Muh. M

16 September 2023 16:33

Iklan

Iklan

Muh. M

16 September 2023 16:33

Pertanyaan

dalam transpor pasif, molekul keluar masuk melalui protein apa? dan apakah hanya satu saja protein yang dilewati?

dalam transpor pasif, molekul keluar masuk melalui protein apa? dan apakah hanya satu saja protein yang dilewati?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

BimBim B

17 September 2023 00:20

Jawaban terverifikasi

<h2>Dalam transpor pasif, molekul keluar masuk melalui protein yang disebut "protein pembawa" (<i>carrier protein</i>) dan tidak hanya 1 protein saja yang dilewati.</h2><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Penjelasan</u></strong></p><p>Protein-protein ini memfasilitasi pergerakan molekul atau ion melintasi membran sel, tetapi mereka tidak menggunakan energi dari ATP untuk melakukannya. Transpor pasif terjadi karena molekul bergerak secara alami dari daerah konsentrasi yang tinggi ke daerah konsentrasi yang rendah, sehingga tidak memerlukan energi tambahan.</p><p>Tidak hanya satu protein yang terlibat dalam transpor pasif, dan berbagai protein transporter dapat memfasilitasi pergerakan berbagai jenis molekul atau ion melintasi membran sel. Beberapa contoh protein transporter dalam transpor pasif termasuk:</p><ol><li>Protein kanal (<i>channel proteins</i>)<br>Ini adalah protein-protein yang membentuk saluran air dalam membran sel. Molekul-molekul atau ion-ion tertentu dapat berpindah melintasi membran melalui saluran ini. Contohnya adalah kanal ion seperti kanal sodium (Na<sup>+</sup>), kanal potassium (K<sup>+</sup>), atau kanal air (aquaporins) yang memfasilitasi pergerakan air.</li><li>Protein pembawa (<i>carrier proteins</i>)<br>Ini adalah protein yang mengikat molekul spesifik dan membantu mereka melewati membran sel. Proses ini biasanya melibatkan perubahan konformasi protein pembawa untuk memfasilitasi pergerakan molekul. Contoh terkenal adalah GLUT1, yang memfasilitasi transport glukosa.</li><li>Protein antiporter dan <i>symporter</i><br>Beberapa protein pembawa dapat mengangkut molekul secara bersamaan dalam dua arah yang berlawanan (antiporter) atau dalam arah yang sama (<i>symporter</i>). Contoh antiporter adalah Na<sup>+</sup>/K<sup>+</sup> ATPase yang mengangkut sodium dan potassium secara bersamaan dalam arah yang berlawanan. Symporter seperti cotransporter sodium-glukosa (SGLT) mengangkut sodium dan glukosa dalam arah yang sama.</li></ol><p>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, dalam transpor pasif, berbagai jenis protein transporter dapat terlibat dalam memfasilitasi pergerakan molekul atau ion melintasi membran sel sesuai dengan kebutuhan seluler.</strong></p>

Dalam transpor pasif, molekul keluar masuk melalui protein yang disebut "protein pembawa" (carrier protein) dan tidak hanya 1 protein saja yang dilewati.

 

Penjelasan

Protein-protein ini memfasilitasi pergerakan molekul atau ion melintasi membran sel, tetapi mereka tidak menggunakan energi dari ATP untuk melakukannya. Transpor pasif terjadi karena molekul bergerak secara alami dari daerah konsentrasi yang tinggi ke daerah konsentrasi yang rendah, sehingga tidak memerlukan energi tambahan.

Tidak hanya satu protein yang terlibat dalam transpor pasif, dan berbagai protein transporter dapat memfasilitasi pergerakan berbagai jenis molekul atau ion melintasi membran sel. Beberapa contoh protein transporter dalam transpor pasif termasuk:

  1. Protein kanal (channel proteins)
    Ini adalah protein-protein yang membentuk saluran air dalam membran sel. Molekul-molekul atau ion-ion tertentu dapat berpindah melintasi membran melalui saluran ini. Contohnya adalah kanal ion seperti kanal sodium (Na+), kanal potassium (K+), atau kanal air (aquaporins) yang memfasilitasi pergerakan air.
  2. Protein pembawa (carrier proteins)
    Ini adalah protein yang mengikat molekul spesifik dan membantu mereka melewati membran sel. Proses ini biasanya melibatkan perubahan konformasi protein pembawa untuk memfasilitasi pergerakan molekul. Contoh terkenal adalah GLUT1, yang memfasilitasi transport glukosa.
  3. Protein antiporter dan symporter
    Beberapa protein pembawa dapat mengangkut molekul secara bersamaan dalam dua arah yang berlawanan (antiporter) atau dalam arah yang sama (symporter). Contoh antiporter adalah Na+/K+ ATPase yang mengangkut sodium dan potassium secara bersamaan dalam arah yang berlawanan. Symporter seperti cotransporter sodium-glukosa (SGLT) mengangkut sodium dan glukosa dalam arah yang sama.

 

Jadi, dalam transpor pasif, berbagai jenis protein transporter dapat terlibat dalam memfasilitasi pergerakan molekul atau ion melintasi membran sel sesuai dengan kebutuhan seluler.


Iklan

Iklan

Haris J

16 September 2023 22:45

<p>Dalam transpor pasif, molekul keluar masuk sel melalui dua mekanisme utama<sup>[1%5E]</sup>:</p><ol><li>Difusi Sederhana: Molekul berukuran kecil dan nonpolar seperti O2 dan CO2 dapat melewati membran sel secara langsung melalui lipid bilayer.</li><li>Difusi Terfasilitasi: Molekul yang lebih besar atau bermuatan, seperti glukosa dan ion, tidak dapat melewati membran sel secara langsung. Mereka memerlukan bantuan protein tertentu yang disebut protein pembawa atau channel protein<sup>[2%5E]</sup>.</li></ol><p>Setiap protein pembawa atau channel protein biasanya spesifik untuk jenis molekul tertentu, berarti satu molekul umumnya hanya akan melewati satu jenis protein<sup>[2%5E]</sup>. Namun, bukan berarti hanya satu protein yang dilewati oleh seluruh molekul. Banyak molekul berbeda dapat melewati membran sel secara simultan, dan setiap molekul tersebut biasanya memiliki protein transporternya sendiri.</p><p>Sources:</p><p>https://id.wikipedia.org/wiki/Transpor_pasif</p><p>https://www.ruangbiologi.co.id/transpor-pasif-pada-membran-sel/</p>

Dalam transpor pasif, molekul keluar masuk sel melalui dua mekanisme utama[1%5E]:

  1. Difusi Sederhana: Molekul berukuran kecil dan nonpolar seperti O2 dan CO2 dapat melewati membran sel secara langsung melalui lipid bilayer.
  2. Difusi Terfasilitasi: Molekul yang lebih besar atau bermuatan, seperti glukosa dan ion, tidak dapat melewati membran sel secara langsung. Mereka memerlukan bantuan protein tertentu yang disebut protein pembawa atau channel protein[2%5E].

Setiap protein pembawa atau channel protein biasanya spesifik untuk jenis molekul tertentu, berarti satu molekul umumnya hanya akan melewati satu jenis protein[2%5E]. Namun, bukan berarti hanya satu protein yang dilewati oleh seluruh molekul. Banyak molekul berbeda dapat melewati membran sel secara simultan, dan setiap molekul tersebut biasanya memiliki protein transporternya sendiri.

Sources:

https://id.wikipedia.org/wiki/Transpor_pasif

https://www.ruangbiologi.co.id/transpor-pasif-pada-membran-sel/


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

540

2.0

Jawaban terverifikasi