

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana matahari sebagian terjadi saat Bulan berada lebih jauh dari Matahari dan tampaknya lebih kecil, sehingga hanya menutup sebagian kecil Matahari dari perspektif Bumi. Akibatnya, dari Bumi terlihat seperti Matahari tidak seluruhnya tertutup, dan terlihat cincin cahaya Matahari di sekitar tepi Bulan. Ini disebut gerhana matahari sebagian atau gerhana matahari cincin.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Gerhana matahari sebagian terjadi saat Bulan berada lebih jauh dari Matahari dan tampaknya lebih kecil, sehingga hanya menutup sebagian kecil Matahari dari perspektif Bumi. Akibatnya, dari Bumi terlihat seperti Matahari tidak seluruhnya tertutup, dan terlihat cincin cahaya Matahari di sekitar tepi Bulan. Ini disebut gerhana matahari sebagian atau gerhana matahari cincin.

 

 

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan