Sri W

20 Maret 2024 12:25

Iklan

Iklan

Sri W

20 Maret 2024 12:25

Pertanyaan

Dala teks biografi tersebut juga terdapat beberapa kesalahan penulisan kata serapan . silahkan tulis perbaikan kata -kata tersebut dan jelaskan dasar kaidah penulisan nya . Tabel isian kata serapan dalam teks biografi H.B.Jassin 1.kata dalam teks (collection) Perbaikan kata yang benar Kaidah penulisan kata serapan 2.kata dalam teks ( fact) Perbaikan kata yang benar Kaidah penulisan kata serapan 3.kata dalam teks ( documentation) Perbaikan kata yang benar Kaidah penulisan kata serapan 4.kata dalam teks (relevant) Perbaikan kata yang benar Kaidah penulisan kata serapan 5 .kata dalam teks(authentic) Perbaikan kata yang benar Kaidah penulisan kata serapan Mohon dibantu jawab kk , soalnya bsok dikumpulkan πŸ™πŸ™πŸ™


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rama R

21 Maret 2024 02:32

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut perbaikan kata-kata serapan dalam teks biografi H.B. Jassin beserta dasar kaidah penulisannya:</p><p>Kata dalam teks: collection Perbaikan kata yang benar: koleksi Dasar kaidah penulisan: Menyesuaikan ejaan dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang benar, dalam hal ini mengganti "collection" yang merupakan kata serapan dengan kata "koleksi" yang sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.</p><p>Kata dalam teks: fact Perbaikan kata yang benar: fakta Dasar kaidah penulisan: Mengganti "fact" yang merupakan kata serapan dengan kata "fakta" sesuai dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang menerapkan ejaan yang tepat.</p><p>Kata dalam teks: documentation Perbaikan kata yang benar: dokumentasi Dasar kaidah penulisan: Mengganti "documentation" yang merupakan kata serapan dengan kata "dokumentasi" sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang tepat.</p><p>Kata dalam teks: relevant Perbaikan kata yang benar: relevan Dasar kaidah penulisan: Menyesuaikan ejaan dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang benar, mengganti "relevant" yang merupakan kata serapan dengan kata "relevan" sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.</p><p>Kata dalam teks: authentic Perbaikan kata yang benar: otentik Dasar kaidah penulisan: Menyesuaikan ejaan dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang benar, mengganti "authentic" yang merupakan kata serapan dengan kata "otentik" sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p><p>sorry kalo salah&nbsp;</p>

Berikut perbaikan kata-kata serapan dalam teks biografi H.B. Jassin beserta dasar kaidah penulisannya:

Kata dalam teks: collection Perbaikan kata yang benar: koleksi Dasar kaidah penulisan: Menyesuaikan ejaan dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang benar, dalam hal ini mengganti "collection" yang merupakan kata serapan dengan kata "koleksi" yang sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.

Kata dalam teks: fact Perbaikan kata yang benar: fakta Dasar kaidah penulisan: Mengganti "fact" yang merupakan kata serapan dengan kata "fakta" sesuai dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang menerapkan ejaan yang tepat.

Kata dalam teks: documentation Perbaikan kata yang benar: dokumentasi Dasar kaidah penulisan: Mengganti "documentation" yang merupakan kata serapan dengan kata "dokumentasi" sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang tepat.

Kata dalam teks: relevant Perbaikan kata yang benar: relevan Dasar kaidah penulisan: Menyesuaikan ejaan dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang benar, mengganti "relevant" yang merupakan kata serapan dengan kata "relevan" sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.

Kata dalam teks: authentic Perbaikan kata yang benar: otentik Dasar kaidah penulisan: Menyesuaikan ejaan dengan aturan penulisan bahasa Indonesia yang benar, mengganti "authentic" yang merupakan kata serapan dengan kata "otentik" sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.

 

 


 

sorry kalo salah 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:25

Jawaban terverifikasi

<p><br>Berikut adalah perbaikan kata serapan dalam teks biografi H.B. Jassin beserta dasar kaidah penulisannya:</p><p>Kata dalam teks: <strong>collection</strong> Perbaikan: koleksi Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "collection" dalam Bahasa Inggris berubah menjadi "koleksi" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang benar mengikuti ejaan dan aturan gramatikal dalam Bahasa Indonesia.</p><p>Kata dalam teks: <strong>fact</strong> Perbaikan: fakta Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "fact" dalam Bahasa Inggris diadaptasi menjadi "fakta" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang tepat mengikuti pola pembentukan kata dan ejaan Bahasa Indonesia.</p><p>Kata dalam teks: <strong>documentation</strong> Perbaikan: dokumentasi Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "documentation" dalam Bahasa Inggris disesuaikan menjadi "dokumentasi" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang sesuai mengikuti pola ejaan dan struktur morfologi kata dalam Bahasa Indonesia.</p><p>Kata dalam teks: <strong>relevant</strong> Perbaikan: relevan Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "relevant" dalam Bahasa Inggris mengalami penyesuaian menjadi "relevan" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang benar memperhatikan aturan ejaan dan makna kata dalam Bahasa Indonesia.</p><p>Kata dalam teks: <strong>authentic</strong> Perbaikan: autentik Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "authentic" dalam Bahasa Inggris diubah menjadi "autentik" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang tepat mengikuti adaptasi makna dan ejaan dalam Bahasa Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Berikut adalah perbaikan kata serapan dalam teks biografi H.B. Jassin beserta dasar kaidah penulisannya:

Kata dalam teks: collection Perbaikan: koleksi Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "collection" dalam Bahasa Inggris berubah menjadi "koleksi" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang benar mengikuti ejaan dan aturan gramatikal dalam Bahasa Indonesia.

Kata dalam teks: fact Perbaikan: fakta Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "fact" dalam Bahasa Inggris diadaptasi menjadi "fakta" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang tepat mengikuti pola pembentukan kata dan ejaan Bahasa Indonesia.

Kata dalam teks: documentation Perbaikan: dokumentasi Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "documentation" dalam Bahasa Inggris disesuaikan menjadi "dokumentasi" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang sesuai mengikuti pola ejaan dan struktur morfologi kata dalam Bahasa Indonesia.

Kata dalam teks: relevant Perbaikan: relevan Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "relevant" dalam Bahasa Inggris mengalami penyesuaian menjadi "relevan" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang benar memperhatikan aturan ejaan dan makna kata dalam Bahasa Indonesia.

Kata dalam teks: authentic Perbaikan: autentik Dasar kaidah penulisan: Kata serapan "authentic" dalam Bahasa Inggris diubah menjadi "autentik" dalam Bahasa Indonesia. Penulisan kata serapan yang tepat mengikuti adaptasi makna dan ejaan dalam Bahasa Indonesia.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 1-5! Keumalahayati adalah perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh. Ayahnya bernama Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya dari garis ayah adalah Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah sekitar tahun 1530-1539 M. Pada tahun 1585-1604, dia memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV. Malahayati memimpin 2.000 pasukan inong balee untuk berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599. Dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya ini sehingga ia lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati. 1. Tuliskan ide pokok teks tersebut! 2. Siapakah yang dimaksud pada kata yang dicetak tebal? 3. Tuliskan tiga kata kerja material yang terdapat dalam teks tersebut! 4. Apa yang membuat Keumalahayati lebih dikenal dengan Laksamana Malahayati? 5. Tuliskan kata serapan yang terdapat dalam teks tersebut beserta kata asalnya!

5

5.0

Jawaban terverifikasi