Lalana L

23 Februari 2024 10:13

Iklan

Iklan

Lalana L

23 Februari 2024 10:13

Pertanyaan

Di sebuah kota kecil yang sedang berkembang pesat, terdapat sebuah pabrik tekstil yang menjadi salah satu penggerak utama ekonomi lokal. Pabrik tersebut memberikan pekerjaan kepada banyak penduduk setempat dan menjadi salah satu penyumbang besar pendapatan daerah. Namun, beberapa bulan terakhir, pabrik tersebut mulai mengalami kesulitan karena biaya produksi yang meningkat akibat kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja. Kondisi ini mengancam kelangsungan hidup pabrik dan stabilitas ekonomi kota. Bagaimana kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja dapat memengaruhi kondisi keuangan dan operasional pabrik tekstil tersebut?


2

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Februari 2024 10:31

Jawaban terverifikasi

Kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja dapat memberikan dampak serius pada kondisi keuangan dan operasional pabrik tekstil tersebut. Biaya Produksi Meningkat: Kenaikan harga bahan baku dan upah tenaga kerja akan langsung memengaruhi biaya produksi. Pabrik mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan bahan baku dan membayar pekerja, menyebabkan peningkatan biaya operasional secara keseluruhan. Menurunnya Profitabilitas: Dengan biaya produksi yang meningkat, profitabilitas pabrik dapat menurun. Hal ini dapat menghambat kemampuan pabrik untuk menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mempertahankan operasionalnya dan membayar gaji karyawan. Potensi PHK atau Penurunan Upah: Pabrik mungkin menghadapi tekanan untuk mengurangi biaya, yang dapat mengarah pada pemotongan tenaga kerja atau penurunan upah karyawan. Ini dapat menciptakan ketidakstabilan di antara pekerja dan berdampak pada keberlanjutan operasional pabrik. Potensi Penutupan Pabrik: Jika biaya produksi terus meningkat tanpa dapat diimbangi oleh peningkatan pendapatan atau efisiensi operasional, pabrik mungkin menghadapi risiko penutupan. Ini dapat memiliki dampak serius pada ekonomi lokal, dengan potensi kehilangan pekerjaan dan penurunan pendapatan daerah. Ketidakpastian Pasar dan Investasi: Kenaikan biaya produksi juga dapat menciptakan ketidakpastian di pasar dan dapat menghambat keputusan untuk berinvestasi lebih lanjut dalam pabrik. Hal ini dapat merugikan pertumbuhan ekonomi kota dalam jangka panjang.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Februari 2024 11:46

Jawaban terverifikasi

Kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kondisi keuangan dan operasional pabrik tekstil tersebut. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut: 1. **Meningkatnya Biaya Produksi:** - Kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja akan langsung meningkatkan biaya produksi pabrik tekstil. Ini termasuk harga kain, benang, pewarna, dan biaya pekerjaan. Peningkatan ini dapat mempengaruhi margin keuntungan pabrik. 2. **Penurunan Margin Keuntungan:** - Jika pabrik tidak dapat menaikkan harga jual produk mereka sebanding dengan kenaikan biaya produksi, margin keuntungan mereka akan menurun. Hal ini dapat mengarah pada situasi di mana pendapatan tidak cukup untuk menutupi biaya operasional, menyebabkan potensi kerugian. 3. **Kesulitan Penyesuaian Struktur Biaya:** - Jika pabrik tidak dapat dengan cepat menyesuaikan struktur biaya mereka untuk mengatasi kenaikan harga, hal ini dapat berdampak negatif pada operasional mereka. Mungkin diperlukan perubahan dalam manajemen biaya, proses produksi, atau strategi pemasaran. 4. **Penurunan Efisiensi Produksi:** - Kenaikan harga tenaga kerja dapat mengakibatkan pabrik kesulitan mempertahankan jumlah pekerjaan yang sama dengan biaya yang sama. Hal ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan efisiensi produksi, mempengaruhi jumlah barang yang dapat dihasilkan dalam periode waktu tertentu. 5. **Ancaman Kelangsungan Hidup Pabrik:** - Jika peningkatan harga tersebut berlanjut dan pabrik tidak dapat mengambil langkah-langkah yang tepat, hal ini dapat mengancam kelangsungan hidup pabrik. Potensi penurunan keuntungan atau kerugian yang berkelanjutan dapat membahayakan stabilitas ekonomi lokal karena pabrik mungkin harus mengurangi produksi atau bahkan berhenti beroperasi. Dengan demikian, kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja tidak hanya memengaruhi biaya produksi, tetapi juga dapat berdampak pada struktur keuntungan, efisiensi operasional, dan bahkan kelangsungan hidup pabrik tekstil dalam jangka panjang. Solusi yang efektif mungkin melibatkan strategi manajemen biaya, peningkatan efisiensi operasional, dan penyesuaian harga produk untuk mencapai keseimbangan yang berkelanjutan.


