Rafa R

21 Agustus 2023 06:28

Iklan

Iklan

Rafa R

21 Agustus 2023 06:28

Pertanyaan

Contoh virus yang memiliki tipe materi genetik seperti Tobacco Mosaic Virus adalah... a. picornavirus b. bakteriofage M13 c. herpesvirus d. parvovirus e. baculovirus

Contoh virus yang memiliki tipe materi genetik seperti Tobacco Mosaic Virus adalah...

a. picornavirus
b. bakteriofage M13
c. herpesvirus
d. parvovirus
e. baculovirus


12

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

21 Agustus 2023 08:59

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah a. Picornavirus. Pembahasan: Virus dikelompokkan menjadi dua berdasarkan jenis materi genetiknya. Pertama adalah virus DNA, yaitu virus yang memiliki materi genetik berupa rantai DNA tunggal. Contoh virus DNA adalah parvovirus, herpesvirus, bakteriofag M13, dan baculovirus. Kedua adalah virus RNA, yaitu virus yang memiliki materi genetik berupa rantai RNA tunggal. Contoh virus RNA adalah TMV, reovirus, picornavirus, dan virus hepatitis D. Jadi, contoh virus yang memiliki tipe materi genetik seperti Tobacco Mosaic Virus adalah Picornavirus.


Iklan

Iklan

Miftah B

Community

21 Agustus 2023 10:39

Jawaban terverifikasi

Halo sobat ๐Ÿ‘‹ Jawaban: Opsi yang tepat adalah A. picornavirus. Penjelasan: Tobacco Mosaic Virus (TMV) adalah contoh virus yang memiliki tipe materi genetik seperti picornavirus. Picornavirus adalah keluarga virus yang memiliki genom RNA tunggal positif. Mereka termasuk dalam kelompok virus RNA yang paling kecil dan paling sederhana. TMV adalah virus yang menyerang tanaman tembakau dan beberapa tanaman lainnya. Virus ini memiliki genom RNA tunggal yang membawa informasi genetik untuk mereplikasi dirinya sendiri di dalam sel tanaman yang terinfeksi. TMV memiliki struktur yang unik, dengan partikel virus berbentuk batang yang terdiri dari protein dan RNA.


Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 07:38

Jawabannya adalah e. baculovirus. Baculovirus adalah kelompok virus yang memiliki tipe materi genetik yang mirip dengan Tobacco Mosaic Virus (TMV). Baculovirus memiliki genom RNA ganda yang terbungkus dalam kapsid protein. Mereka umumnya menginfeksi serangga, terutama ngengat dan kupu-kupu, dan digunakan dalam penelitian dan aplikasi bioteknologi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

191

5.0

Jawaban terverifikasi