Widya P

04 September 2023 12:40

Iklan

Iklan

Widya P

04 September 2023 12:40

Pertanyaan

Fikih MTs/SMPI Kelas 7 Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. Membasuh muka Membaca basmalah Membasuh telapak tangan Tertib atau berurutan Berniat dalam hati Berdoa setelah wudhu Membasuh kedua tangan Menghadap kiblat Mengusap sebagian kepala Memasukkan air ke hidung Tidakk bercakap cakap Membasuh kedua kaki Rukun wudhu termasuk dalam nomor... A.(1),(2),(3),(9),(10),dan (11) B.(1),(2),(4),(6),(8),dan (12) C.(1),(3),(5),(7),(9),dan (11) D.(1),(4),(5),(7),(9),dan (12)

Fikih

MTs/SMPI

Kelas 7

 

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.

  1. Membasuh muka
  2. Membaca basmalah 
  3. Membasuh telapak tangan
  4. Tertib atau berurutan
  5. Berniat dalam hati
  6. Berdoa setelah wudhu
  7. Membasuh kedua tangan
  8. Menghadap kiblat
  9. Mengusap sebagian kepala
  10. Memasukkan air ke hidung
  11. Tidakk bercakap cakap
  12. Membasuh kedua kaki

Rukun wudhu termasuk dalam nomor...

A.(1),(2),(3),(9),(10),dan (11)

B.(1),(2),(4),(6),(8),dan (12)

C.(1),(3),(5),(7),(9),dan (11)

D.(1),(4),(5),(7),(9),dan (12)


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sahel S

05 September 2023 08:07

Jawaban terverifikasi

<p>Rukun wudhu adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi agar wudhu sah. Dalam daftar pernyataan di atas, rukun wudhu yang termasuk adalah nomor D, yaitu (1),(4),(5),(7),(9), dan (12):</p><p>1. Membasuh muka (nomor 1) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu membasuh wajah mulai dari batas rambut di dahi sampai dagu, dan dari telinga kanan ke telinga kiri.</p><p><br>2. Tertib atau berurutan (nomor 4) tidak termasuk rukun wudhu tetapi merupakan tata cara yang dianjurkan dalam melaksanakan wudhu.</p><p><br>3. Berniat dalam hati (nomor 5) bukan termasuk rukun wudhu, tetapi merupakan syarat wudhu yang harus dilakukan dalam hati.</p><p><br>4. Membasuh kedua tangan (nomor 7) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu membasuh tangan mulai dari pergelangan tangan sampai ujung jari.</p><p><br>5. Mengusap sebagian kepala (nomor 9) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu mengusap kepala dengan tangan yang basah mulai dari kepala bagian depan hingga belakang.</p><p><br>6. Membasuh kedua kaki (nomor 12) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu membasuh kaki mulai dari mata kaki hingga pergelangan kaki termasuk mata kaki itu sendiri.</p>

Rukun wudhu adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi agar wudhu sah. Dalam daftar pernyataan di atas, rukun wudhu yang termasuk adalah nomor D, yaitu (1),(4),(5),(7),(9), dan (12):

1. Membasuh muka (nomor 1) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu membasuh wajah mulai dari batas rambut di dahi sampai dagu, dan dari telinga kanan ke telinga kiri.


2. Tertib atau berurutan (nomor 4) tidak termasuk rukun wudhu tetapi merupakan tata cara yang dianjurkan dalam melaksanakan wudhu.


3. Berniat dalam hati (nomor 5) bukan termasuk rukun wudhu, tetapi merupakan syarat wudhu yang harus dilakukan dalam hati.


4. Membasuh kedua tangan (nomor 7) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu membasuh tangan mulai dari pergelangan tangan sampai ujung jari.


5. Mengusap sebagian kepala (nomor 9) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu mengusap kepala dengan tangan yang basah mulai dari kepala bagian depan hingga belakang.


6. Membasuh kedua kaki (nomor 12) merupakan salah satu rukun wudhu, yaitu membasuh kaki mulai dari mata kaki hingga pergelangan kaki termasuk mata kaki itu sendiri.


Iklan

Iklan

Fitrah W

07 September 2023 05:27

Rukun wudhu itu ada enam: 1. Niat 2. Membasuh wajah 3. Membasuh kedua tangan hingga siku 4. Mengusap sebagian kepala 5. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki 6. Tertib


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perang Uhud dimenangkan oleh kafir karena umat Islam ... A. bercerai-cerai B.berselisih C. berseteru D. bersekutu E. bergerombol

66

5.0

Jawaban terverifikasi