Rifqi A

20 Agustus 2023 15:20

Iklan

Iklan

Rifqi A

20 Agustus 2023 15:20

Pertanyaan

Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 8 cm. Titik M adalah titik tengah BC. Tentukan M ke EG.

Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 8 cm. Titik M adalah titik tengah BC. Tentukan M ke EG.


30

2


Iklan

Iklan

Ahmad A

20 Agustus 2023 17:09

<p>Dalam kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 8 cm, dan titik M adalah titik tengah BC, kita dapat mencari jarak dari titik M ke sisi EG.</p><p>Pertama-tama, perhatikan bahwa titik M adalah titik tengah dari sisi BC. Karena panjang rusuk kubus adalah 8 cm, maka panjang sisi BC adalah 8 cm. Oleh karena itu, panjang BM adalah setengah dari panjang BC:</p><p>BM = 8 cm / 2 = 4 cm</p><p>Selanjutnya, karena kubus adalah benda simetris, titik M dan titik E (yang merupakan titik tengah dari sisi FG yang berlawanan) terletak pada diagonal kubus yang sama. Dalam kasus ini, diagonal kubus adalah diagonal yang menghubungkan dua titik diagonal berlawanan, yaitu diagonal AC dan diagonal EH.</p><p>Panjang diagonal kubus bisa dihitung menggunakan teorema Pythagoras:</p>

Dalam kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 8 cm, dan titik M adalah titik tengah BC, kita dapat mencari jarak dari titik M ke sisi EG.

Pertama-tama, perhatikan bahwa titik M adalah titik tengah dari sisi BC. Karena panjang rusuk kubus adalah 8 cm, maka panjang sisi BC adalah 8 cm. Oleh karena itu, panjang BM adalah setengah dari panjang BC:

BM = 8 cm / 2 = 4 cm

Selanjutnya, karena kubus adalah benda simetris, titik M dan titik E (yang merupakan titik tengah dari sisi FG yang berlawanan) terletak pada diagonal kubus yang sama. Dalam kasus ini, diagonal kubus adalah diagonal yang menghubungkan dua titik diagonal berlawanan, yaitu diagonal AC dan diagonal EH.

Panjang diagonal kubus bisa dihitung menggunakan teorema Pythagoras:

alt

Iklan

Iklan

Ab C

21 Agustus 2023 02:43

<p>Kubus</p><p>r = &nbsp;8 cm</p><p>&nbsp;</p><p>M tengah BC</p><p>&nbsp;</p><p>Perhatikan ∆EMG</p><p>Dengan sisi :</p><p>EG = r√2 cm</p><p>EM = 3/2 cm</p><p>MG = 1/2 r√5 cm</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan <strong>aturan cosinus </strong>diperoleh ∠GEC = 45°</p><p>X pada EG</p><p>MX ⊥ EG&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jarak M ke EG</strong></p><p>= MX</p><p>= EM cos ∠GEC</p><p>= 3/2 r × cos 45°</p><p>= 3/2 × 8 × 1/2 √2</p><p>= <strong>6√2 cm&nbsp;</strong></p>

Kubus

r =  8 cm

 

M tengah BC

 

Perhatikan ∆EMG

Dengan sisi :

EG = r√2 cm

EM = 3/2 cm

MG = 1/2 r√5 cm

 

Dengan aturan cosinus diperoleh ∠GEC = 45°

X pada EG

MX ⊥ EG 

 

Jarak M ke EG

= MX

= EM cos ∠GEC

= 3/2 r × cos 45°

= 3/2 × 8 × 1/2 √2

= 6√2 cm 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tentukan turunan pertama dari fx= -3xx-2

305

5.0

Jawaban terverifikasi

Terdapat 9 karyawan pada suatu perusahaan di bidang animasi. Setiap kali ada order pekerjaan film animasi, order tersebut akan dikerjakan oleh 3 orang dengan pembagian kerja 1 orang pembuat desain manual, 1 orang coloring di komputer, dan 1 orang composing. Setiap ganti pekerjaan, mereka juga akan berganti pasangan maupun pembagian kerjanya. Tentukan setelah berapa kali order pekerjaan tim yang sama akan bertemu kembali.

339

1.0

Lihat jawaban (1)