Sumber W

Silver

23 Februari 2024 12:23

Jawaban terverifikasi

Kenaikan bahan baku sangat berpengaruh pada proses produksi. Jika harga bahan baku naik maka secara otomatis biaya produksi juga akan naik. Biaya ini sifatnya berubah-ubah tergantung pada beberapa hal, seperti permintaan, penawaran, jumlah pasokan, volume, hingga kondisi pasar. Apa biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja? Biaya Bahan Baku Biaya bahan baku (raw material cost) adalah seluruh biaya untuk memperoleh sampai dengan bahan siap untuk digunakan yang meliputi harga bahan, ongklos angkut (kirim), penyimpanan dan lain-lain. Biaya Tenaga Kerja Biaya tenaga kerja (direct labor cost) adalah semua balas jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada semua karyawan. Biaya ini termasuk gaji, insentif dan uang lembur. Ada beberapa akibat yang akan timbul jika kenaikan biaya bahan baku dan tenaga kerja terus meningkat diantaranya adalah : 1. Pengurangan Karyawan Jika biaya terus meningkat supaya perusahaan bisa terus beroperasi maka langkah untuk mengurangi biaya dan mencegah penutupan adalah dengan mengurangi karyawan (PHK). 2. Penurunan Upah Penurunan upah bisa berupa pengurangan tunjangan atau insentif. Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi biaya. 3. Penutupan Pabrik Ini langkah terakhir jika langkah-langkah lain tidak bisa dilakukan. Jika biaya terus meningkat, sementara biaya-biaya tidak tertutupi maka bisa dilakukan penutupan pabrik baik sementara maupun permanen. Tentu saya cara-cara ini akan berdampak besar pada perokonomian baik karyawan maupun ekonomi kota tersebut. Kesimpulan : Kenaikan bahan baku dan tenaga kerja sangat berpengaruh kepada biaya pabrik karena kedua hal tersebut sangat berkaitan langsung dengan proses produksi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

B. Jawablah soal-soal di bawah ini! Bacalah teks cerita inspiratif di bawah ini dan jawablah pertanyaannya! RAJA DAN KOTA MEGAHYA Alkisah, hiduplah seorang rata yang kaya raya. Pada suatu hari ia memanggil seluruh pakar bangunan, insinyur, dan desainer kita yang ada di dunia. Kepada mereka ia meminta untuk dibuatkan sebuah kota yang paling megah dan paling pindah di seluruh dunia. Pekerjaan pun dimulai. Semua dikerjakan dengan sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Rata tidak menawar harga. Berapa pun biaya yang dibutuhkan ia siap membayarnya. Setelah sekian lama dikerjakan, akhirnya semuanya selesai. Sebuah kota yang teramat megah dan pindah hasil karya para pakar dunia pun tercipta. Memasuki kota itu seperti masuk surga. Raja mengadakan pesta dan mengundang rakyatnya dan tamu-tamu negara. Setiap orang yang datang pasti berdetak kagum menyaksikan karya jagung yang dahsyat dan sempurna itu. Rata pun sangat bangga dan puas karena semua itu berkat kecemerlangan idenya. Rata memerintahkan kepada penjaga agar menandai setiap tamu yang datang tentang celah kekurangan kota yang dibangunnya. Tiba-tiba ada seorang pengunjung rakyat bisa berseloroh. "Ah, seindah apa pun kota ini, tetap tidak sempurna". Mendengar kalimat itu rata tersinggung. Apa lagi yang mengatakannya adalah orang desa yang tidak tahu sama sekali tentang arsitektur kota. “Hai, memang dirimu siapa? Apa maksudmu kota ini tidak sempurna? Coba katakan, apa yang kurang dari karya hebat ini?" "Maafkan, tuan raja. Benar, memang kota yang Anda bangun sangat pindah. Tapi tetap saja mengandung dua cacat". "Apa itu? Sebutkan!" "Pertama, suatu ketika kota ini akan pudar keindahannya, akan rusak, bahkan boleh jadi musnah. Yang kedua, pemilik kota ini juga akan musnah, suatu saat kematian akan menjemputnya. Apakah hal ini bisa dibilang sempurna?" "Aha, memangnya ada yang tak akan rusak dan pemiliknya tak akan mati? Tentu saja ada, Tuan Rata. Yang tak akan rusak adalah kota pindah surganya Allah, dan pemiliknya yaitu Allah, yang tak akan pernah mati. Itulah tempat yang sempurna". "Kau benar, saudaraku. Hamper saja kemewahan dan kemegahan dunia melarikan dan menjerumuskanku. Terima kasih kau telah menyadarkanku". Selanjutnya yang rata memeluk orang yang memberikan usul tersebut. Pertanyaan : 1. Apa ide sang raja itu? 2. Mengapa ia mewujudkan ide tersebut? 3. Apa yang dilakukan raja agar idenya bisa dilaksanakan? 4. Apa yang dilakukan raja setelah idenya terwujud? 5. Apa yang diperintahkan raja kepada setiap tamu yang datang? 6. Mengapa raja melakukan hal tersebut? 7. Siapakah yang memberikan usul? 8. Apakah usulnya tersebut? 9. Siapa saja yang diundang? 10. Di manakah pesta itu diadakan? 11. Kapankah pesta itu dilaksanakan? 12. Bagaimana reaksi raja setelah mendengar salah satu rakyatnya memberikan usul?

24

5.0

Jawaban terverifikasi