Varamus K

10 Maret 2022 15:36

Iklan

Iklan

Varamus K

10 Maret 2022 15:36

Pertanyaan

Dalam konsep aliran energi, digambarkan adanya perjalanan energi dari matahari ke produsen, konsumen I, konsumen II, konsumen Ill, hingga ke konsumen puncak. Pengurai dapat berada di tingkat trofik II, Ill, IV, dan V. b. Jelaskan aliran energi ya ng d iterima dari prod usen hi ngga pengurai.


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Milada

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

08 Agustus 2022 23:13

Jawaban terverifikasi

Penjelasan aliran energi dari produsen sampai ke konsumen ada di penjelasan berikut ya. Aliran energi adalah proses perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya. Biasanya aliran energi ini dapat terjadi pada suatu rantai makanan. Berikut adalah proses aliran energi dari produsen sampai pengurai/dekomposer. 1. Energi cahaya matahari masuk ke dalam lingkungan ekosistem. 2. Hanya setengah dari rata-rata energi cahaya yang digunakan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Setelah fotosintesis maka akan dihasilkan energi kimia yang diperoleh dari energi cahaya. Energi tersebut kemudian tersimpan di dalam tumbuhan sebagai produsen. 3. Tumbuhan akan dimakan oleh organisme herbivora sehingga energi berpindah dari produsen ke konsumen primer. Energi yang disimpan konsumen primer hanya berkisar 10% dari energi produsen. 4. Organisme herbivora kemudian dimangsa oleh organisme karnivora sehingga energi berpindah dari konsumen primer ke tubuh konsumen sekunder. Energi yang disimpan juga hanya 10% dari energi konsumen primer. 5. Apabila produsen tidak dimakan oleh konsumen primer, maka energi akan diteruskan ke dekomposer atau dikeluarkan dari ekosistem sebagai materi organik.  Jadi, aliran energi dari produsen sampai ke pengurai seperti penjelasan di atas ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

140

2.0

Jawaban terverifikasi