Nurin N

25 Januari 2024 02:18

Iklan

Iklan

Nurin N

25 Januari 2024 02:18

Pertanyaan

Diketahui Segitiga ABC sembarang dan titik P merupakan titik tengah sisi BC. Buatlah tiruan segitiga tersebut. Lalu, segitiga tiruan tersebut diputar sejauh 180° dengan pusat titik P sehingga titik B terletak di C dan titik C terletak di B. a. Tentukan ruas garis dan sudut yang sama besar pada dua segitiga tersebut. b. Sebutkan nama segi empat yang terbentuk.

Diketahui Segitiga ABC sembarang dan titik P merupakan titik tengah sisi BC. Buatlah tiruan segitiga tersebut. Lalu, segitiga tiruan tersebut diputar sejauh 180° dengan pusat titik P sehingga titik B terletak di C dan titik C terletak di B.

a. Tentukan ruas garis dan sudut yang sama besar pada dua segitiga tersebut.

b. Sebutkan nama segi empat yang terbentuk.

alt

5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Februari 2024 12:13

Jawaban terverifikasi

Dari pertanyaan yang kamu berikan, terdapat beberapa konsep yang perlu kita bahas. Pertama, kita akan membahas tentang segitiga dan titik tengah sisi. Kemudian, kita akan membahas tentang rotasi segitiga. Apakah kamu sudah memahami konsep-konsep tersebut? penjelasan: 1. Segitiga ABC adalah segitiga sembarang, dan titik P merupakan titik tengah sisi BC. 2. Rotasi segitiga adalah proses memutar segitiga sejauh sudut tertentu dengan pusat rotasi di titik tertentu. Sekarang, mari kita mulai dengan langkah-langkah untuk menyelesaikan pertanyaan tersebut. penjelasan: 1. Untuk menentukan ruas garis yang sama besar pada dua segitiga tersebut, kita perlu memperhatikan bahwa segitiga tiruan yang diputar sejauh 180^(∘) akan memiliki panjang sisi yang sama dengan segitiga asli. Jadi, ruas garis yang sama besar pada kedua segitiga adalah AB, AC, dan BC. 2. Untuk sudut yang sama besar pada kedua segitiga, kita perlu memperhatikan bahwa rotasi sejauh 180^(∘) akan membuat sudut-sudut segitiga asli berubah menjadi sudut-sudut yang sama besar dengan segitiga tiruan. Jadi, sudut yang sama besar pada kedua segitiga adalah sudut A, B, dan C. Sebagai kesimpulan, ruas garis yang sama besar pada kedua segitiga adalah AB, AC, dan BC. Sedangkan sudut yang sama besar pada kedua segitiga adalah sudut A, B, dan C.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermatilah kalimat berikut ini! Pak Hengki Kurniawan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat menyatakan siap untuk melaksanakan program program pemerataan akses pendidikan di wilayahnya. Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah… A. tanda baca koma (,) setelah Pak Hengki Kurniawan dan tanda hubung (-) di tengah kata ulang program program B. tanda hubung (-) di tengah kata ulang program program dan tanda titik dua (:) setelah kata menyatakan C. tanda koma (,) setelah Pak Hengki Kurniawan dan tanda titik dua (:) setelah kata menyatakan D. tanda titik koma (;) setelah Pak Hengki Kurniawan dan tanda titik dua (:) setelah kata menyatakan

6

0.0

Jawaban terverifikasi