Sofia G

25 Agustus 2023 10:38

Iklan

Sofia G

25 Agustus 2023 10:38

Pertanyaan

Cuka Anggur,Fermentasi dari Buah-Buahan Selain memberi aroma dam vita rasa yang khas pada masakan,cuka anggur kaya akan antioksodan jenis flavonoid dan polifenol sehingga di yakini ampuh sebagai penangkal beragam penyakit seperti kanker,jantunh,hipertensi,strok,dan lainnya. Dalam suatu kegiatan karya ilmiah,seorang siswa menuliskan beberapa laporam sebagai berikut. Sebelum fermentasi,jus anggur sangat manis. Setelah fermentasi tahap pertama,jus anggur tidak lagi semanis sebelumnya dan tercium aroma alkohol. Setelah fermentasi tahap kedua,rasa manis sudah berubah menjadi rasa masam dan tercium aroma cuka ( asam asetat) Dalam proses fermentasi,gula diubah menjadi alkohol. Jika alkohol di fermentasi lebih lanjut akan dihasilkan cuka. Dalam istilah metode ilmiah ,tahapan pertama dan keempat yang dilakukan siswa tersebut secara berturut-turut ... dan...

Cuka Anggur,Fermentasi dari Buah-Buahan

Selain memberi aroma dam vita rasa yang khas pada masakan,cuka anggur kaya akan antioksodan jenis flavonoid dan polifenol sehingga di yakini ampuh sebagai penangkal beragam penyakit seperti kanker,jantunh,hipertensi,strok,dan lainnya.

Dalam suatu kegiatan karya ilmiah,seorang siswa menuliskan beberapa laporam sebagai berikut.

  1. Sebelum fermentasi,jus anggur sangat manis.
  2. Setelah fermentasi tahap pertama,jus anggur tidak lagi semanis sebelumnya dan tercium aroma alkohol.
  3. Setelah fermentasi tahap kedua,rasa manis sudah berubah menjadi rasa masam dan tercium aroma cuka ( asam asetat)
  4. Dalam proses fermentasi,gula diubah menjadi alkohol.
  5. Jika alkohol di fermentasi lebih lanjut akan dihasilkan cuka.

Dalam istilah metode ilmiah ,tahapan pertama dan keempat yang dilakukan siswa tersebut secara berturut-turut ... dan...

 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

19

:

24

:

59

Klaim

15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

25 Agustus 2023 11:54

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam konteks metode ilmiah, kegiatan yang dilakukan siswa tersebut dapat dijelaskan dengan urutan sebagai berikut:</p><p>Pengamatan: Pada tahap pertama, siswa mengamati bahwa jus anggur sebelum fermentasi sangat manis.</p><p>Hipotesis: Kemungkinan siswa membuat hipotesis tentang perubahan yang terjadi selama fermentasi. Hipotesis ini mungkin berupa asumsi bahwa gula di dalam jus anggur diubah menjadi alkohol selama fermentasi.</p><p>Percobaan: Pada tahap ini, siswa melakukan fermentasi tahap pertama dengan mengamati bahwa setelah fermentasi pertama, jus anggur tidak lagi semanis sebelumnya dan tercium aroma alkohol.</p><p>Pengamatan dan Verifikasi: Siswa kembali mengamati perubahan selama tahap fermentasi kedua. Jus anggur berubah rasa manis menjadi rasa masam dan tercium aroma cuka (asam asetat). Ini mengonfirmasi hipotesis bahwa alkohol yang terbentuk dalam tahap fermentasi pertama kemudian diubah menjadi cuka selama tahap kedua.</p><p>Jadi, tahapan yang dilakukan siswa secara berturut-turut adalah:</p><p>Tahap Pertama: Pengamatan Tahap Kedua: Percobaan Tahap Ketiga: Pengamatan dan Verifikasi</p>

Dalam konteks metode ilmiah, kegiatan yang dilakukan siswa tersebut dapat dijelaskan dengan urutan sebagai berikut:

Pengamatan: Pada tahap pertama, siswa mengamati bahwa jus anggur sebelum fermentasi sangat manis.

