Hilya H

29 Januari 2024 19:41

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:41

Pertanyaan

Dalam kegiatannya pasar mempunyai tiga fungsi utama yaitu

Dalam kegiatannya pasar mempunyai tiga fungsi utama yaitu


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:58

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br>Tiga fungsi utama pasar:<br>1. Fungsi distribusi, pasar memungkinkan produsen berhubungan dengan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara dalam perdagangan.<br>2. Fungsi pembentukan harga, harga pasar akan terbentuk dengan adanya kesepakatan antara pembeli dan penjual.<br>3. Fungsi promosi, pasar dapat digunakan oleh produsen untuk memperkenalkan barang yang diproduksinya. Hal ini terutama untuk barang-barang baru.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Tiga fungsi utama pasar:
1. Fungsi distribusi, pasar memungkinkan produsen berhubungan dengan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara dalam perdagangan.
2. Fungsi pembentukan harga, harga pasar akan terbentuk dengan adanya kesepakatan antara pembeli dan penjual.
3. Fungsi promosi, pasar dapat digunakan oleh produsen untuk memperkenalkan barang yang diproduksinya. Hal ini terutama untuk barang-barang baru.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:16

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam kegiatannya, pasar memiliki tiga fungsi utama, yaitu:</p><p><strong>Fungsi Pembentukan Harga (Price Formation):</strong></p><ul><li>Pasar berfungsi sebagai tempat di mana harga barang dan jasa terbentuk. Interaksi antara penawaran dan permintaan di pasar akan menentukan harga suatu produk atau jasa. Proses ini memungkinkan mekanisme pasar untuk mencapai titik keseimbangan harga yang mencerminkan keinginan konsumen dan produsen.</li></ul><p><strong>Fungsi Penyebaran Informasi (Information Dissemination):</strong></p><ul><li>Pasar berperan sebagai saluran distribusi informasi ekonomi. Melalui mekanisme pasar, informasi tentang harga, kualitas, dan ketersediaan produk tersampaikan kepada konsumen dan produsen. Ini membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang informasional dan produsen untuk menyesuaikan produksi mereka.</li></ul><p><strong>Fungsi Alokatif (Allocative Function):</strong></p><ul><li>Pasar membantu mengalokasikan sumber daya ekonomi secara efisien. Dengan cara ini, barang dan jasa diproduksi sesuai dengan preferensi dan keinginan konsumen. Pasar memberikan insentif bagi produsen untuk menghasilkan barang atau jasa yang diminati oleh konsumen karena hal ini dapat meningkatkan profitabilitas mereka.</li></ul>

Dalam kegiatannya, pasar memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

Fungsi Pembentukan Harga (Price Formation):

  • Pasar berfungsi sebagai tempat di mana harga barang dan jasa terbentuk. Interaksi antara penawaran dan permintaan di pasar akan menentukan harga suatu produk atau jasa. Proses ini memungkinkan mekanisme pasar untuk mencapai titik keseimbangan harga yang mencerminkan keinginan konsumen dan produsen.

Fungsi Penyebaran Informasi (Information Dissemination):

  • Pasar berperan sebagai saluran distribusi informasi ekonomi. Melalui mekanisme pasar, informasi tentang harga, kualitas, dan ketersediaan produk tersampaikan kepada konsumen dan produsen. Ini membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang informasional dan produsen untuk menyesuaikan produksi mereka.

Fungsi Alokatif (Allocative Function):

  • Pasar membantu mengalokasikan sumber daya ekonomi secara efisien. Dengan cara ini, barang dan jasa diproduksi sesuai dengan preferensi dan keinginan konsumen. Pasar memberikan insentif bagi produsen untuk menghasilkan barang atau jasa yang diminati oleh konsumen karena hal ini dapat meningkatkan profitabilitas mereka.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan awal kemerdekaan Indonesia ditinjau dari PPKI yaitu dalam segi militer, politik, ekonomi, dan sosial!

4

5.0

Jawaban terverifikasi