Dienul Q

28 Juni 2021 13:42

Iklan

Iklan

Dienul Q

28 Juni 2021 13:42

Pertanyaan

contoh konflik sistematis dan nonsistematis berserta penyebabnya


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Khabib

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

03 Januari 2022 06:22

Jawaban terverifikasi

Hallo kak Dienul, kakak bantu jawab ya ! Jawabannya adalah : 1. Konflik sistematis terjadi karena adanya perencanaan yang disusun sebelumnya. Misalnya seperti pertikaian antarpartai politik, atau antarkelompok organisasi kemasyarakatan (ormas). 2. Konflik nonsistematis dapat terjadi karena tanpa adanya perencanaan dan keinginan menang yang kuat. Misalnya seperti perkelahian antarkelompok pelajar yang tiba-tiba saja terjadi, hanya karena kasus senggolan motor di jalan. Yuk, simak pembahasan berikut ! Konflik sosial adalah suatu proses sosial antara dua individu atau kelompok, yang berusaha untuk menyingkirkan pihak lain, dengan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Berdasarkan pengendaliannya, konflik sosial terdapat konflik sistematis dan konflik non sistematis. Konflik sistematis terjadi karena ada perencanaan yang disusun sebelumnya. Tidak hanya supaya tujuannya tercapai, tetapi juga dengan strategi tertentu supaya salah satu pihak pemenang dapat menguasai pihak lain. Contoh konflik sistematis ini bisa terlihat pada pertikaian antarpartai politik, atau antarkelompok organisasi kemasyarakatan (ormas). Sementara konflik nonsistematis dapat terjadi walaupun tanpa perencanaan dan keinginan menang yang kuat. Pihak yang terlibat konflik tidak menganalisis bagaimana konflik bisa dikendalikan atau memperoleh hasil yang memuaskan. Contoh konflik nonsistematis adalah perkelahian antarkelompok pelajar yang tiba-tiba saja terjadi, hanya karena kasus senggolan motor di jalan. Terima kasih sduah bertanya dan gunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Shinta S

01 Juli 2021 10:55

Konflik sistematis: Penjajahan suatu negara Penyebab: Sebelum konflik ini terjadi, sudah direncanakan, memiliki tujuan yang terarah dan dikomando, cermat dan sistematis sesuai dengan namanya. Konflik nonsistematis: Bentrok antarwarga di jalan karena terjadi tabrakan motor Penyebab: Konflik terjadi secara spontan dan tidak direncanakan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

salah satu metode analisis konflik adalah segitiga SPS. jelaskan mengenai metode analisis konflik segitiga SPS menurut anda!

8

0.0

Lihat jawaban (1)