Alya T

09 Agustus 2023 18:48

Iklan

Iklan

Alya T

09 Agustus 2023 18:48

Pertanyaan

di dalam embrio fetus menerima nutrisi dari induknya. nutrisi berupa sari makanan dan oksigen diangkut oleh sistem sirkulasi melalui plasenta. kita juga tentu mengetahui bahwa dalam sistem darat dibutuhkan kecocokan golongan darah. jika tidak cocok akan mengakibatkan penggumpalan aglutinasi. pada suatu saat bisa saja terjadi induk bergolongan darah A dan anak yang dikandung bergolongan darah B. secara teori golongan darah A Jika Bertemu B akan terjadi penggumpalan. Mengapa dalam kasus tersebut, tidak terjadi penggumpalan melalui plasenta induk dan anak yang dikandungnya? mohon penjelasannyaa🙏


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

10 Agustus 2023 02:31

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini. Pembahasan: Penggumpalan darah atau aglutinasi biasanya terjadi karena adanya reaksi antara antigen pada permukaan sel darah merah dengan antibodi yang ada dalam darah. Pada kasus seperti itu, tidak terjadi penggumpalan antara golongan darah A induk dan golongan darah B anak melalui plasenta karena plasenta memiliki mekanisme perlindungan yang menghalangi pertukaran langsung antara darah induk dan darah janin. Plasenta memiliki lapisan yang memisahkan sirkulasi darah induk dan janin sehingga darah keduanya tidak bersentuhan langsung. Oleh karena itu, potensi aglutinasi atau penggumpalan tidak terjadi dalam kasus ini.


Nadine A

17 Agustus 2023 11:09

aku ga tau 😇

Iklan

Iklan

Miftah B

Community

10 Agustus 2023 00:42

Halo sobat 👋 Jawaban: Golongan darah tidak hanya ditentukan oleh adanya protein dalam darah yang menggolongkan empat tipe menjadi A, B, AB, dan O. Melainkan juga ditentukan adanya rhesus atau faktor Rh yakni Rh positif ataupun Rh negatif. Jika golongan rhesusnya sama maka tidak terjadi penggumpalan. Namun tipe golongan darah yang berbeda, kadang kala memberikan dampak negatif bagi ibu dan bayi yang dikandungan. Pada beberapa kasus ada yang mengalami gejala ringan sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Namun ada pula anak yang terlahir akan mengalami anemia akut. Namun, pada teknologi zaman sekarang. Sudah banyak solusi dan pengobatan yang dapat mencegah terjadinya hal-hal yang dapat membahayakan ibu dan bayi akibat golongan darah yang berbeda.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

191

5.0

Jawaban terverifikasi