Irema O

23 Juli 2022 07:02

Iklan

Iklan

Irema O

23 Juli 2022 07:02

Pertanyaan

Di bawah ini merupakan urutan siklus hidup Aurelia aurita yang benar adalah .... A. zigot blastula - gastrula - planula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa B. zigot blastula planula gastrula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa C. zigot gastrula - blastula - planula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa D. zigot blastula gastrula planula - skyphostoma - ephyra - strobila - medusa E. zigot gastrula - blastula - planula - skyphostoma - ephyra - strobila - medusa


23

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

K. Wisnu

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

05 Oktober 2022 05:54

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah A. zigot blastula - gastrula - planula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa.</p><p>&nbsp;</p><p><i>Aurelia aurita</i> merupakan salah satu anggota filum Coelenterata kelas Scypozoa. <i>Aurelia aurita</i> dikenal dengan nama ubur-ubur. <i>Aurelia aurita</i> mengalami metagenesis pada daur hidupnya. Berikut merupakan urutan perkembangan Aurelia aurita:&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>1. Medusa dewasa jantan dan betina akan menghasilkan gamet (sel telur dan sperma) yang haploid.</p><p>2. Fertilisasi sel telur oleh spermatozoid akan menghasilkan zigot yang diploid, Fertilisasi terjadi secara eksternal di air.</p><p>3. Zigot akan mengalami pembelahan mitosis dan berkembang menjadi blastula, gastrula, yang kemudian berkembang menjadi planula bersilia yang berenang bebas.</p><p>4. Planula akan menetap pada substart tertentu dan tumbuh menjadi polip baru yang berukuran kecil dan bertentakel yang disebut dengan skifistoma, Skifistoma dapat membentuk tunas-tunas baru.</p><p>5. Skifistoma dapat melakukan strobilasi atau pembelahan secara melintang pada ujung oral untuk menghasilkan setumpuk bakal medusa atau efira.</p><p>6. Efira akan lepas satu persatu menjadi medusa dewasa, setelah efira lepas skifistoma kembali menjadi polip.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. zigot blastula - gastrula - planula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa.</p>

Jawaban yang benar adalah A. zigot blastula - gastrula - planula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa.

 

Aurelia aurita merupakan salah satu anggota filum Coelenterata kelas Scypozoa. Aurelia aurita dikenal dengan nama ubur-ubur. Aurelia aurita mengalami metagenesis pada daur hidupnya. Berikut merupakan urutan perkembangan Aurelia aurita: 

 

1. Medusa dewasa jantan dan betina akan menghasilkan gamet (sel telur dan sperma) yang haploid.

2. Fertilisasi sel telur oleh spermatozoid akan menghasilkan zigot yang diploid, Fertilisasi terjadi secara eksternal di air.

3. Zigot akan mengalami pembelahan mitosis dan berkembang menjadi blastula, gastrula, yang kemudian berkembang menjadi planula bersilia yang berenang bebas.

4. Planula akan menetap pada substart tertentu dan tumbuh menjadi polip baru yang berukuran kecil dan bertentakel yang disebut dengan skifistoma, Skifistoma dapat membentuk tunas-tunas baru.

5. Skifistoma dapat melakukan strobilasi atau pembelahan secara melintang pada ujung oral untuk menghasilkan setumpuk bakal medusa atau efira.

6. Efira akan lepas satu persatu menjadi medusa dewasa, setelah efira lepas skifistoma kembali menjadi polip.

 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. zigot blastula - gastrula - planula - skyphostoma - strobila - ephyra - medusa.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

453

5.0

Jawaban terverifikasi