Aulia A

20 Februari 2024 01:42

Iklan

Iklan

Aulia A

20 Februari 2024 01:42

Pertanyaan

Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 1-5! Keumalahayati adalah perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh. Ayahnya bernama Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya dari garis ayah adalah Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah sekitar tahun 1530-1539 M. Pada tahun 1585-1604, dia memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV. Malahayati memimpin 2.000 pasukan inong balee untuk berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599. Dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya ini sehingga ia lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati. 1. Tuliskan ide pokok teks tersebut! 2. Siapakah yang dimaksud pada kata yang dicetak tebal? 3. Tuliskan tiga kata kerja material yang terdapat dalam teks tersebut! 4. Apa yang membuat Keumalahayati lebih dikenal dengan Laksamana Malahayati? 5. Tuliskan kata serapan yang terdapat dalam teks tersebut beserta kata asalnya!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aji P

20 Februari 2024 20:59

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Ide Pokok Teks</strong></p><p>Ide pokok teks tersebut adalah tentang biografi Keumalahayati, seorang pejuang dari Kesultanan Aceh yang memimpin pasukan melawan Belanda pada tahun 1599. Teks mencakup informasi tentang latar belakang keluarganya, perannya dalam pemerintahan, serta keberaniannya dalam pertempuran.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Yang Dimaksud dengan Kata yang Dicetak Tebal</strong> Kata yang dicetak tebal adalah "Keumalahayati" atau "Laksamana Malahayati." Ini merujuk kepada perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh yang memimpin pasukan melawan Belanda.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Tiga Kata Kerja Material</strong></p><ul><li><strong>Memimpin:</strong> Keumalahayati memimpin pasukan inong balee dalam pertempuran.&nbsp;</li><li><strong>Berperang:</strong> Dia berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda.&nbsp;</li><li><strong>Mendapat:</strong> Dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>4. Keumalahayati lebih dikenal dengan Laksamana Malahayati karena</strong></p><p>Keumalahayati lebih dikenal dengan gelar Laksamana Malahayati karena keberaniannya memimpin 2.000 pasukan inong balee dalam pertempuran melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda pada tanggal 11 September 1599.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>5. Kata Serapan dan Asalnya</strong></p><p>Kata serapan yang terdapat dalam teks ini adalah "Protokol," yang berasal dari bahasa Yunani "protokollon.</p>

1. Ide Pokok Teks

Ide pokok teks tersebut adalah tentang biografi Keumalahayati, seorang pejuang dari Kesultanan Aceh yang memimpin pasukan melawan Belanda pada tahun 1599. Teks mencakup informasi tentang latar belakang keluarganya, perannya dalam pemerintahan, serta keberaniannya dalam pertempuran.

 

2. Yang Dimaksud dengan Kata yang Dicetak Tebal Kata yang dicetak tebal adalah "Keumalahayati" atau "Laksamana Malahayati." Ini merujuk kepada perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh yang memimpin pasukan melawan Belanda.

 

3. Tiga Kata Kerja Material

  • Memimpin: Keumalahayati memimpin pasukan inong balee dalam pertempuran. 
  • Berperang: Dia berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda. 
  • Mendapat: Dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya.

 

4. Keumalahayati lebih dikenal dengan Laksamana Malahayati karena

Keumalahayati lebih dikenal dengan gelar Laksamana Malahayati karena keberaniannya memimpin 2.000 pasukan inong balee dalam pertempuran melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda pada tanggal 11 September 1599.

 

5. Kata Serapan dan Asalnya

Kata serapan yang terdapat dalam teks ini adalah "Protokol," yang berasal dari bahasa Yunani "protokollon.


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

Dijawab 5 hari yang lalu

<p>Jawaban:</p><ol><li>Ide pokok teks tersebut adalah tentang kehidupan dan perjuangan Keumalahayati, seorang perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh yang memimpin pasukan melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda.</li><li>Kata yang dicetak tebal adalah "Laksamana Malahayati".</li><li>Tiga kata kerja material yang terdapat dalam teks tersebut adalah: memegang, memimpin, mendapat.</li><li>Keumalahayati lebih dikenal dengan Laksamana Malahayati karena dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya memimpin pasukan dalam berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda.</li><li>Kata serapan yang terdapat dalam teks tersebut adalah "pejuang" yang berasal dari bahasa Jawa "pejuwang".</li></ol><p><br>&nbsp;</p>

Jawaban:

  1. Ide pokok teks tersebut adalah tentang kehidupan dan perjuangan Keumalahayati, seorang perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh yang memimpin pasukan melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda.
  2. Kata yang dicetak tebal adalah "Laksamana Malahayati".
  3. Tiga kata kerja material yang terdapat dalam teks tersebut adalah: memegang, memimpin, mendapat.
  4. Keumalahayati lebih dikenal dengan Laksamana Malahayati karena dia mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya memimpin pasukan dalam berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda.
  5. Kata serapan yang terdapat dalam teks tersebut adalah "pejuang" yang berasal dari bahasa Jawa "pejuwang".


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Di sebuah kantor, bos sangat marah kepada sekretaris barunya karena dia mengabaikan setiap telepon yang berdering. ‘….,” katanya kesal. “Baiklah,” jawabnya, “tetapi rasanya jadi konyol. Sembilan dari sepuluh telepon yang masuk adalah untuk Anda!” 10. Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kalimat …. A. Silakan Anda masuk! B. Anda harus menjawab telepon! C. Anda harus lebih rajin! D. Ketuk pintu dulu sebelum masuk! E. Biarkan telepon itu berdering!

6

0.0

Jawaban terverifikasi