Almira A

23 April 2024 14:23

Iklan

Iklan

Almira A

23 April 2024 14:23

Pertanyaan

contoh pengaruh isolasi geografi terhadap keberagaman budaya


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

24 April 2024 07:48

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Suku Himba di Namibia:</strong></p><ul><li>Suku Himba tinggal di daerah terpencil di Namibia dan mengembangkan tradisi pakaian dan perhiasan yang unik.</li><li>Mereka memanfaatkan bahan alam seperti tanah liat merah untuk cat tubuh mereka, menciptakan identitas budaya yang khas<sup>2</sup>.</li></ul><p><strong>2. Suku Sherpa di Nepal:</strong></p><ul><li>Suku Sherpa tinggal di wilayah pegunungan Himalaya yang terisolasi.</li><li>Kondisi geografis yang sulit dijangkau oleh teknologi modern mempengaruhi cara hidup, kepercayaan, dan tradisi mereka<sup>2</sup>.</li></ul><p><strong>3. Indonesia sebagai Negara Kepulauan:</strong></p><ul><li>Indonesia memiliki banyak pulau yang dipisahkan oleh laut dan selat.</li><li>Laut menjadi isolasi alamiah di antara kelompok-kelompok masyarakat di berbagai pulau.</li><li>Kesulitan dalam perpindahan antar pulau karena keterbatasan teknologi mengakibatkan masyarakat Indonesia mengembangkan kebudayaan mereka masing-masing berdasarkan kondisi lingkungan tempat mereka menetap<sup>1</sup>.</li></ul>

1. Suku Himba di Namibia:

  • Suku Himba tinggal di daerah terpencil di Namibia dan mengembangkan tradisi pakaian dan perhiasan yang unik.
  • Mereka memanfaatkan bahan alam seperti tanah liat merah untuk cat tubuh mereka, menciptakan identitas budaya yang khas2.

2. Suku Sherpa di Nepal:

  • Suku Sherpa tinggal di wilayah pegunungan Himalaya yang terisolasi.
  • Kondisi geografis yang sulit dijangkau oleh teknologi modern mempengaruhi cara hidup, kepercayaan, dan tradisi mereka2.

3. Indonesia sebagai Negara Kepulauan:

  • Indonesia memiliki banyak pulau yang dipisahkan oleh laut dan selat.
  • Laut menjadi isolasi alamiah di antara kelompok-kelompok masyarakat di berbagai pulau.
  • Kesulitan dalam perpindahan antar pulau karena keterbatasan teknologi mengakibatkan masyarakat Indonesia mengembangkan kebudayaan mereka masing-masing berdasarkan kondisi lingkungan tempat mereka menetap1.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 April 2024 12:52

Jawaban terverifikasi

<p>Contoh pengaruh isolasi geografi terhadap keberagaman budaya dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti:</p><p><strong>Kepulauan Indonesia</strong>: Isolasi geografi antar-pulau di Indonesia telah menyebabkan perkembangan beragam budaya dan bahasa di setiap pulau. Misalnya, budaya Bali yang khas, budaya Jawa yang berbeda dengan Sumatera, dan banyak lagi.</p><p><strong>Pegunungan Himalaya</strong>: Wilayah pegunungan Himalaya telah menjadi penghalang alami yang memisahkan dan mempengaruhi perkembangan budaya di wilayah Asia Selatan dan Asia Tengah. Ini menciptakan perbedaan dalam bahasa, agama, dan tradisi budaya antara Nepal, Bhutan, Tibet, dan negara-negara lain di sekitarnya.</p><p><strong>Pulau Jepang</strong>: Jepang, terletak di kepulauan yang terisolasi, memiliki keberagaman budaya yang kaya di setiap wilayahnya. Perbedaan dalam tradisi, dialek, dan kepercayaan dapat ditemukan di antara pulau-pulau dan wilayah-wilayah Jepang.</p><p><strong>Amazon Rainforest</strong>: Isolasi geografi di hutan hujan Amazon telah menciptakan keragaman budaya suku-suku pribumi yang tinggal di wilayah tersebut. Setiap suku memiliki bahasa, tradisi, dan kepercayaan yang unik.</p>

Contoh pengaruh isolasi geografi terhadap keberagaman budaya dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti:

Kepulauan Indonesia: Isolasi geografi antar-pulau di Indonesia telah menyebabkan perkembangan beragam budaya dan bahasa di setiap pulau. Misalnya, budaya Bali yang khas, budaya Jawa yang berbeda dengan Sumatera, dan banyak lagi.

Pegunungan Himalaya: Wilayah pegunungan Himalaya telah menjadi penghalang alami yang memisahkan dan mempengaruhi perkembangan budaya di wilayah Asia Selatan dan Asia Tengah. Ini menciptakan perbedaan dalam bahasa, agama, dan tradisi budaya antara Nepal, Bhutan, Tibet, dan negara-negara lain di sekitarnya.

Pulau Jepang: Jepang, terletak di kepulauan yang terisolasi, memiliki keberagaman budaya yang kaya di setiap wilayahnya. Perbedaan dalam tradisi, dialek, dan kepercayaan dapat ditemukan di antara pulau-pulau dan wilayah-wilayah Jepang.

Amazon Rainforest: Isolasi geografi di hutan hujan Amazon telah menciptakan keragaman budaya suku-suku pribumi yang tinggal di wilayah tersebut. Setiap suku memiliki bahasa, tradisi, dan kepercayaan yang unik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Hai semua ,mohon tolong dijawab segera ya Pertanyaan: Sebutkan pekerjaan masyarakat di pesisir utara pulau Jawa

2

5.0

Jawaban terverifikasi