Daphne B

05 Oktober 2022 15:00

Iklan

Iklan

Daphne B

05 Oktober 2022 15:00

Pertanyaan

Gadget Gadget atau gawai adalah peranti elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang dengan lebih canggih dibandingkan teknologi sebelumnya. Gawai tidak hanya sebagai alat komunikasi yang canggih, tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan atau aktivitas seseorang. Saat ini, ada berbagai macam merek dan jenis gawai yang tersebar di pasaran. Hampir setiap tahun, selalu saja ada model terbaru dari berbagai merek gawai yang dirancang dengan teknologi paling mutakhir. Canggihnya teknologi gawai yang berkembang saat ini membuat para remaja juga turut andil dalam menggunakannya. Menurut mereka, gawai sangat penting bagi kehidupan. lnstrumen canggih ini seakan-akan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan remaja. Namun, di sisi lain, banyak orang tua yang tidak setuju jika anaknya menggunakan gawai. Sebagian orang tua menganggap bahwa peran gawai untuk anaknya belum terlalu penting. Gawai juga dianggap dapat menimbulkan dampak negatif bagi remaja. Misalnya, dengan gawai, para remaja berpotensi melihat situs-situs yang tidak sesuai dengan usia mereka. Meskipun demikian, ada pula orang tua yang setuju apabila anaknya menggunakan gawai. Hal tersebut disebabkan para remaja dapat menggunakan gawai untuk mengakses hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pengetahuan. Dampak positif lain yang diperoleh dari gawai adalah bisa berkomunikasi dengan jarak jauh dan menjalin silaturahmi kembali dengan teman-teman yang sudah lama berpisah. Dari uraian tersebut, dapat kita ketahui bahwa gawai dapat memberikan dampak positif dan negatif. Untuk itu, marilah kita gunakan gawai dengan bijaksana. Sebaiknya kita menggunakan gawai dengan cara yang baik agar terhindar dari hal-hal negatif dan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. 9. Dari segi sosial, peran gawai secara positif untuk masyarakat adalah a. menjauhkan ternan b. masyarakat lebih individualis c. digunakan untuk alat penipuan d. menghubungkan ternan dari jarak jauh


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

08 Desember 2022 04:12

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah D. Menghubungkan teman dari jarak jauh. Dari segi sosial, peran gawai secara positif untuk masyarakat adalah dapat menghubungkan teman dari jarak jauh. Hal ini sejalan dengan dampak positif gawai menurut teks di atas, tepatnya pada kalimat ketiga paragraf ketiga yang berbunyi "Bisa berkomunikasi dengan jarak jauh dan menjalin silaturahmi kembali dengan teman-teman yang sudah lama berpisah". Jadi, jawaban yang benar adalah D. Menghubungkan teman dari jarak jauh.


Iklan

Iklan

Diana S

22 Januari 2024 13:51

Berikut yang bukan peran orang tua agar tidak terjadi penyalahgunaan gunakan gawai pada anak anak adalah


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

357

0.0

Jawaban terverifikasi