Salsabilla R

01 Maret 2022 09:58

Iklan

Iklan

Salsabilla R

01 Maret 2022 09:58

Pertanyaan

Diskusi. Pemuda dan Persatuan Pada 27-28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia mengadakan kongres yang dilaksanakan di Jakarta. Kongres ini merupakan kongres ke-2 setelah sebelumnya pada 1927 telah dilaksanakan pula kongres yang sama. Dalam pidato pembukaannya, Sugondo sebagai ketua sidang mengatakan bahwa hasil kongres pemuda yang pertama telah berhasil menyebarluaskan perasaan persatuan bagi pemuda Indonesia. Pada kongres yang kedua ini ditujukan untuk semakin memperkuat persatuan tersebut. Sugondo kemudian menutup pidatonya dengan seruan, "Perangilah pengaruh cerai berai dan majulah terus ke arah Indonesia bersatu yang kita cintai". Selanjutnya, giliran Muhammad Yamin menyampaikan pidatonya. Dengan pendekatan sejarah, 'Yamin kemudian menjelaskan tentang arti penting persatuan dan hubungan antara persatuan dan pemuda. Dari uraian kesejarahan, ia memperlihatkan adanya kesamaan dalam bahasa, kemauan, nasib, dan adat istiadat dari suku-suku bangsa yang ada di Indonesia. Ia membahas pula tentang usaha persatuan yang dilakukan Sriwijaya dan Majapahit yang akhirnya gagal sebab belum ada kemauan dari suku­ suku bangsa yang ada saat itu untuk bersatu. Belanda kemudian dapat menguasai Indonesia dan menyatukannya secara administratif. Persatuan tidak hanya diperlukan oleh kaum pergerakan tetapi juga bagi para pemuda yang harus mengikuti panggilan persatuan dan kebangsaan yang akan menjadi dasar bagi perjuangan ke masa depan. Persatuan Indonesia bukan merupakan sesuatu yang kosong, tetapi didukung oleh suatu ikatan yang telah dicatat dalam sejarah. Menurut Yamin, ada lima faktor yang dapat mempersatukan kekuatan bangsa Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Demikianlah seterusnya kongres pemuda ini berhasil melahirkan sebuah kesepakatan persatuan pemuda dengan mengucapkan ikrar I sumpah, yaitu bertanah air, berbangsa, dan berbahasa satu, Indonesia. Sumber: disarikan dari Pemuda Indonesia dalam Dimensi Sejarah Perjuangan Bangsa, hal. 120-126. Mengapa persatuan menjadi faktor penting bagi perjuangan kaum muda saat itu?


21

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Ariska

04 Maret 2022 03:37

Jawaban terverifikasi

Hai Salsabilla R, Kakak bantu jawab ya. Persatuan menjadi faktor penting bagi perjuangan kaum muda saat ini karna bermakna sebagai perekat keutuhan bangsa dan mempertahankan kedaulatan bangsa. Untuk lebih jelasnya, pahamilah penjelasan berikut ini Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Hal ini tidak terlepas dari perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menggambarkan keutuhan berbangsa dan bernegara. Persatuan menjadi faktor penting bagi perjuangan kaum muda saat ini. Hal ini karna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia bisa dimaknai sebagai bersatunya berbagai bangsa dengan beragam perbedaan agama, suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi. Itulah mengapa, penting memiliki sikap persatuan dan kesatuan masyarakat demi keutuhan bangsa dan negara. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, bangsa akan terpecah belah. Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi