Japan.UwU J

29 April 2024 03:13

Iklan

Iklan

Japan.UwU J

29 April 2024 03:13

Pertanyaan

faktor apa saja yang mempengaruhi kerja jantung?

faktor apa saja yang mempengaruhi kerja jantung?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

29 April 2024 03:58

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa faktor yang mempengaruhi kerja jantung meliputi:</p><p>Faktor fisik: Aktivitas fisik, seperti olahraga, dapat mempengaruhi kerja jantung. Tingkat aktivitas fisik yang tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan volume darah yang dipompa.</p><p>Kondisi kesehatan: Penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, atau kelebihan berat badan dapat memengaruhi kerja jantung. Kondisi kesehatan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan be-ban kerja yang berlebihan pada jantung.</p><p>Konsumsi obat-obatan: Beberapa obat-obatan, seperti obat tekanan darah, obat pengatur detak jantung, atau obat-obatan tertentu, dapat mempengaruhi kerja jantung.</p><p>Pola makan dan gaya hidup: Konsumsi alkohol, merokok, pola makan tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik dapat memberikan dampak negatif pada kerja jantung.</p><p>Faktor lingkungan: Pencemaran udara, paparan polusi, atau suhu ekstrem juga dapat memengaruhi kerja jantung.</p>

Beberapa faktor yang mempengaruhi kerja jantung meliputi:

Faktor fisik: Aktivitas fisik, seperti olahraga, dapat mempengaruhi kerja jantung. Tingkat aktivitas fisik yang tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan volume darah yang dipompa.

Kondisi kesehatan: Penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, atau kelebihan berat badan dapat memengaruhi kerja jantung. Kondisi kesehatan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan be-ban kerja yang berlebihan pada jantung.

Konsumsi obat-obatan: Beberapa obat-obatan, seperti obat tekanan darah, obat pengatur detak jantung, atau obat-obatan tertentu, dapat mempengaruhi kerja jantung.

Pola makan dan gaya hidup: Konsumsi alkohol, merokok, pola makan tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik dapat memberikan dampak negatif pada kerja jantung.

Faktor lingkungan: Pencemaran udara, paparan polusi, atau suhu ekstrem juga dapat memengaruhi kerja jantung.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

29 April 2024 07:43

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Faktor-faktor yang Pengaruhi kerja jantung</strong> :</p><p><strong>Usia</strong></p><p>Semakin tua seseorang, fungsi jantung juga mengalami degerasi atau penurunan karena efek fisiologis seperti pemendekan sel telomer (sel yang berperan dalam penuaan) dan penurunan kondisi terkait misal adanya penyakit atau masalah kesehatan tertentu.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Aktivitas fisik.</strong></p><p>Aktivitas fisik harian seperti berolahraga, atau hanya sesimpel jalan dan bergerak juga dapat mempengaruhi denyut jantungmu. ketika berolahraga, denyut jantungmu naik untuk memfasilitasi kebutuhan oksigen dan pembuangan karbon dioksida dari dan ke otot.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jenis Kelamin.</strong></p><p>Perempuan biasanya punya denyut jantung lebih tinggi ketimbang laki-laki saat tidur dan bangun. Karena umumnya perempuan bertubuh lebih kecil dari laki-laki dan membutuhkan denyut jantung yang lebih cepat untuk memfasilitasi metabolisme.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Temperatur.</strong></p><p>Ketika temperatur (dan biasanya disertai kelembaban udara) naik, jantung memompa sedikit darah. Maka dari itu denyut jantung kita bisa jadi meningkat dan umumnya tidak lebih dari 5-10 denyut per menit.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Konsumsi kafein.</strong></p><p>Kafein yang ada dalam kopi, teh atau soda adalah obat penstimulus yang mempengaruhi sistem saraf yang meningkatkan denyut jantung. Efeknya mirip seperti adrenalin, yaitu sebuah hormon dalam tubuh yang bertanggungjawab untuk menaikkan denyut jantung.</p>

Faktor-faktor yang Pengaruhi kerja jantung :

Usia

Semakin tua seseorang, fungsi jantung juga mengalami degerasi atau penurunan karena efek fisiologis seperti pemendekan sel telomer (sel yang berperan dalam penuaan) dan penurunan kondisi terkait misal adanya penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

 

Aktivitas fisik.

Aktivitas fisik harian seperti berolahraga, atau hanya sesimpel jalan dan bergerak juga dapat mempengaruhi denyut jantungmu. ketika berolahraga, denyut jantungmu naik untuk memfasilitasi kebutuhan oksigen dan pembuangan karbon dioksida dari dan ke otot.

 

Jenis Kelamin.

Perempuan biasanya punya denyut jantung lebih tinggi ketimbang laki-laki saat tidur dan bangun. Karena umumnya perempuan bertubuh lebih kecil dari laki-laki dan membutuhkan denyut jantung yang lebih cepat untuk memfasilitasi metabolisme.

 

Temperatur.

Ketika temperatur (dan biasanya disertai kelembaban udara) naik, jantung memompa sedikit darah. Maka dari itu denyut jantung kita bisa jadi meningkat dan umumnya tidak lebih dari 5-10 denyut per menit.

 

Konsumsi kafein.

Kafein yang ada dalam kopi, teh atau soda adalah obat penstimulus yang mempengaruhi sistem saraf yang meningkatkan denyut jantung. Efeknya mirip seperti adrenalin, yaitu sebuah hormon dalam tubuh yang bertanggungjawab untuk menaikkan denyut jantung.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan apa yang dimaksud dengan hutan konservasi

0

0.0

Jawaban terverifikasi