Ciciiiiiii C

10 Mei 2024 10:48

Iklan

Iklan

Ciciiiiiii C

10 Mei 2024 10:48

Pertanyaan

gambarkan siklus materi dan arus energi dalam ekosistem


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Intan A

11 Mei 2024 17:41

Jawaban terverifikasi

<p>Aliran energi adalah rangkaian pemindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya berdasarkan urutan rantai makanan. Energi terbesar di bumi yaitu matahari hanya dapat ditangkap oleh autotrof dengan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Kemudian autotrof akan dimakan oleh heterotrof atau konsumen sehingga energi berpindah dari autotrof ke heterotrof. Ketika terjadi perpindahan energi dari organisme autotrof ke heterotrof, tidak semua energi diserap oleh heterotrof hanya sekitar 10% dan sisanya dilepaskan dalam bentuk energi panas. Proses ini berlanjut sampai konsumen puncak. Saat makhluk hidup mati, maka bangkai akan dimakan oleh detrivor dan pengurai mengubah zat organik menjadi anorganik.</p>

Aliran energi adalah rangkaian pemindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya berdasarkan urutan rantai makanan. Energi terbesar di bumi yaitu matahari hanya dapat ditangkap oleh autotrof dengan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Kemudian autotrof akan dimakan oleh heterotrof atau konsumen sehingga energi berpindah dari autotrof ke heterotrof. Ketika terjadi perpindahan energi dari organisme autotrof ke heterotrof, tidak semua energi diserap oleh heterotrof hanya sekitar 10% dan sisanya dilepaskan dalam bentuk energi panas. Proses ini berlanjut sampai konsumen puncak. Saat makhluk hidup mati, maka bangkai akan dimakan oleh detrivor dan pengurai mengubah zat organik menjadi anorganik.

alt
alt

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

12 Mei 2024 06:11

Jawaban terverifikasi

<p>Siklus materi dan arus energi dalam ekosistem saling terkait dan membentuk dasar dari interaksi antara organisme hidup dan lingkungannya. Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana siklus materi dan arus energi bekerja dalam suatu ekosistem:</p><p><strong>Siklus Materi:</strong></p><ul><li><strong>Fase Pertukaran:</strong> Siklus materi dimulai dengan pertukaran unsur-unsur kimia antara organisme hidup dan lingkungan mereka. Misalnya, tumbuhan menyerap karbon dioksida dari udara dan mengubahnya menjadi karbohidrat melalui proses fotosintesis. Karbon ini kemudian ditransfer ke hewan melalui rantai makanan saat hewan memakan tumbuhan.</li><li><strong>Fase Penggunaan:</strong> Organisme hidup menggunakan unsur-unsur kimia ini untuk membangun struktur sel dan menjalankan proses biokimia dalam tubuh mereka.</li><li><strong>Fase Pengembalian:</strong> Ketika organisme mati, unsur-unsur kimia dalam tubuh mereka didekomposisi oleh bakteri dan fungi pengurai. Unsur-unsur ini kemudian dilepaskan kembali ke lingkungan sebagai bentuk anorganik yang dapat digunakan kembali oleh organisme hidup lainnya.</li></ul><p><strong>Arus Energi:</strong></p><ul><li>Energi masuk ke ekosistem dalam bentuk cahaya matahari dan diserap oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis.</li><li>Tumbuhan kemudian menggunakan energi ini untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk metabolisme mereka sendiri.</li><li>Ketika hewan memakan tumbuhan atau organisme lain, energi disimpan dalam bentuk kimia dalam molekul makanan yang dikonsumsi.</li><li>Energinya kemudian digunakan oleh hewan untuk pertumbuhan, pergerakan, reproduksi, dan fungsi tubuh lainnya.</li><li>Sebagian energi yang diambil dari makanan diubah menjadi panas selama metabolisme, dan sebagian lainnya hilang melalui limbah organisme.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Siklus materi dan arus energi dalam ekosistem saling terkait dan membentuk dasar dari interaksi antara organisme hidup dan lingkungannya. Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana siklus materi dan arus energi bekerja dalam suatu ekosistem:

Siklus Materi:

  • Fase Pertukaran: Siklus materi dimulai dengan pertukaran unsur-unsur kimia antara organisme hidup dan lingkungan mereka. Misalnya, tumbuhan menyerap karbon dioksida dari udara dan mengubahnya menjadi karbohidrat melalui proses fotosintesis. Karbon ini kemudian ditransfer ke hewan melalui rantai makanan saat hewan memakan tumbuhan.
  • Fase Penggunaan: Organisme hidup menggunakan unsur-unsur kimia ini untuk membangun struktur sel dan menjalankan proses biokimia dalam tubuh mereka.
  • Fase Pengembalian: Ketika organisme mati, unsur-unsur kimia dalam tubuh mereka didekomposisi oleh bakteri dan fungi pengurai. Unsur-unsur ini kemudian dilepaskan kembali ke lingkungan sebagai bentuk anorganik yang dapat digunakan kembali oleh organisme hidup lainnya.

Arus Energi:

  • Energi masuk ke ekosistem dalam bentuk cahaya matahari dan diserap oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis.
  • Tumbuhan kemudian menggunakan energi ini untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk metabolisme mereka sendiri.
  • Ketika hewan memakan tumbuhan atau organisme lain, energi disimpan dalam bentuk kimia dalam molekul makanan yang dikonsumsi.
  • Energinya kemudian digunakan oleh hewan untuk pertumbuhan, pergerakan, reproduksi, dan fungsi tubuh lainnya.
  • Sebagian energi yang diambil dari makanan diubah menjadi panas selama metabolisme, dan sebagian lainnya hilang melalui limbah organisme.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada reproduksi virus siklus lisogenik tahapan yang tidak ada seperti pada litik adalah a.Adsorbsi b.Penetrasi c.Lisis dan sintesis d.Penggabungan DNA virus dan DNA inang e.Penggandaan DNA

9

5.0

Jawaban terverifikasi