Faustina A

10 April 2022 11:53

Iklan

Iklan

Faustina A

10 April 2022 11:53

Pertanyaan

Dakranggeh mega putih dina iki      Kae sawah kang mrajak singgang      Ana esem keri ing pinggir kali      Wayah opo saiki      Oh sintren iya sintren      Oh tarling iya tarling      Sesuk bae aku teka ngrangu      Apa mbok tinggal      Dudu impen kang kepragal      Ing gegere gunung creme      Kalane aku nunggu katresnanmu Ing ngendi latar geguritan kasebut? a tengah sawah b pucuk gunung c gegere gunung creme d pinggir kali


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

13 April 2022 07:20

Jawaban terverifikasi

Hai, Faustina A. Terima kasih telah menghubungi Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Latar ing geguritan kasebut yaiku C. Gegere Gunung Creme Mari kita simak pembahasannya. Geguritan merupakan puisi jawa modern. Meskipun tergolong puisi modern, namun geguritan memiliki paugeran/struktur yang mirip seperti macapat yaitu memiliki guru lagu, guru gatra, dan guru wilangan. Struktur geguritan yaitu 1. Tema, sebelum menulis isi geguritan baiknya menentukan tema. 2. Diksi, pemilihan kata yang indah dan baik. 3. Pencitraan, pencitraan berfungsi untuk menggambarakan isi geguritan yang digambarkan dalam bentuk benda maupun lainnya. 4. Judul, berfungsi untuk memberikan gambaran pembaca tentang isi geguritan. 5. Purwakanthi, merupakan pengolahan bunyi dan rima pada geguritan. 6. Amanat, berfungsi memberikan nilai atau pitutur luhur tentang isi geguritan. 7. Latar, latar memiliki beberapa jenis yaitu latar tempat dan latar waktu. Pada geguritan di soal, menyebutkan beberapa tempat yakni sawah, pinggir kali, dan gegere gunung creme. Namun, jawaban yang tepat untuk menentukan latar pada geguritan tersebut adalah gegere gunung creme karena di depan kalimat gegere gunung creme terdapat kata "ing" yang berarti "di", sedangkan untuk latar "sawah" dan "pinggir kali" hanya untuk menunjukkan tempat sekitar atau tempat yang dilihat oleh penulis disekitarnya, fungsinya sebagai pelengkap dan keterangan. Dengan demikian, latar geguritan tersebut ada di C. Gegere gunung creme. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pak Adi menyimpan modal di koperasi dengan bunga 10% setahun setelah 1 tahun pak Adi menerima bunga sebesar Rp 25.000.00 berapa besar uang yang di simpan pak Adi di koperasi tersebut?

36

0.0

Lihat jawaban (1)