Hipotesis: Kemungkinan siswa membuat hipotesis tentang perubahan yang terjadi selama fermentasi. Hipotesis ini mungkin berupa asumsi bahwa gula di dalam jus anggur diubah menjadi alkohol selama fermentasi.

Percobaan: Pada tahap ini, siswa melakukan fermentasi tahap pertama dengan mengamati bahwa setelah fermentasi pertama, jus anggur tidak lagi semanis sebelumnya dan tercium aroma alkohol.

Pengamatan dan Verifikasi: Siswa kembali mengamati perubahan selama tahap fermentasi kedua. Jus anggur berubah rasa manis menjadi rasa masam dan tercium aroma cuka (asam asetat). Ini mengonfirmasi hipotesis bahwa alkohol yang terbentuk dalam tahap fermentasi pertama kemudian diubah menjadi cuka selama tahap kedua.

Jadi, tahapan yang dilakukan siswa secara berturut-turut adalah:

Tahap Pertama: Pengamatan Tahap Kedua: Percobaan Tahap Ketiga: Pengamatan dan Verifikasi


Iklan

Kevin L

Gold

25 Agustus 2023 10:57

Jawaban terverifikasi

Tahapan pertama yang dilakukan siswa tersebut adalah observasi dan pengamatan awal terhadap jus anggur yang sangat manis sebelum fermentasi. Tahapan keempat adalah mengidentifikasi bahwa jika alkohol di fermentasi lebih lanjut, akan dihasilkan cuka. Dengan demikian, tahapannya adalah "observasi dan pengamatan awal" dan "identifikasi hasil fermentasi lebih lanjut". Penjelasan: Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh siswa dalam konteks fermentasi jus anggur menjadi cuka: 1. **Observasi dan Pengamatan Awal (Tahap Pertama):** Pada tahap ini, siswa mengamati dan mencatat sifat-sifat jus anggur sebelum dimulainya proses fermentasi. Mereka menyadari bahwa jus anggur memiliki rasa yang sangat manis sebelum fermentasi dimulai. 2. **Fermentasi Tahap Pertama:** Setelah proses fermentasi pertama, siswa menyadari bahwa rasa manis jus anggur telah berkurang dan tercium aroma alkohol. Ini menunjukkan bahwa gula dalam jus anggur diubah menjadi alkohol melalui proses fermentasi oleh mikroorganisme seperti ragi. 3. **Fermentasi Tahap Kedua:** Setelah fermentasi tahap kedua, siswa mengamati perubahan lebih lanjut dalam rasa jus anggur. Kini rasa manis sudah berubah menjadi rasa masam dan tercium aroma cuka (asam asetat). Hal ini menunjukkan bahwa alkohol yang dihasilkan dari fermentasi tahap pertama lebih lanjut dioksidasi menjadi asam asetat, yang memberikan rasa asam karakteristik pada cuka. 4. **Identifikasi Hasil Fermentasi Lanjut (Tahap Keempat):** Siswa menyimpulkan bahwa jika alkohol yang dihasilkan dari fermentasi tidak hanya dihasilkan sekali, melainkan di fermentasi lebih lanjut, akan dihasilkan cuka. Ini mengindikasikan pemahaman siswa tentang perubahan yang terjadi dalam proses fermentasi berkelanjutan, yang mengarah pada pembentukan cuka. Dalam istilah metode ilmiah, tahapan pertama dilakukan untuk mengamati fenomena awal (jus anggur yang manis), sementara tahap keempat adalah tahap di mana siswa mengidentifikasi dampak dari perubahan dalam proses fermentasi lebih lanjut (pembentukan cuka).


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah nama yang benar untuk senyawa di bawah ini menggunakan Sistem Yunani dan Bilangan Oksidasi! (j)PCI5

145

5.0

Jawaban terverifikasi