Irhamduwila I

24 Mei 2024 09:34

Iklan

Iklan

Irhamduwila I

24 Mei 2024 09:34

Pertanyaan

Fandi melakukan penelitian sosial konflik untuk motivasi pihak pihak yang terlibat dan hubungan sebab akibat yang menimbulkan konflik alat analisis konflik yang tepat digunakan fandi adalah


19

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

24 Mei 2024 12:10

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam konteks penelitian sosial konflik yang bertujuan untuk memahami motivasi pihak-pihak yang terlibat serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan konflik, alat analisis yang tepat adalah <strong>Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder Analysis)</strong> dan <strong>Root Cause Analysis (RCA)</strong>.</p><p>&nbsp;</p><h2><strong>1. Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder Analysis)</strong></h2><p>Alat ini sangat cocok digunakan oleh Fandi untuk memahami motivasi pihak-pihak yang terlibat dalam konflik. Stakeholder Analysis membantu dalam:</p><ul><li><strong>Identifikasi Pihak Terkait</strong>: Mengenali semua individu, kelompok, atau organisasi yang terlibat atau terpengaruh oleh konflik.</li><li><strong>Pemahaman Kepentingan</strong>: Menganalisis kepentingan, kebutuhan, dan tujuan dari masing-masing pihak.</li><li><strong>Pengaruh dan Dinamika</strong>: Menilai kekuatan, pengaruh, dan hubungan antara pihak-pihak yang terlibat.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Dengan analisis ini, Fandi dapat menguraikan siapa saja yang terlibat dalam konflik, apa motivasi mereka, dan bagaimana hubungan antar pihak tersebut mempengaruhi dinamika konflik.</p><p>&nbsp;</p><h2><strong>2. Root Cause Analysis (RCA)</strong></h2><p>Untuk memahami hubungan sebab akibat yang menimbulkan konflik, RCA adalah alat yang tepat. RCA membantu dalam:</p><ul><li><strong>Identifikasi Akar Masalah</strong>: Menggali lebih dalam untuk menemukan penyebab utama konflik, bukan hanya gejalanya.</li><li><strong>Analisis Faktor-faktor Penyebab</strong>: Meneliti berbagai faktor yang berkontribusi terhadap munculnya konflik.</li><li><strong>Pencarian Solusi</strong>: Mengembangkan solusi yang menyasar akar masalah sehingga konflik dapat diselesaikan dengan efektif.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Dengan menggunakan RCA, Fandi dapat mengidentifikasi penyebab mendasar dari konflik dan memahami bagaimana berbagai faktor saling berinteraksi untuk memicu dan memperparah konflik.</p>

Dalam konteks penelitian sosial konflik yang bertujuan untuk memahami motivasi pihak-pihak yang terlibat serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan konflik, alat analisis yang tepat adalah Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder Analysis) dan Root Cause Analysis (RCA).

 

1. Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder Analysis)

Alat ini sangat cocok digunakan oleh Fandi untuk memahami motivasi pihak-pihak yang terlibat dalam konflik. Stakeholder Analysis membantu dalam:

  • Identifikasi Pihak Terkait: Mengenali semua individu, kelompok, atau organisasi yang terlibat atau terpengaruh oleh konflik.
  • Pemahaman Kepentingan: Menganalisis kepentingan, kebutuhan, dan tujuan dari masing-masing pihak.
  • Pengaruh dan Dinamika: Menilai kekuatan, pengaruh, dan hubungan antara pihak-pihak yang terlibat.

 

Dengan analisis ini, Fandi dapat menguraikan siapa saja yang terlibat dalam konflik, apa motivasi mereka, dan bagaimana hubungan antar pihak tersebut mempengaruhi dinamika konflik.

 

2. Root Cause Analysis (RCA)

Untuk memahami hubungan sebab akibat yang menimbulkan konflik, RCA adalah alat yang tepat. RCA membantu dalam:

  • Identifikasi Akar Masalah: Menggali lebih dalam untuk menemukan penyebab utama konflik, bukan hanya gejalanya.
  • Analisis Faktor-faktor Penyebab: Meneliti berbagai faktor yang berkontribusi terhadap munculnya konflik.
  • Pencarian Solusi: Mengembangkan solusi yang menyasar akar masalah sehingga konflik dapat diselesaikan dengan efektif.

 

Dengan menggunakan RCA, Fandi dapat mengidentifikasi penyebab mendasar dari konflik dan memahami bagaimana berbagai faktor saling berinteraksi untuk memicu dan memperparah konflik.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Mei 2024 10:23

【Jawaban】: Teori Konflik 【Penjelasan】: Dalam penelitian sosial konflik, alat analisis yang tepat untuk digunakan adalah Teori Konflik. Teori ini berfokus pada ketidaksetaraan dalam masyarakat dan bagaimana kelompok-kelompok tertentu mendapatkan keuntungan dari ketidaksetaraan tersebut. Teori ini juga membahas tentang bagaimana konflik dapat terjadi dan bagaimana konflik tersebut dapat mempengaruhi struktur sosial. Oleh karena itu, Teori Konflik adalah alat yang tepat untuk digunakan Fandi dalam penelitian sosial konfliknya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ketersediaan data yang objektif di lapangan sangat penting ketika melakukan penelitian. Hal tersebut karena data memiliki kegunaan untuk …

2

0.0

Jawaban terverifikasi