Rahmat S

14 Februari 2022 12:28

Iklan

Iklan

Rahmat S

14 Februari 2022 12:28

Pertanyaan

Dalam perjuangan melawan VOC, pasukan Sultan Nuku mendapat bantuan dari .... a. Rakyat Papua, Sultan Tidore dan pasukan Spanyol b. Sultan Ternate, pasukan Portugis dan rakyat Halmahera c. Sultan Ternate, rakyat Papua dan East India Company (EIC) d. Rakyat Minahasa, Sultan Ternate dan East India Company (EIC) e. Sultan Tidore, rakyat Halmahera dan East India Company (EIC)


51

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Susyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

17 Februari 2022 02:46

Jawaban terverifikasi

Hai Rahmat, Kaka bantu jawab yaa. Jawaban yang tepat adalah opsi E . Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini. Pengeran Nuku dianggap lebih berhak atas tahta Kerajaan Tidore dibanding dengan Patra Alam, oleh karena itu beliau mulai melawan VOC dan mengambil alih Tidore. Selama berada dipelarian yakni di Halmahera bagian Selatan, Pangeran Nuku menghimpun kekuatan dan mendapatkan dukungan dari Raja-raja kecil yang berkuasa di wilayah tersebut. Pangeran Nuku juga mendapatkan dukungan dari wilayah kekuasaan Tidore yang lain seperti Serang bagian timur hingga kepulauan Raja Ampat, dukungan juga datang dari orang-orang Mindanao (sekarang wilayah Filipina) dan bantuan dari Inggris. Pada 12 April 1797, wilayah Tidore berhasil direbut dan Belanda melarikan diri menuju Ternate. Setelahnya, Pangeran Nuku dinobatkan menjadi Sultan Tidore. Semoga membantu!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi