Nicholas P

25 Maret 2020 13:24

Iklan

Iklan

Nicholas P

25 Maret 2020 13:24

Pertanyaan

Dalam perjanjian Linggarjati, disebutkan keinginan Belanda dalam membangun Uni Indonesia-Belanda di bawah kepemimpinan Ratu Belanda. Alasan Belanda membangun hubungan tersebut adalah?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Fauzia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

03 Januari 2022 02:18

Jawaban terverifikasi

Hai Nicholas P, kakak bantu jawab ya. Alasan Belanda dalam membangun Uni Indonesia-Belanda adalah agar dapat mengatur wilayah bekas jajahan Belanda dengan cara kerja sama untuk kepentingan bersama. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Perundingan Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda untuk membahas soal status kemerdekaan Indonesia. Perundingan Linggarjati dilakukan pada tanggal 11-15 November 1946. Perjanjian Linggarjati menghasilkan beberapa poin dan pasal, yaitu: 1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura. 2. Belanda harus meninggalkan wilayah Republik Indonesia selambat-lambatnya tanggal 1 Januari 1949 3. Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS). 4. RIS harus bergabung dengan negara-begara persemakmuran di bawah Kerajaan Belanda. Secara umum, pembentukan Uni Indonesia-Belanda adalah tujuan Kerajaan Belanda untuk mendirikan negara persemakmuran yang terdiri dari negara-negara eks koloni Belanda. Persemakmuran diupayakan dalam bidang pertahanan, hubungan luar negeri, keuangan, hubungan ekonomi, dan hubungan budaya. Kerjasama ini akan dipimpin oleh seorang kepala organisasi yaitu Ratu Juliana selaku Ratu Belanda. "Semoga membantu yaa"


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan mengapa bangsa eropa melakukan kolonialisme dan imperialisme?

6

0.0

Jawaban terverifikasi

Dalam bidang perkebunan, rakyat Indonesia di paksa untuk menganti makanan pokok seperti Jagung dan Ubi menjadi Padi dan Gandum, hal ini di maksudkan dengan alasan

17

0.0

Lihat jawaban (1)

Iklan

Iklan